Skip to content

IO & SLO

Perizinan Bidang Ketenagalistrikan

Listrik adalah sumber energi masa depan yang sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan. Karena itu, penting untuk menyediakan sumber energi tersebut pada setiap lokasi bisnis dan juga mengatur semua instalasinya, perlengkapan dan bahkan skema energi listrik cadangan (genset) jika sewaktu-waktu terjadi masalah.

Lalu, apakah hal tersebut sudah Anda siapkan dengan matang dan berjalan dengan baik? Jika sudah berjalan, apakah bisa dipastikan aman? Perlu diketahui, selain bermanfaat, keberadaan listrik juga bisa menimbulkan bencana jika instalasinya dilakukan oleh yang bukan profesional. Apalagi jika instalasinya tidak dicek tenaga ahli. Sangat berbahaya!

Penting untuk memastikan kelistrikan pada bangunan bisnis Anda berjalan baik, aman dan tentunya berizin. 

Butuh Konsultan Izin Operasional Pembangkit Listrik? Disini Tempatnya!

IO atau Izin Operasional merupakan suatu perizinan yang dikeluarkan oleh Pemerintah sebagai dasar bagi kegiatan usaha untuk melakukan kegiatan usaha di bidang ketenaga listrikan. IO diberikan terhadap objek pembangkitan tenaga listrik. SLO adalah Sertifikat Laik Operasi yang diterbitkan oleh Lembaga Inspeksi Teknik yang ditunjuk Pemerintah untuk melakukan inspeksi kelaikan operasi atas instalasi listrik yang dipasang di bangunan pemohon listrik. SLO menjadi bukti bahwa suatu instalasi listrik sudah laik operasi, atau sudah laik diberi tegangan listrik. Landasan hukum mengenai Perizinan Bidang Ketenagalistrikan meliputi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan, Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2012 Tentang Kegiatan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik, Peraturan Pemerintah Nomor 62 Tahun 2012 tentang Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik Sesuai dengan Klasifikasi, Kualifikasi dan Kemampuan Perusahaan, Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2021 Penyelenggaraan Bidang Energi dan Sumber Daya Mineral.

Segera lakukan pengurusan izin ketenagalistrikan untuk mendapatkan sertifikat laik operasi. Hubungi Konsultan Izin Operasional Pembangkit Listrik dari Eticon!

Tentang Perizinan IO dan SLO

Ketika perusahaan Anda menggunakan tenaga listrik skala besar dan membangun sistem pembangkit cadangan (genset), tentu Anda perlu memastikan sistem dan fasilitas penunjangnya berjalan baik. Hal ini dibuktikan dengan keberadaan IO dan SLO sebagai bentuk legalitas operasional ketenagalistrikan pada bisnis Anda yang telah melalui proses inspeksi.

IO atau Izin Operasional merupakan suatu perizinan yang dikeluarkan oleh Pemerintah sebagai dasar bagi kegiatan usaha untuk melakukan kegiatan usaha di bidang ketenagalistrikan. IO diberikan terhadap objek pembangkitan tenaga listrik.

SLO atau Sertifikat Laik Operasi adalah sertifikat yang diterbitkan oleh Lembaga Inspeksi Teknik yang ditunjuk Pemerintah untuk melakukan inspeksi kelaikan operasi atas instalasi listrik yang dipasang di bangunan pemohon listrik, dalam hal ini adalah perusahaan Anda.

SLO dan IO menjadi bukti bahwa suatu instalasi listrik sudah laik operasi, atau sudah layak ketika diberi tegangan listrik. Karena itulah IO dan SLO sangat penting dimiliki oleh Anda!

Mengapa Pengurusan Izin Operasional Pembangkit Listrik IO dan SLO Penting?

Penggunaan syarat legalitas dalam penunjang bisnis, seperti penggunaan IO dan SLO sangat penting. Inilah alasannya!

Bukti Kelayakan

Jika perusahaan Anda telah mengantongi IO dan SLO, maka bisa dikatakan sistem kelistrikan sebagai penunjang bisnis pada perusahaan Anda telah layak dioperasikan. Dengan demikian dari sisi keamanan dan kesesuaian penggunaan sudah tidak diragukan lagi. Segala perangkat dan instalasinya tentu sudah melewati inspeksi oleh para ahli.

Tertib Administrasi

Dalam menggunakan energi listrik, terutama skala besar pada perusahaan, tentunya membutuhkan syarat legalitas. Dengan mengurus IO dan SLO, maka usaha Anda dalam penyediaan energi listrik pada perusahaan sudah legal dan mendapatkan jaminan kepastian hukum. Maka kedepannya Anda akan lebih tenang.

Profesionalisme

Perusahaan yang memiliki badan hukum sebaiknya memang menggunakan legalitas dalam segala hal. Termasuk dalam hal ini adalah dalam penggunaan ketenagalistrikan. Hal ini terkait dengan tuntutan profesionalisme perusahaan, sehingga Anda dan perusahaan Anda akan dipandang sebagai perusahaan yang terpercaya.

Bagaimana Proses Mendapatkan IO dan SLO?

Untuk mendapatkan IO dan SLO cukup mudah. Inilah proses yang harus Anda lalui ketika mengurus IO dan SLO.

Pengumpulan dokumen kelengkapan. Jika melakukan uji baru, maka melengkapi data teknis Instalasi Listrik / Pembangkit Listrik (Genset). Jika perpanjangan, maka melengkapi IO / SLO sebelumnya.

Inspeksi. Proses pemeriksaan dan pengujian instalasi listrik / pembangkit listrik (genset) oleh tenaga ahli yang tersertifikasi dari Eticon.

Laporan. Proses pengumpulan laporan pemeriksaan dan pengujian instalasi listrik / pembangkit listrik (genset) untuk selanjutnya diajukan ke pihak terkait.

Penerbitan IO / SLO Instalasi Listrik / Pembangkit Listrik (Genset). Sertifikat bisa digunakan untuk sebagaimana mestinya.

Portofolio

Persyaratan Pekerjaan

A. Persyaratan Umum

  • Akta Perusahaan
  • SK Akta Perusahaan
  • NPWP Perusahaan
  • KTP Penanggung Jawab
  • NPWP Penanggung Jawab
  • Nomor Induk Berusaha (NIB) Perusahaan
  • Izin Lingkungan / Rekomendasi UKL UPL atau AMDAL

B. Persyaratan Teknis

  • Layout Instalasi Listrik / Pembangkit Listrik (Genset)
  • Single Line Diagram Instalasi Listrik / Pembangkit Listrik (Genset)
  • Nomor Identitas Instalasi Tenaga Listrik (NIDI)
  • Sertifikasi Kompetensi Tenaga Teknik Ketenagalistrikan (SKTTK / Serkom)

Mengapa Menggunakan Jasa Konsultan
Izin Operasional Pembangkit Listrik dari Eticon?

Pemeriksaan dan Pengujian Instalasi Listrik / Pembangkit Listrik (Genset) dilakukan oleh tenaga ahli yang tersertifikasi serta telah berpengalaman dalam memeriksa lebih dari 100 Instalasi Listrik / Pembangkit Listrik (Genset) di berbagai lokasi.

Pemeriksaan dan Pengujian Instalasi Listrik / Pembangkit Listrik (Genset) dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga standar operasi dalam pekerjaannya sudah jelas dan tepat.

IO / SLO Instalasi Listrik / Pembangkit Listrik (Genset) terbit tepat waktu. Dengan demikian Anda tidak menunggu lama, dan ini sangat membantu Anda jika ingin segera menggunakan izin IO / SLO tersebut untuk berbagai keperluan.

Eticon logo

Kami hadir untuk memberikan solusi serta kemudahan dalam pengurusan IO, SLO dan perizinan lainnya yang dibutuhkan pada bisnis Anda. Kontak kami segera dengan klik tombol di bawah ini