Manfaat Ventilasi Udara, Penting atau Tidak?

Manfaat ventilasi udara, Sumber: casaindonesia.com

Penggunaan ventilasi udara di dalam rumah dapat memberikan manfaat yang penting atau tidak? Dari segi kesehatan, penggunaan ventilasi ini ternyata memberikan manfaat yang baik bagi penghuni rumah. Komponen yang tidak boleh ketinggalan saat membangun sebuah rumah adalah perencanaan mengenai ventilasi udara ini. Tujuannya agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar.

Mengenai penggunaan ventilasi udara di rumah ini juga telah diatur oleh kemenkes sebagai kriteria rumah sehat. Aturan ini didasarkan pada Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: 829/Menkes/SK/VII/1999. Poin yang mengetaur ventilasi tersebut dijelaskan bahwa, untuk luas penghawaan atau ventilasi alamiah yang permanen minimal 10% dari luas lantai.

Sehingga sudah jelas bahwa ventilasi udara memberikan manfaat yang penting untuk kesehatan penghuni rumah, bahkan masuk dalam kriteria rumah sehat menurut Kementrian Kesehatan. Pergantian udara yang baik di dalam rumah dapat meminimalisir penyebaran penyakit pada penghuni rumah. Ada 2 jenis ventilasi udara yang bisa Anda gunakan, yakni ventilasi udara alami dan ventilasi udara mekanik.

Manfaat ventilasi udara, Sumber: casaindonesia.com
Manfaat ventilasi udara, Sumber: casaindonesia.com

Ventilasi udara alami, biasanya memanfaatkan angin yang keluar masuk melalui celah-celah jendela maupun pintu. Berikut beberapa contoh dari ventilasi alami:

  • Ventilasi Naco
  • Ventilasi Jendela
  • Loster
  • Boven
  • Jalusi

Sedangkan ventilasi udara buatan (mekanik) akan menggunakan alat seperti kipas angin yang membantu untuk pertukaran udara di dalam ruangan. Contoh dari ventilasi buatan ini ialah sebagai berikut:

  • Ventilasi Dinding
  • Ventilasi Industri
  • Ventilasi Pembuangan

Untuk Anda yang berencana membuat rumah, maka bisa mendiskusikan langsung mengenai ventilasi udara serta orientasi bangunan dengan jasa desain rumah profesional yang Anda pilih. Sehingga ke depannya setelah rumah Anda selesai dibangun dapat sesuai dengan kriteria rumah sehat dan membawa manfaat baik bagi kesehatan Anda serta keluarga.

Manfaat Penggunaan Ventilasi Udara

Supaya rumah dapat memberikan udara segar setiap harinya, maka diperlukan pertukaran udara di dalam ruangan dengan di luar ruangan. Maka dari itu penggunaan ventilasi udara dapat membantu sirkulasi udara terjadi dengan baik. Berikut beberapa manfaat dari ventilasi udara yang perlu Anda ketahui.

1. Tempat Keluarnya Polusi di Rumah

Apa manfaat ventilasi rumah bagi kesehatan organ pernapasan penghuni rumah? Salah satunya adalah untuk mengeluarkan polusi yang ada di dala m rumah. Jangan salah, polusi juga dapat terjadi di dalam rumah. Untuk menjaga organ pernapasan supaya tidak menghirup polusi udara kotor tersebut, diperlukan ventilasi udara sehingga udara kotor dapat berganti dengan udara bersih.

Baca juga: Rumah di Tepi Pantai? Berikut Tips Membangunnya!

Layaknya berolahraga dengan teratur bisa menjaga organ pernapasan kita menjadi baik. Adanya ventilasi udara yang cukup juga dapat membantu menjaga organ pernapasan menjadi baik. Polusi udara yang terjadi di dalam rumah bisa disebabkan dari asap rokok hingga gas nitrogen dioksida yang dikeluarkan oleh kompor. Jika Anda menghirup udara kotor tersebut setiap hari, maka bisa menyebabkan masalah pernapasan yang serius.

Ilustrasi polutan dalam rumah, Sumber: pikiran-rakyat.com
Ilustrasi polutan dalam rumah, Sumber: pikiran-rakyat.com

2. Menekan Penyebaran Penyakit

Fungsi ventilasi rumah yang paling utama adalah untuk mengganti udara kotor yang ada di dalam ruangan dengan udara bersih dari luar ruangan. Seperti yang dilansir dari Alodokter, bahwa WHO menyatakan kualitas udara di dalam rumah yang buruk diduga menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan meningkatnya penyebaran penyakit menular. Selain itu juga menjadi penyebab kematian pada negara-negara berkembang.

Kita ambil contoh jika salah satu anggota keluarga mengalami flu, maka cepat atau lambat ada anggota lainnya yang tertular. Kondisi tersebut dapat disebabkan oleh kualitas udara yang berada di dalam yang telah tercampur oleh virus dan bakteri tidak dapat keluar. Sehingga dapat dengan mudah terhirup oleh anggota keluarga yang lainnya dan meningkatkan risiko tertularnya flu.

Namun dengan adanya ventilais udara yang baik, maka bisa diantisipasi. Udara yang sudah tercampur virus dan bakteri tersebut dapat diganti dengan udara yang segar. Jadi akan meminimalisir penghuni rumah lainnya tertular penyakit akibat menghirup udara yang kotor.

Meminimalisir tertularnya penyakit, Sumber: suara.com
Meminimalisir tertularnya penyakit, Sumber: suara.com

3. Menjaga Kelembaban Rumah

Perlu Anda ketahui bahwa ruangan yang lembab dapat memudahkan perkembangan jamur dan bekteri yang berbahaya. Kegunaan ventilasi rumah ialah untuk menjaga kelembaban rumah agar tidak menjadi sarang jamur. Rumah yang lembab selain berdampak pada kesehatan penghuninya, juga dapat berdampak pada rumah Anda.

Berbagai furniture di dalam rumah akan cepat lapuk jika kondisi rumah lembab. Selain itu juga dapat mengundang serangga-serangga untuk datang ke dalam rumah, misalnya saja rayap. Rayap suka dengan kondisi rumah yang lembab. Ventilasi rumah yang baik juga akan menghilangkan bau pengap yang timbul akibat rumah terlalu lembab.

Menjaga kelembaban rumah, Sumber: jawaracorpo.com
Menjaga kelembaban rumah, Sumber: jawaracorpo.com

4. Cahaya Matahari dapat Masuk ke Rumah

Manfaat ventilasi udara berikutnya ialah membantu masuknya cahaya matahari ke dalam rumah. Selain baik untuk kesehatan tubuh, cahaya matahari juga baik untuk mengontrol suhu di dalam udara agar tidak dingin karena lembab. Anda bisa membuka jendela-jendela dan pintu mulai dari pagi hingga sore, supaya cahaya dapat masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Mengenal Konsep Rumah Gaya Arsitektur Tropis

Adanya cahaya matahari ini juga dapat membantu menghemat energi. Anda bisa mematikan lampu pada siang hari, karena sudah terbantu oleh penerangan yang alami.

Cahaya matahari masuk ke rumah, Sumber: womantalk.com
Cahaya matahari masuk ke rumah, Sumber: womantalk.com

5. Meminimalisir Dampak Negatif VOC

Ventilasi udara juga memberikan manfaat untuk meminimalisir dampak negatif dari VOC. VOC (Volatile Organic Compound) bisa dijumpai pada berbagai peralatan rumah tangga. Konsetrasi tinggi yang ada di dalam VOC dapat berbahaya bagi kesehatan, apabila terhirup terus-menerus. Oleh karena itu dengan adanya ventilasi udara dapat membantu mengganti udara yang penuh dengan VOC ini menjadi udara yang lebih bersih.

Mengurangi dampak negatif VOC, Sumber: cnnindonesia.com
Mengurangi dampak negatif VOC, Sumber: cnnindonesia.com

Dari beberapa manfaat di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan ventilasi udara yang cukup dapat memberikan manfaat yang penting bagi kesehatan penghuni rumah. Maka pastikan rumah Anda memiliki asupan ventilasi yang cukup, baik itu menggunakan ventilasi alami maupun ventilasi buatan (mekanik).

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *