Cara Nabung Bikin Rumah, Pasti Bisa!

Cara nabung untuk bikin rumah impian, Sumber: popbela.com

Untuk membangun rumah ditanah yang Anda miliki bukanlah hal yang tidak mungkin. Anda juga memerlukan cara nabung yang tepat untuk bikin rumah agar dapat merealisasikan desain rumah yang Anda impikan. Mendirikan sebuah rumah memang tidak murah, namun Anda bisa mewujudkannya apabila Anda memiliki tekad yang kuat. Terlebih Anda sudah memiliki tanah yang siap dibangun sebuah rumah.

Sebelum membangun sebuah rumah, pastikan bahwa Anda telah mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Sehingga ke depannya tidak akan terjadi berbagai masalah setelah proses pembangunan selesai. Apabila Anda ingin membangun rumah namun belum memiliki Izin Mendirikan Bangunan, maka segeralah mengurusnya agar proses pembangunan segera terealisasikan.

Untuk bikin rumah diperlukan niat dan tekad yang bulat, supaya cara nabung Anda tepat. Seberapapun penghasilan yang Anda miliki, jika Anda niat menabung untuk membangun rumah maka cepat atau lambat Anda pasti bisa mewujudkannya. Anda juga bisa mulai memikirkan desain rumah seperti apa yang Anda inginkan, misalnya rumah dengan gaya arsitektur tropis atau yang lainnya.

Cara nabung untuk bikin rumah impian, Sumber: popbela.com
Cara nabung untuk bikin rumah impian, Sumber: popbela.com

Rumah yang dibangun tidak perlu luas dan mewah, yang terpenting rumah tersebut dapat memberikan keamanan dan kenyaman bagi seluruh penghuninya. Percuma saja jika rumah yang dibangun sedemikian rupa hingga menghabiskan biaya yang mahal namun tidak memberikan rasa nyaman. Struktur bangunan yang kokoh juga diperlukan untuk mendirikan sebuah rumah, agar tahan terhadap segala kondisi.

Anda bisa menggunakan jasa desain rumah yang sudah ahli dan profesional untuk mewujudkan rumah yang Anda inginkan. Sehingga keamanan dan kenyamanan Anda beserta penghuni rumah yang lain tetap terjaga. Selain itu desain yang Anda impikan juga dapat terealisasikan jika ditangani oleh orang yang tepat dan berpengalaman.

Cara Nabung Buat Bikin Rumah

Nabung buat bikin rumah memang bukanlah hal yang mudah, namun jika Anda benar-benar memiliki niat dan tekad yang kuat maka hal tersebut menjadi mudah. Rumah merupakan tempat tinggal yang akan Anda gunakan untuk jangka waktu yang panjang, terlebih rumah juga dapat dijadikan aset yang bernilai. Untuk itu membangun sebuah rumah bukanlah suatu hal yang sia-sia, berikut cara nabung yang tepat untuk bikin rumah.

Buatlah Anggaran Bulanan

Mengklasifikasikan anggaran bulanan sangatlah penting sebelum Anda menabung untuk membangun rumah. Pisah-pisahkanlah pendapatan Anda dengan berbagai kebutuhan Anda dan keluarga. Misalnya saja untuk kebutuhan anak, kebutuhan sehari-hari, dana tidak terduga, dana kesehatan, dan yang lainnya. Ketika Anda telah memisahkan pendapatan Anda untuk berbagai kebutuhan, maka bisa lebih memudahkan Anda untuk menyisihkan uang.

Sisa uang yang ada bisa Anda tabung untuk membangun rumah. Sekecil apapun sisa uang yang ada, tetap bisa Anda tabung. Pada saat menabung ini, Anda haruslah konsisten agar uang cepat terkumpul dan bisa segera merealisasikan pembangunan rumah.

Anggaran bulanan, Sumber: harmony.co.id
Anggaran bulanan, Sumber: harmony.co.id

Memasang Target Biaya

Anda bisa mulai memasang target biaya yang akan Anda butuhkan untuk membangun rumah. Jika memiliki target, Anda akan lebih termotivasi dan semangat untuk segera mencapai target tersebut. Namun perhatikan kondisi perekonomian juga ya, karena bisa jadi ketika uang sudah terkumpul sesuai target biaya yang harus Anda keluarkan melebihinya.

Setiap tahunnya ada kemungkinan harga bahan bangunan mengalami kenaikan, sehingga biaya membangun rumah menjadi lebih mahal. Oleh sebab itu perlu untuk Anda memasang target biaya di atas anggaran yang telah Anda perhitungkan. Hal tersebut berguna untuk mengatasi risiko kenaikan biaya pembangunan rumah.

Ilustrasi memasang target biaya, Sumber: accurate.id
Ilustrasi memasang target biaya, Sumber: accurate.id

Menyisihkan Bonus

Untuk Anda yang bekerja sebagai karyawan, tentu saja akan familiar dengan uang THR (Tunjangan Hari Raya) ataupun bonus tahunan bukan? Nah ketika Anda mendapatkan bonus tersebut, sebaiknya disisihkan untuk masuk ke tabungan pembangunan maupun renovasi rumah. Bonus-bonus tersebut dapat membantu mempercepat uang tabungan Anda terkumpul.

Baca juga: Rumah di Tepi Pantai? Berikut Tips Membangunnya!

Anda bisa menunda dulu berbelanja barang-barang yang kurang bermanfaat. Sehingga uang bonus dapat disimpan dan digabungkan dengan uang tabungan bulanan Anda. Demi memiliki rumah impian, Anda harus bisa bersabar untuk tidak shopping dulu ya.

Memanfaatkan bonus tahunan, Sumber: mitradeblog.com
Memanfaatkan bonus tahunan, Sumber: mitradeblog.com

Memanfaatkan Uang Receh

Jangan anggap remeh uang recehan ya, karena recehan ini jika dikumpulkan bisa membantu Anda untuk segera membangun rumah. Kumpulkanlah recehan yang biasanya Anda dapatkan dari uang kembalian. Anda bisa menyimpan uang recehan ini pada wadah atau toples yang sudah jarang Anda gunakan. Recehan yang Anda kumpulkan selama berbulan-bulan bahkan tahunan ini dapat bermanfaat.

Banyak masyarakat yang telah membuktikan bahwa recehan ini memiliki nilai yang berharga setelah berbulan-bulan dikumpulkan. Bahkan ada seseorang yang berhasil membeli mobil dengan uang recehan yang ia kumpulkan selama 3 tahun. Jadi uang receh ini juga memiliki kemungkinan yang sama untuk membantu Anda membangun sebuah rumah.

Menyisihkan uang recehan, Sumber: finoo.id
Menyisihkan uang recehan, Sumber: finoo.id

Siapkan Dana Cadangan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa tiap tahun harga bahan bangunan mengalami kenaikan. Sehingga besar kemungkinan, nantinya biaya yang Anda butuhkan untuk membangun rumah juga semakin meningkat. Untuk menghindari Anda berhutang karena tidak sesuai dengan target yang Anda pasang, maka Anda perlu menyiapkan dana cadangan.

Dana cadangan ini nanti bisa Anda gunakan jika target biaya yang Anda pasang untuk membangun rumah tidak sesuai. Selain itu dana cadangan ini juga bisa digunakan untuk keperluan lain jika ada hal darurat yang membutuhkan uang. Sehingga Anda tidak perlu menyentuh uang tabungan untuk biaya pembangunan rumah, karena telah ada dana cadangan yang Anda persiapkan.

Dana cadangan, Sumber: economy.okezone.com
Dana cadangan, Sumber: economy.okezone.com

Itulah tadi cara nabung yang tepat untuk bikin rumah. Ciptakan suasana rumah yang mementingkan keamanan dan kenyaman dimanapun itu. Percayakanlah kepada jasa desain rumah profesional untuk mewujudkan bangunan impian Anda. PT Eticon Rekayasa Teknik dengan senang hati membantu mewujudkan rumah impian Anda.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *