Peraturan di Tempat Wisata (Wajib Dipatuhi Wisatawan)

Salah satu peraturan di tempat wisata, Sumber: dlhk.jogjaprov.go.id

Aturan di tempat wisata dibuat untuk dipatuhi, bukannya dilanggar. Adanya peraturan di tempat wisata tersebut untuk menjaga keamanan dan kenyamanan wisatawan saat menikmati liburan di destinasi wisata tersebut. Namun terkadang masih banyak beberapa oknum yang melanggar aturan tersebut. Alhasil banyak wisatawan yang tidak nyaman dan aman berada di lingkungan tersebut.

Secara tidak langsung, hal tersebut dapat merugikan pihak pengelola wisata ataupun warga sekitar. Di semua tempat wisata terdapat berbagai peraturan yang perlu ditaati oleh wisatawan yang datang berkunjung. Peraturan tersebut bisa berbeda-beda dengan yang lainnya, namun secara garis besar terdapat poin yang sama yakni menyangkut kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Meskipun ada aturan yang terlihat sepele jika tidak ditaati akan menimbulkan masalah, misalnya saja ada larangan membuang sampah sembarangan. Jika wisatawan tidak mengikuti aturan tersebut dan memilih melanggarnya, maka lama-kelamaan tempat wisata tersebut akan banyak tumpukan sampah. Alhasil tempat wisata menjadi kumuh dan tampilannya tidak cantik lagi, sehingga wisatawan tidak mau berkunjung.

Menaati aturan di tempat wisata dengan baik, Sumber: javatravel.net
Menaati aturan di tempat wisata dengan baik, Sumber: javatravel.net

Peraturan yang Biasa Ada di Tempat Wisata

Salah satu akibat tidak mematuhi aturan yang ada di tempat wisata ialah Anda bisa mendapatkan hukuman sesuai dengan yang telah diatur. Dengan mematuhi aturan saat di tempat wisata juga nantinya akan berdampak baik bagi Anda. Jadi jangan hanya karena orang lain banyak yang melanggar, lantas Anda juga ikut melanggar. Berikut aturan-aturan yang biasa terdapat di tempat wisata.

1. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Dimanapun tempat wisata itu berada, pihak pengelola telah menyiapkan tempat khusus untuk membuang sampah. Namun kenyataannya masih ada banyak orang yang membuang sampah sembarangan. Dampaknya tempat wisata tersebut menjadi kotor dan membuat tidak nyaman untuk di datang. Sebenarnya permasalahan sampah di tempat wisata ini dari dulu hingga sekarang masih menjadi pembahasan hangat di dunia pariwisata.

Selain kesadaran dari wisatawan, pihak pengelolapun juga berperan penting untuk menegakkan aturan ini. Pihak pengelola wajib memastikan bahwa di setiap sudut tempat wisata yang dikelola sudah diberikan tempat khusus untuk membuang kemasan makanan atau minuman. Hal ini untuk memudahkan wisatawan yang datang berkunjung, selain itu juga untuk meminimalisir wisatawan membuangnya sembarangan.

2. Tidak Melakukan Tindakan Asusila

Peraturan di tempat wisata selanjutnya ialah tidak melakukan tindakan asusila. Terkadang masih banyak oknum yang melakukan tindakan asusila di tempat wisata. Alhasil banyak wisatawan lain yang terganggu dengan tindakan tersebut dan merasa tidak nyaman. Bahkan tindakan tersebut bisa dilakukan saat siang hari yang masih banyak wisatawan.

Tentu saja hal ini sangat merugikan berbagai pihak, tidak terkecuali pihak pengelola. Oleh karena itu, pihak pengelola perlu memperketat lagi masalah aturan tersebut. Supaya kejadian ini tidak terjadi pada tempat wisata yang dikelolanya. Tujuan berwisata itu untuk melepaskan penat dengan menikmati keindahan di sekitar tempat wisata, namun bukan dengan tindakan yang tidak beradab tersebut.

3. Tidak Merusak Fasilitas yang Ada

Adanya fasilitas di tempat wisata ini untuk membantu terciptanya kenyamanan serta keamanan di tempat wisata. Jadi sudah jelas tidak diperkenankan bagi pengunjung untuk merusak fasilitas tersebut. Termasuk fasilitas-fasilitas yang disiapkan khusus untuk pengunjung yang difabel. Adanya fasilitas ramah difabel termasuk sangat membantu teman-teman penyandang kebutuhan khusus semakin nyaman berwisata.

Namun jika ada oknum yang merusak fasilitas-fasilitas tersebut tentu saja akan sangat merugikan. Baik itu untuk wisatawan yang berkunjung ataupun pihak pengelola tempat wisata. Sehingga ketika Anda berkunjung ke tempat wisata, gunakanlah fasilitas yang ada dengan sebaik mungkin.

Salah satu aturan di tempat wisata yakni tidak membuang sampah sembarangan, Sumber: kompasiana.com
Salah satu aturan di tempat wisata yakni tidak membuang sampah sembarangan, Sumber: kompasiana.com

4. Tidak Sembarangan Memotret

Peraturan di tempat wisata yang satu ini biasanya ada di tempat-tempat khusus seperti museum atau yang lainnya. Hal ini dikarenakan terdapat banyak barang-barang yang bernilai seni tinggi di museum yang memang tidak boleh ditontonkan untuk umum. Jadi memang orang-orang yang masuk ke museum sajalah yang bisa menikmati keindahan peninggalan-peninggalan tersebut.

Berwisata tanpa melakukan kegiatan fotografi memang terasa kurang dan tidak lengkap. Namun tidak semua tempat tidak diperbolehkan untuk memotret, biasanya hanya ruangan atau tempat tertentu saja. Selain itu ada juga beberapa tempat wisata yang memperkenankan memotret dengan membayar karcis terlebih dahulu. Jadi ikutilah berbagai kebijakan yang telah diterapkan oleh pihak pengelola tersebut.

5. Tidak Mencuri Barang yang Ada di Tempat Wisata

Biasanya peraturan yang satu ini ada di tempat wisata yang menyuguhkan keindahan seni dari situs purbakala misalnya saja museum, candi, hingga bangunan bersejarah lainnya. Masih banyak beberapa oknum yang sengaja mencuri barang-barang tersebut untuk kepentingannya, seperti dijual atau yang lainnya.

Karena nilai seni dan sejarah yang terdapat pada situs-situs tersebut sangat tinggi, sehingga dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk mendapatkan keuntungan yang merugikan pihak lain. Tindakan ini jelas salah dan tidak bisa ditolerir, sehingga pihak pengelola perlu mengantisipasi dengan menyediakan CCTV atau penjagaan ketat.

6. Menjaga Ketenangan dan Tidak Membuat Gaduh

Tujuan liburan dengan mengunjungi tempat wisata ialah untuk melepaskan stres dan menikmati hal-hal yang disuguhkan di tempat tersebut dengan tenang. Namun jika ada sesuatu hal yang membuat gadung tentu saja akan membuat kenyamanan di sana menurun. Bersenda gurau dengan teman atau keluarga memang sudah lazim di tempat wisata, namun jika berlebihan dapat mengganggu pengunjung lainnya.

Jadi tertawa dan bercandalah sesuai dengan batasan, supaya tidak mengganggu pengunjung yang lainnya. Saling menghormati sesama wisatawan di sana sangatlah dianjurkan, sehingga Anda ataupun wisatawan lain dapat menikmati keindahan tempat wisata bersama.

Salah satu peraturan di tempat wisata, Sumber: dlhk.jogjaprov.go.id
Salah satu peraturan di tempat wisata, Sumber: dlhk.jogjaprov.go.id

Itulah tadi beberapa peraturan yang biasa ada di tempat wisata. Mari bersama-sama saling mematuhi dan menghormati kebijakan dari tempat wisata yang telah dibuat. Ikuti berbagai artikel menarik lainnya mengenai pengembangan pariwisata di Indonesia bersama Eticon. Untuk mendapatkan informasi terkait pariwisata tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi laman website PT Eticon Rekaya Teknik.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.