Megahnya Gedung Perpustakaan UI yang Dijuluki “The Crystal Of Knowledge”

Tampilan fasad batu andesit, sumber: google.com

Gedung perpustakaan UI adalah perpustakaan pusat Universitas Indonesia yang berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektar dengan luas bangunan keseluruhan 33.000 meter persegi  yang diresmikan pada 13 Mei 2011.  Selain megah, perpustakaan ini juga dijuluki dengan the crystal of knowledge.

Perpustakaan Ui diyakini mampu menampung pengunjung hingga 10.000 orang dalam waktu bersamaan dan bisa menampung 20.000 orang per hari. Dengan daya tampung sebesar ini, sudah kebayang bukan seberapa besar dan megahnya gedung perpustakaan UI ini? Tak heran, karena pembangunannya menelan biaya sampai 175 miliar, 123 miliar berasal dari pemerintah dan sisanya berasal dari swasta.

Keunikan Gedung Perpustakaan UI

Meskipun bukan sebuah gedung termegah di dunia, namun perpustakaan ini diyakini sebagai perpustakaan termegah di Asia. Dan tahukah Anda tentang keunikan-keunikan yang dimiliki oleh perpustakaan ini? Jika belum, maka ulasan di bawah ini sangat cocok untuk mengisi waktu Anda hari ini. Yuk intip keunikan perpustakaan UI!

Salah Satu Perpustakaan Unik Dunia

Sistem pendinginan perpustakaan menggunakan water cooled chiller yang ramah lingkungan dan anti ozone. Perpustakaan pusat UI masuk ke dalam satu gedung perpustakaan unik di dunia. Arsitektur bangunan perpustakaan ini mempunyai konsep sustainable building yang ramah lingkungan. Kebutuhan energi berasal dari sumber energi terbarukan yakni energi panel solar.

Perpustakaan yang mulai dibangun pada Juni 2009 silam ini memiliki 7 lantai dan memiliki koleksi buku 3-5 juta judul buku dengan fasilitas ruang baca, 100 silent room bagi dosen dan mahasiswa, restoran, taman, bank maupun toko buku. Bangunan perpustakaan ini juga didesain bebas asap rokok, hemat listrik, air dan kertas.

Tampilan samping perpustakaan ui, sumber: google.com
Tampilan samping perpustakaan ui, sumber: google.com

Terbuka untuk Pengunjung Non UI

Untuk Anda yang kuliah di kampus namun ingin “mencicipi” isi perpustakaan ini, tentu saja Anda bisa mendapatkannya. Jika untuk mahasiswa UI bisa masuk dengan gratis hanya dengan menunjukkan kartu tanda mahasiswa sedangkan untuk pengunjung non UI bisa masuk dengan membayar 10 ribu saja.

Jam Operasional Perpustakaan UI

Untuk Anda yang belum pernah berkunjung ke perpustakaan ini tentu saja perlu mendapatkan informasi tambahan seperti jam operasional perpustakaan UI. Jika ingin berkunjung, pastikan Anda mengingat jam operasionalnya di bawah ini:

  • Senin – Jumat : pukul 08.00 – 19.00 WIB
  • Sabtu : pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Minggu, Libur Nasional, dan Cuti Bersama : Tutup

Memiliki Filosofi Crystal of Knowledge

Perpustakaan UI mempunyai filosofi kristal pengetahuan atau crystal of knowledge. Lebih dari itu, gedung perpustakaan ini dibangun dengan konsep green campus. Bentuk bangunanannya berorientasi pada pemanfaatan lahan hijau sebagai penopang kokoh di sekeliling gedung. Jadi bisa dijamin adem dan bikin nyaman.

Memiliki Tiga Menara

Desain perpustakaan UI ini terdiri dari 3 menara ditambah dengan sebuah bangunan yang berada di atas danau yang bernama ruang apung dan gedung serbaguna yang terhubung antara satu sama lain. Di depan pintu masuk Anda bisa mendapatkan ruang sosial seperti plaza. Pada area plaza ini, mahasiswa dengan bebas bisa melakukan berbagai aktivitas seperti belajar, mengadakan pertemuan, pertunjukan dan berbagai aktivitas lainnya.

Berlapiskan Batuan Andesit

Pada bagian fasad gedung perpustakaan megah ini dilapisi dengan batu alam andesit berwarna hitam yang menciptakan tampilan yang sangat kental dengan kesan alami nan natural. Bentuk gedung yang didesain miring memiliki filosofi ibaratkan pena yang digunakan untuk menuliskan karya.

Tampilan fasad batu andesit, sumber: google.com
Tampilan fasad batu andesit, sumber: google.com

Konsep Bangunan Ramah Lingkungan

Saat berkunjung ke perpustakaan satu ini, Anda akan disambut oleh hamparan bukit rumput hijau yang luas. Konsep hamparan bukit rumput ini digunakan untuk menyelimuti punggung bangunan. Dari luar ruangan akan menciptakan tampilan yang estetis dan pada bagian dalam berfungsi untuk mengurangi suhu ruangan.

Pada sela-sela bukit rumput di punggung bangunan terdapat sistem drainase berupa selokan untuk melancarkan aliran air hujan ke dalam tanah. Konsep ramah lingkungan lain yang ada pada bangunan ini adalah sistem pengolahan limbah, dimana air buangan toilet dapat digunakan untuk menyiram punggung bangunan yang telah diproses dengan teknologi  canggih sewage treatment plant.

Tempat Penyimpanan Buku yang Stabil

Ruang perpustakaan UI ini bisa menampung lebih dari enam juta koleksi buku, manuskrip langka, bahan penelitian, serta referensi buku yang disimpan dalam suhu ruangan yang stabil dan jauh dari paparan matahari langsung. Untuk mahasiswa calon doktor juga disediakan pula tempat penyewaan ruang cubicle untuk tempat belajar nyaman dan intensif.

Konsep Interior Terbuka

Rasa luas dan lega bisa didapatkan ketika memasuki gedung perpustakaan ini, karena menggunakan konsep interior dengan sistem void. Sirkulasi udara alaminya pun bisa berjalan secara lebih maksimal dan terdapat trem dan lift sebagai fasilitas yang menghubungkan antar lantai gedung.

Koleksi Buku yang Beragam

Koleksi buku pada perpustakaan ini mencapai 5 juta buku dan dengan dukungan sistem informasi yang berbasiskan teknologi tinggi yakni digital library online information system, Anda bisa secara langsung mencari dan mengunduh koleksi-koleksi yang disediakan seperti koleksi buku, majalah, non buku, artikel elektronik, buku elektronik dan berbagai karya civitas academica lainnya.

Anda pun bisa dengan mudah mendapatkan buku yang sedang dicari, karena perpustakaan sudah dilengkapi dengan sistem khusus, yakni www.lib.ui.ac.id. Anda bisa melihat ketersediaan buku pada situs tersebut secara online. Jadi, waktu dan tenaga Anda menjadi jauh lebih efektif dan efisien.

Koleksi buku terlengkap, sumber: google.com
Koleksi buku terlengkap, sumber: google.com

Memiliki Fasilitas yang Lengkap

Sejak awal dibangun, perpustakaan ini memang didesain dengan konsep multifungsi dan mampu menjawab tuntutan zaman. Oleh karenanya, ada berbagai fasilitas yang dihadirkan oleh pengurus perpustakaan seperti toko buku, coffee shop, restoran, kantor pos, bank dan lain sebagainya. Jadi, selain sebagai pusat ilmu pengetahuan, juga sekaligus pusat kegiatan mahasiswa. Adapun beberapa fasilitas yang terkategori cukup mewah adalah:

Ruang Theater

Sebagaimana mall di kota besar, kampus UI juga mempunyai ruang theater yang menjadi satu dengan bangunanan perpustakaan UI. Fasilitas mewah ini didukung oleh layar lebar dengan sound system yang sangat canggih, sebagaimana bioskop pada umumnya.

Menurut pengakuan dari mahasiswa UI yang diwawancarai oleh liputan6.com mengatakan bahwa fasilitas tersebut tidak digunakan secara reguler melainkan hanya untuk keperluan pemutaran film yang merupakan kegiatan mahasiswa. Untuk menggunakannya pun dibutuhkan prosedur perijinan terdahulu dan kabarnya perlu mengeluarkan uang jutaan rupiah untuk membayarnya.

Gold’s Gym

Fasilitas mewah lain adalah gold’s gym. Pusat kebugaran ini bukan sembarang fasilitas olahraga biasa. Melainkan gold’s gym adalah pusat kebugaran yang terkenal dengan alat canggih dan biasanya hanya bisa diakses oleh masyarakat dengan segmen kelas menengah ke atas.

Karenanya, untuk dapat menikmati fasilitas kebugaran ini mahasiswa perlu mengurus member atau keanggotaan terlebih dahulu. Tentunya dengan biaya yang tidak sedikit. Maka, tak heran jika tidak semua mahasiswa bisa masuk ke dalam fasilitas satu ini.

Kebun Apple

Kebun Apple disini berbeda dengan kebun buah apel yang ada di kota Malang. Kebun apple ini adalah deretan alat elektronik canggih bermerek apple dengan jenis iMac. Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa setiap barang elektronik keluaran Apple, baik smartphone maupun laptop memiliki harga yang cukup fantastis. Jadi, fasilitas ini sangat tepat jika dimasukkan sebagai salah satu fasilitas mewah di perpustakaan UI.Nah, itulah ulasan tentang kemegahan gedung perpustakaan UI serta keunikan-keunikannya. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan tambahan wawasan pada Anda. Jika ingin mendapatkan informasi menarik lain, misalnya prospek dan keuntungan investasi hotel bintang lima ini, yuk kunjungi laman resmi Eticon Rekayasa Teknik.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *