Gedung Termegah di Dunia, Mana Saja?

Lotte World Tower, Sumber: archdaily.com

Setiap berkunjung ke suatu negara, pasti tidak jarang Anda menemukan bangunan gedung yang memiliki tampilan menawan. Sehingga di beberapa negara menjadikan gedung tersebut menjadi salah satu ikon populernya. Gedung dengan label termegah di dunia ini, tidak jauh dari peran arsitektur yang mendesainnya. Seiring perkembangannya, kreativitas dari desain arsitektur terus mengalami kenaikan.

Gedung-gedung yang dibuat menawan ini tentu saja memiliki struktur bangunan yang kuat. Jika tidak, dikhawatirkan ke depannya akan menimbulkan masalah yang membahayakan penghuni gedung tersebut. Sebuah bangunan gedung haruslah memiliki tingkat keamanan yang baik, agar penghuni yang menggunakan gedung tersebut merasa nyaman dan aman.

Banyak sekali gedung termegah di dunia ini termasuk ke dalam high rise building. Namun perlu diketahui bukan berarti semua bangunan yang tinggi masuk ke dalam high rise building ya. Ada beberapa kriteria tersendiri bagi bangunan yang masuk kategori sebagai high rise building. Bangunan termegah di dunia ini biasanya memiliki makna tersendiri mengapa desainnya dibuat seperti itu.

Gedung-gedung megah ini umumnya difungsikan untuk berbagai kepentingan misalnya saja perkantoran, hotel, restoran, pusat perbelanjaan, hingga destinasi wisata. Bentuknya yang unik dan menawan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi negara tersebut. Misalnya saja Burj Khalifa di Dubai, yang hingga saat ini masih menjadi tempat menarik yang dikunjungi oleh para wisatawan.

Gedung termegah di dunia, Sumber: kompas.com
Gedung termegah di dunia, Sumber: kompas.com

7 Gedung Termegah di Dunia

Kami telah merangkumkan untuk Anda 7 gedung megah yang tersebar di seluruh dunia dari berbagai sumber. Bangunan gedung tersebut termasuk ke dalam ikon populer di negaranya. Jika Anda berkunjung ke negara tersebut, bisa mampir ke gedung ini untuk menikmati keindahan arsitekturnya yang megah dan menawan. Mana saja gedung tersebut? Simak daftarnya sebagai berikut.

1. Burj Khalifa

Gedung termegah dunia yang pertama terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Burj Khalifa ini masih memegang rekor sebagai gedung tertinggi di dunia yang memiliki ketinggan mencapai 828 meter. Pembangunan gedung pencakar langit ini menghabiskan biaya sekitar 21,67 triliun rupiah, sehingga tidak heran menjadikannya sebagai bangunan termegah dunia.

Gedung pencakar langit ini dibangun sebagai simbol penghormatan kepada presiden Uni Emirat Arab yakni Sheikh Khalifah bin Zayid Al Nahyan. Oleh sebab itu gedung ini mengambil penggalan nama dari presiden UEA.

Burj Khalifa, Sumber: ngobrolproperti.com
Burj Khalifa, Sumber: ngobrolproperti.com

2. One World Trade Center

One World Trade Center merupakan gedung megah yang berlokasi di New York City, Amerika Serikat. Gedung ini dibangun di komplek World Trade Center untuk mengenang kembali komplek aslinya yang telah hilang akibat serangan teroris pada 11 September 2001. Bangunan mewah ini menjadi gedung tertinggi di Amerikat Serikat dengan ketinggian mencapai sekitar 541,3 meter.

Baca juga: Apa yang Menjadi Faktor Penentu Gedung Aman Digunakan?

One World Trade Center mulai dibangun pada tanggal 27 April 2006 dan selesai pada Juli 2013. Bangunan ini mulai dibuka pada tanggal 3 November 2014. One World Trade Center difungsikan sebagai gedung perkantoran yang memiliki desain yang megah di New York City.

One World Trade Center, Sumber: viator.com
One World Trade Center, Sumber: viator.com

3. Lotte World Tower

Bangunan gedung termegah di dunia selanjutnya datang dari Seoul, Korea Selatan. Lotte World Tower merupakan gedung pencakar langit tertinggi di Korea Selatan yang difungsikan sebagai perkantoran, apartemen, pusat perbelanjaan, hingga tempat hiburan. Gedung ini dilengkapi dengan 123 lantai yang memiliki ketinggian mencapai 555,7 meter. Bangunan ini resmi dibuka dan digunakan untuk umum pada tanggal 11 April 2017.

Lotte World Tower, Sumber: archdaily.com
Lotte World Tower, Sumber: archdaily.com

4. Abraj Al-Bait Clock Tower

Abraj Al-Bait Clock Tower ini merupakan kompleks bangunan yang berlokasi di Mekkah, Arab Saudi. Gedung ini di desain oleh para arsitek dari Dar Al Handasah Architects. Abraj Al-Bait Clock Tower memiliki ketinggian mencapai 601 meter dan berkapasitas hingga 10.000 orang. Bangunan yang digunakan untuk menampung jamaah Haji ini mulai dibangun pada tahun 2004 dan resmi dibuka pada tahun 2012.

Abraj Al-Bait Clock Tower, Sumber: makkah-madinah.accor.com
Abraj Al-Bait Clock Tower, Sumber: makkah-madinah.accor.com

5. Ping An Finance Centre

Bangunan megah selanjutnya bernama Ping An Finance Centre yang berlokasi di Shenzhen, Guangdong, Tiongkok. Ping An Finance Centre memiliki ketinggian sekitar 599 meter dan difungsikan sebagai gedung perkantoran, hotel, hingga pusat perbelanjaan. Gedung pencakar langit ini telah selesai dibangun pada tahun 2017 dan menjadi gedung tertinggi ke-2 di Tiongkok.

Ping An Finance Centre, Sumber: kpf.com
Ping An Finance Centre, Sumber: kpf.com

6. Taipei 101

Gedung termegah di dunia selanjutnya berlokasi di Distrik Xinyi, Taipei, Taiwan yang bernama Taipei 101. Taipei 101 ini memiliki jumlah lantai 101 dan memiliki ketinggian mencapai 509 meter. Di dalam gedung ini dilengkapi dengan kecanggihan teknologi, salah satunya terdapat lift yang bergerak cepat. Untuk mencapai lantai 89 dari lantai dasar hanya membutuhkan waktu sekitar 44 detik saja dengan menggunakan lift tersebut.

Taipei 101, Sumber: tiket.com
Taipei 101, Sumber: tiket.com

7. International Commerce Centre

International Commerce Centre merupakan gedung pencakar langit yang memiliki desain megah. Gedung ini berlokasi di Kowloon Barat, Hong Kong dan memiliki ketinggian sekitar 484 meter. Bangunan ini selesai dibangun pada tahun 2010 dan hingga saat ini difungsikan sebagai gedung perkantoran, hotel, hingga ritel. Ketika berkunjung ke Hongkong, Anda bisa mampir untuk menikmati kemegahan dari gedung ini.

International Commerce Centre, Sumber: klcbs.net
International Commerce Centre, Sumber: klcbs.net

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai gedung termegah di dunia. Untuk Anda yang membutuhkan informasi mengenai konsultan penyedia jasa SLF bisa menghubungi kami PT Eticon Rekayasa Teknik. Kami dengan senang hati membantu Anda untuk kepengurusan SLF. Terima kasih telah berkenan menyimak informasi di atas, jangan lupa untuk mengikuti informasi menarik lainnya dari kami.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *