Mengulik Potensi Wisata Bahari Indonesia yang Sangat Kaya

Kegiatan diving, sumber: google.com

Potensi Wisata Bahari Indonesia – Wisata bahari merupakan kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi alam potensi sebagai daya tarik wisata maupun wadah kegiatan wisata baik di atas permukaan di wilayah laut yang tidak bisa dipisahkan dari keberadaan ekosistemnya yang kaya akan keanekaragaman jenis biota laut. Secara singkat, wisata bahari adalah rekreasi ke pantai atau lautan.

Wisata bahari adalah salah satu wisata unggulan yang dimiliki tanah air. Menurut data Kementerian Kelautan dan Perikanan, Indonesia mempunyai 20,87 juta Ha kawasan konservasi perairan, pesisir dan berbagai pulau kecil. Garis pantai Indonesia membentang hingga 99.093 km dengan luas laut 3,257 juta km persegi.

Kekayaan maritim inilah yang membuat potensi wisata bahari Indonesia sangat luas dengan keindahan dan keunikannya masing-masing. Potensi wisata bahari Indonesia tersebar dari Sabang hingga Merauke. Ada hal yang masih bisa dieksplor dalam wisata bahari di Indonesia.

Di wisata bahari Indonesia terdapat 590 jenis karang, 2.057 ikan karang, 12 jenis lamun, 34 jenis mangrove, 1.512 jenis crustacean,  jenis penyu, 850 jenis sponge, 24 jenis mamalia laut serta 463 titik kapal tenggelam.

Potensi wisata bahari Indonesia, sumber: google.com
Potensi wisata bahari Indonesia, sumber: google.com

Kegiatan Wisata Bahari

Apabila Anda ingin mengetahui apa saja kegiatan dalam wisata bahari, maka jawabannya akan sangat panjang. Sebab, ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berwisata bahari baik di lautan maupun di pantai. Di bawah ini beberapa di antaranya, yang bisa Anda jadikan referensi.

Menjelajahi dan menikmati keindahan alam bawah laut yang sangat menakjubkan. Ada banyak banget batu karang dan biota laut yang sangat indah di dasar lautan. Dengan menjelajahi dasar lautan, Anda bisa menikmati keindahan yang ada sekaligus mempelajari banyak hal baru.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan diving dan snorkeling. Kegiatan ini dilakukan dengan memanfaatkan peralatan menyelam. Tujuan kegiatan satu ini adalah untuk mempelajari keragaman kehidupan yang ada di lautan. Namun kegiatan ini juga bisa sebagai aktivitas rekreasi dan refreshing menghilangkan penat.

Kegiatan wisata bahari lain adalah melakukan olahraga air seperti kegiatan speedboat, berselancar dan mengayuh perahu masuk dalam kegiatan ini.

Anda juga bisa menikmati hasil laut seperti ikan. Jenis kegiatan satu ini tentu saja tidak akan pernah dilewatkan oleh siapa saja yang sedang berwisata bahari dan yang paling menarik adalah, Anda akan mendapatkan cita rasa dan sensasi ikan yang berbeda, yang lebih segar daripada ikan yang biasa Anda konsumsi.

Dan kegiatan yang juga tidak boleh Anda lewatkan adalah ekowisata bahari. Kegiatan yang lebih dikenal dengan kegiatan konservasi ini bertujuan memberikan pengetahuan pada wisatawan untuk menjaga ekosistem pantai dan laut dari kerusakan.

Kegiatan diving, sumber: google.com
Kegiatan diving, sumber: google.com

Potensi Wisata Bahari Indonesia

Kurang banyak sudah dijelaskan di awal, mengenai potensi wisata bahari Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Untuk melengkapi uraian di atas, yang perlu Anda ketahui bahwa Indonesia sebagai Negara kepulauan memiliki jumlah pulau mencapai 16.056.

indonesia juga sangat strategis dari aspek geografis karena berada di daerah tropis yang diapit oleh dua benua dan samudera. Dari potensi wisata bahari Indonesia tersebut ada beberapa hal yang bisa dioptimalkan oleh negeri kita tercinta. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Meningkatkan Ekonomi

Jenis wisata bahari bisa berdampak secara langsung pada warga masyarakat di sekitar pantai dan lautan. Mereka bisa mendapatkan mata pencaharian dengan menawarkan jasa dan produk kepada para wisatawan. Dengannya, sektor ekonomi pun akan semakin meningkat.

Meningkatkan Pendapatan Daerah

Wisata bahari yang ada di daerah Gunung Kidul contohnya, akan dikelola oleh pemerintah daerah gunung kidul itu sendiri, baik yang masuk pada BUMD maupun BUMDes. Keberadaan wisata bahari ini akan meningkatkan pendapatan daerah secara signifikan.

Sarana Konservasi

Setiap orang yang melakukan kegiatan wisata di pantai atau laut bisa mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan dunia kelautan dan diharapkan hal tersebut dapat menambah kesadaran untuk menjaga kelestarian alam.

Sarana Pendidikan

Metode belajar yang cukup efektif adalah dengan mendekatkan teori dengan objeknya. Dengan kegiatan wisata bahari setiap wisatawan akan mendapatkan pengetahuan mengenai banyak hal yang berkaitan dengan kelautan secara langsung.

Sarana pendidikan anak, sumber: google.com
Sarana pendidikan anak, sumber: google.com

Daftar Kepulauan Indonesia dengan Potensi Wisata Baharinya

Laut sangat berpotensi sekali untuk menjadi wisata bahari di tanah air. Berikut daftar kepulauan di tanah air yang memiliki banyak potensi dan kekayaan akan wisata baharinya, di antaranya adalah:

Kepulauan Anambas Riau

Terletak di provinsi Kepulauan Riau, taman wisata perairan kepulauan Anambas mempunyai banyak sekali potensi wisata bahari. Salah satunya Pulau Durai yang merupakan surga bagi para penyu di gugusan pulau tersebut.

Biota laut yang hidup di bawah lautan Anambas tidak kalah saing dengan pulau lainnya di Indonesia. Kelebihan lain yang bisa didapatkan oleh wisatawan di sini adalah air laut yang jernih, sehingga biota laut bisa dengan mudah dilihat bahkan dari atas permukaan laut.

Pulau Pieh Sumatera Barat

Potensi yang ada di pulau dieh sangat banyak, mulai dari terumbu karang, ikan karang sampai penyu yang bisa dilihat dengan jelas karena air lautnya yang jernih. Ada satu hal yang membuat pulau satu ini sangat menarik, hal tersebut adalah rawa yang ada di daratan pulau.

Kepulauan Banda Maluku Tengah

Pulau banda Maluku Tengah ini terdiri dari pulau besar dan kecil yang kaya akan banyak potensi darat maupun di lautannya. Pulau Banda sendiri sejak lama dikenal sebagai surga wisata selam, sejarah dan budaya.

Untuk potensi lautnya sendiri, secara spesifik di Pulau Banda Besar tercatat mempunyai lebih dari 300 spesies karang. Sedangkan pada peraian teluknya terdapat banyak sekali ikan cakalang dan kerang mutiara yang dilestarikan. Di pulau ini juga menawarkan banyak spot penyelaman yang sangat luar biasa.

Kepulauan Padaido Papua

Gugusan pulau padaido adalah salah satu destinasi wisata bahari yang ada di kabupaten biak numfor. Pada gugusan kepulauan ini ada puluhan titik selam dengan keindahan terumbu karang hingga 95 spesies dengan ratusan 155 an spesies ikan.

Bukan hanya itu, kepulauan ini juga mempunyai 48 spesies pohon, 26 spesies burung yang akan diminati oleh banyak para pengunjung atau wisatawan. Kemudian disana juga terdapat 14 spesies reptil dan 7 spesies mamalia yang bisa menyambut dan memanjakan para pecinta hewan.

Kepulauan padaido Papua, sumber: google.com
Kepulauan padaido Papua, sumber: google.com

Laut Sawu NTT

Jika Anda belum pernah melihat ikan paus secara langsung di dunia nyata, maka pulau satu ini sangat kami rekomendasi untuk Anda agar merasakan pengalaman yang berbeda saat berwisata bahari. Selain biota laut lain, ikan paus adalah primadona yang bisa Anda temui di sini. Bukan hanya satu dua ekor, bahkan Anda bisa menemukan 30 ekor paus sekaligus, jika sedang beruntung.

Lebih dari itu, penyu dan ikan pelagis juga sering kali menyambangi laut sawu ini. Sejauh ini laut satu ini mempunyai sekitar 500 jenis karang, 336 jenis ikan karang, 11 spesies ikan dengan ordo cetasea dan 3 jenis penyu. Sebelum Anda berkunjung ke sini, perlu kiranya Anda mengetahui beberapa hal berkenaan dengan peraturan tempat wisata.

Selain beberapa daftar di atas, ada juga beberapa destinasi yang menyimpang banyak potensi wisata bahari di Indonesia, yang bisa menjadi contoh pariwisata bahari Indonesia, seperti Wakatobi, Labuan bajo, Bunaken, Raja Ampat, Kepulauan Mandeh, Karimunjawa dan Taman Laut Taka Bonerate.

Demikian paparan mengenai mengulik potensi wisata bahari Indonesia yang sangat kaya. Semoga tulisan ini memberikan informasi yang bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Kunjungi situs Eticon untuk mendapatkan update terbaru dari Kami.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *