Inilah Prosedur Pemberian Izin Lokasi Kepada Perusahaan untuk Memperoleh Tanah yang Digunakan Sebagai Kegiatan Bisnis

Setiap perusahaan membutuhkan izin lokasi guna memperoleh tanah untuk bisnis, Sumber: corporatetraining.coffee

Memiliki bisnis yang berjalan lancar dan sukses adalah impian semua pelaku bisnis. Tetapi, untuk sampai ke tahapan tersebut banyak tahapan dan “printilan” yang harus diurus. Dimana salah satu hal penting yang harus diurus adalah perihal izin lokasi usaha. Karenanya, setiap pelaku usaha wajib mengetahui prosedur izin lokasi agar semua berjalan lebih mudah.

Apa Itu Izin Lokasi Usaha?

Setiap pelaku usaha tentu membutuhkan tanah atau lokasi untuk menjalankan kegiatan usahanya. Nah, untuk mendapatkan tanah tersebut juga dibutuhkan izin lokasi usaha. Lantas, apa yang dimaksud dengan perizinan lokasi usaha? Sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2019 Tentang Izin Lokasi.

Pada Pasal 1 peraturan tersebut menjelaskan bahwa Izin Lokasi adalah izin yang diberikan kepada pelaku usaha untuk memperoleh tanah yang diperuntukkan untuk usaha atau kegiatannya dan berlaku pula sebagai izin pemindahan hak dan untuk menggunakan tanah tersebut untuk keperluan usaha dan kegiatannya.

Pelaku usaha disini adalah perseorangan atau non perseorangan yang melakukan usaha atau kegiatan pada bidang tertentu. Izin lokasi usaha sendiri diterbitkan oleh Lembaga OSS berdasarkan komitmen pelaku usaha yang membutuhkan tanah untuk menjalankan usaha tetapi belum memiliki atau menguasai tanah sebagai syarat terbitnya Izin Usaha berdasarkan Komitmen.

Prosedur kepemilikan surat izin lokasi berfungsi sebagai salah satu syarat perolehan hak atas tanah dalam upaya penanaman modal. Pun, dengan mengantongi izin lokasi, perusahaan atau pelaku bisnis memiliki hak untuk membebaskan tanah yang berada di lingkup area yang akan dijadikan lokasi usaha.

Mengenal lebih jauh tentang prosedur izin lokasi untuk usaha, Sumber: virtualofficeku.co.id
Mengenal lebih jauh tentang prosedur izin lokasi untuk usaha, Sumber: virtualofficeku.co.id

Siapa yang Membutuhkan Izin Lokasi Usaha Sesuai Prosedur?

Setiap pelaku usaha yang membutuhkan lokasi untuk menjalankan usahanya, perlu memiliki izin lokasi. Sebagaimana pelaku yang dimaksud adalah pelaku usaha perseorangan atau pelaku usaha non perseorangan. 

Pelaku usaha perseorangan adalah perorangan penduduk Indonesia yang dapat bertindak dan melakukan perbuatan hukum. Sementara pelaku usaha non perseorangan, meliputi: 

  • Perseroan terbatas
  • Perusahaan umum
  • Perusahaan umum daerah
  • Badan hukum lain yang kepemilikannya oleh negara
  • Badan layanan umum
  • Lembaga penyiaran
  • Badan usaha yang kepemilikan usahanya oleh yayasan
  • Koperasi
  • Persekutuan komanditer (CV)
  • Persekutuan firma
  • Persekutuan perdata

Dasar Hukum dan Masa Berlaku Izin Lokasi Usaha

Masih dalam peraturan yang sama, Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2019 Tentang Izin Lokasi. Pada pasal 19 dicantumkan bahwa izin lokasi diberikan untuk jangka waktu selama 3 (tiga) tahun sejak izin lokasi berlaku secara efektif. 

Sementara dalam pasal 2 dijelaskan bahwa perolehan tanah oleh pemegang hak harus selesai dalam jangka waktu yang sebelumnya sudah ditentukan. Namun, apabila dalam jangka waktu yang sudah ditentukan perolehan tanah belum juga selesai, maka terdapat ketentuan sebagai berikut:

  • Izin lokasi dapat diperpanjang selama jangka waktu 1 (satu) tahun, apabila tanah yang diperoleh mencapai sekurang-kurangnya 50% dari luas tanah yang ditunjuk dalam izin lokasi.
  • Izin lokasi tidak dapat diperpanjang apabila jangka waktu berakhir dan perolehan tanah kurang dari 50% dari luas tanah yang ditunjuk dalam izin lokasi. 

Permohonan perpanjangan izin lokasi usaha harus diajukan oleh pelaku usaha kepada Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota melalui sistem OSS dengan menyertakan bukti-bukti perolehan tanah, penggunaan dan pemanfaatan tanah serta pengamanan terhadap tanah yang telah diperoleh.

Setiap perusahaan membutuhkan izin lokasi guna memperoleh tanah untuk bisnis, Sumber: corporatetraining.coffee
Setiap perusahaan membutuhkan izin lokasi guna memperoleh tanah untuk bisnis, Sumber: corporatetraining.coffee

Bagaimana Prosedur Pengurusan Izin Lokasi Usaha?

Untuk mendapatkan surat izin lokasi, terdapat berbagai syarat yang harus dipenuhi. Pun, ada juga tahapan yang harus diikuti. Syarat juga tahapan tersebut meliputi: 

Persyaratan untuk Perizinan Lokasi

Berbagai dokumen yang harus dilengkapi sebagai syarat permohonan komitmen. Dokumen untuk persyaratan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 17 tahun 2019 Tentang Izin Lokasi.  

  • Nomor Induk Berusaha (NIB)
  • Pernyataan dan permohonan pemenuhan Komitmen
  • Sketsa atau peta yang didalamnya termuat koordinat batas letak lokasi yang dimohon
  • Proposal yang berisi kegiatan usaha
  • Surat pernyataan luas tanah yang sudah dimiliki oleh pelaku usaha (dan pelaku usaha lainnya yang tidak lain berada dalam satu grup)

Untuk pernyataan dan permohonan pemenuhan komitmen serta surat pernyataan luas tanah dibuat sesuai dengan format yang sudah tercantum pada lampiran Peraturan Menteri Agraria Dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 17 Tahun 2019.

Langkah dan Tahapan Mendapatkan Izin Lokasi Usaha

Semua perizinan yang berkaitan dengan usaha, pembuatannya dilakukan melalui fasilitas Online Single Submission (OSS), termasuk perizinan lokasi usaha.

Oleh karena itu, agar prosedur yang ditentukan berjalan lancar, ada baiknya pelaku usaha mengetahui bagaimana cara menggunakan OSS. Sehingga prosesnya pun akan lebih mudah. Tahapan dalam prosedur mendapatkan izin lokasi usaha sendiri antara lain: 

  • Mengakses portal OSS dengan mengunjungi situs resminya di https://oss.go.id
  • Log in ke portal tersebut menggunakan akun yang sebelumnya sudah dibuat
  • Pilih perizinan berusaha untuk usaha yang akan dijalankan, apakah untuk skala mikro atau usaha kecil.
  • Lalu, klik pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) perseorangan, baik untuk usaha kecil maupun usaha mikro.
  • Setelah itu, lengkapi formulir pendaftaran yang sudah tersedia pada portal tersebut.
  • Dilanjutkan dengan melengkapi formulir data usaha (dalam hal ini, pelaku usaha bisa menuliskan lebih dari satu usaha yang dijalankan)
  • Jika sudah, lengkapi formulir komitmen prasarana usaha. Apabila usaha yang dijalankan tergolong usaha kecil, maka bisa mengajukan permohonan izin lokasi dan izin lingkungan apabila syarat keduanya sama.
  • Pastikan data yang telah dituliskan benar, karena nantinya data tersebut akan ditampilkan dalam draft NIB dan izin usaha. Tujuannya untuk diteliti lebih lanjut sebelum masuk ke tahap pemrosesan.
  • Klik centang pada kotak disclaimer
  • Setelah semua proses selesai, Anda bisa melihat NIB, izin lokasi, izin lingkungan, dan izin usaha yang dapat dicetak sebagai bukti usaha.
Prosedur yang harus dijalankan untuk mendapatkan izin lokasi, Sumber: gobiz.co.id
Prosedur yang harus dijalankan untuk mendapatkan izin lokasi, Sumber: gobiz.co.id

Kesimpulan

Demikian ulasan mengenai prosedur izin lokasi yang perlu diurus setiap pelaku usaha dalam upaya mendapatkan tempat atau lokasi untuk menjalankan usahanya. Perlu diketahui, izin lokasi bukan hanya menjadi syarat untuk menjalankan usaha saja. Melainkan juga menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

Sama halnya dengan izin lokasi yang sifatnya “harus”, begitupun juga SLF yang wajib dimiliki setiap bangunan gedung. Apalagi jika akan dioperasikan untuk kegiatan bisnis maupun industri. Karena dengan SLF, bangunan gedung akan jauh lebih aman dan nyaman. Jika izin lokasi diterbitkan oleh Lembaga OSS, maka SLF diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat.

Mengurus SLF memang tidak semudah kelihatannya, karena harus melalui banyak tahapan dan harus dilakukan oleh ahlinya. Oleh karena itu, untuk pengurusannya, Anda bisa mengandalkan jasa konsultan SLF profesional yang ada. Karena dengan bantuan ahli, pengurusan SLF menjadi lebih mudah dan efisien. Semoga informasinya bermanfaat!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *