Project Penerbitan SLF PT Bumi Lestari Karya Perkasa (BLKP) di Serang

Serah terima SLF dengan pihak PT Bumi Lestari Karya Perkasa, Sumber: doc pribadi

Eksistensi PT Eticon Rekayasa Teknik sebagai salah satu jasa konsultan SLF terkemuka di Indonesia telah terbukti dan teruji. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya perusahaan besar dan ternama di berbagai penjuru Indonesia yang mempercayakan kebutuhan penerbitan SLF bangunan gedung mereka kepada kami. 

Membicarakan tentang SLF, Sertifikat Laik Fungsi atau yang selanjutnya disingkat menjadi SLF merupakan sebuah perizinan yang diberikan oleh pemerintah daerah setempat untuk menyatakan kelaikan fungsi bangunan gedung sebelum dapat dimanfaatkan atau dioperasionalkan.

Ketentuan ini termuat dalam Peraturan Pemerintah No. 16 Tahun 2021 tentang Bangunan Gedung. Dari pengertian yang sudah dijelaskan di atas, dapat kita ambil poin pentingnya bahwa belum “sah” sebuah bangunan untuk dimanfaatkan apabila bangunan tersebut belum mendapatkan perizinan resmi yang berupa SLF ini. 

Kepemilikan SLF tentunya bukan hanya sekedar agar bangunan sah di mata hukum saja. Melainkan juga menjadi acuan bahwa bangunan yang berdiri memang layak digunakan. Bukan hanya layak karena dari segi fisik bangunan berdiri dengan kokoh dan nampak kuat.

Namun juga dari segi “psikis” bangunan tersebut dapat memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi penghuninya. Bagaimana dengan bangunan yang tidak mengantongi SLF? Bangunan gedung tanpa kepemilikan SLF berpotensi lebih besar mengalami kerusakan dan membahayakan penggunanya di dalamnya.

Dedikasi Tim Eticon dalam membantu penerbitan SLF, Sumber: eticon.co.id
Dedikasi Tim Eticon dalam membantu penerbitan SLF, Sumber: eticon.co.id

Project Penerbitan SLF PT Bumi Lestari Karya Perkasa (BLKP) di Serang

Memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna bangunan juga dicari oleh salah satu klien Eticon. Ya, beberapa waktu yang lalu tim Eticon diberikan tanggung jawab dan kepercayaan untuk project penerbitan SLF bangunan industri PT Bumi Lestari Karya Perkasa (BLKP) yang berada di Serang, Banten.

Tepatnya, perusahaan ini berlokasi di Jl. Modern Industri XVI blok AG No. 7B Nambo Udik, Sukatani, Kec. Cikande, Kabupaten Serang, Banten 42186. PT Bumi Lestari Karya Perkasa (BLKP) sendiri adalah salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia yang bergerak di bidang manufaktur baja ringan. 

PT Bumi Lestari Karya Perkasa (BLKP) di Serang ini berfokus pada produksi bahan baku baja ringan maupun barang jadinya yang memiliki kualitas internasional dan berstandar nasional Indonesia. Baik itu produk-produk untuk bagian atap, rangka, partisi, hingga lantai yang sudah terbukti secara kualitas dan keunggulan.

PT Bumi Lestari Karya Perkasa berkembang menjadi perusahaan besar dan memiliki banyak karyawan di dalamnya. Itulah mengapa perusahaan ini menunjang keamanan dan kenyamanan pekerjanya dengan melengkapi bangunan mereka dengan kepemilikan SLF yang proses penerbitannya diserahkan kepada tim Eticon.

Ilustrasi uji kelaikan fungsi bangunan oleh tim Eticon, Sumber: eticon.co.id
Ilustrasi uji kelaikan fungsi bangunan oleh tim Eticon, Sumber: eticon.co.id

Persyaratan Penerbitan SLF PT Bumi Lestari Karya Perkasa di Serang

Dalam mengurus SLF untuk PT Bumi Lestari Karya Perkasa (BLKP) di Serang ini terdapat beberapa dokumen yang harus dipenuhi sebagai persyaratan utama. Semua dokumen tersebut sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Diantara dokumen persyaratan yang dibutuhkan meliputi: 

Dokumen Administratif

  • Surat Permohonan 
  • Dokumen legalitas perusahaan
  • Dokumen Kepemilikan Tanah 
  • Dokumen Legalitas Bangunan Gedung
  • Dokumen Izin (Wajib ada) 
  • Dokumen Izin (Proses Paralel) 

Dokumen Teknis

  • Dokumen Teknis Arsitektur 
  • Dokumen Teknis Struktur 
  • Dokumen Teknis Mekanikal Elektrikal Plumbing 
  • Dokumen Teknis Lingkungan 
  • Dokumen Data Teknis 

Alur Pengurusan SLF PT Bumi Lestari Karya Perkasa (BLKP) Serang

Pada proses penerbitan SLF bangunan industri PT Bumi Lestari Karya Perkasa di Serang ini terdapat alur pengurusan yang harus dilalui terlebih dahulu. Alur pengurusan yang tidak sepele dan melibatkan beberapa pihak ini tentu bukan tanpa alasan pasti. 

Karena alur pengurusan ini bertujuan untuk memastikan bahwa bangunan dari PT Bumi Lestari Karya Perkasa memang layak dioperasionalkan dan kayak mendapatkan SLF. Untuk alur pengurusannya sendiri antara lain: 

  • Verifikasi data administrasi
  • Survey lapangan (uji fisik bangunan gedung)
  • Pembuatan Laporan Kajian SLF
  • Internal Review/ Paparan Internal
  • Submit Sistem SIMBG dan Dinas terkait
  • Expose/sidang dengan Pemda terkait
  • Revisi/ Finalisasi laporan
  • Penerbitan SLF
Serah terima SLF dengan pihak PT Bumi Lestari Karya Perkasa, Sumber: doc pribadi
Serah terima SLF dengan pihak PT Bumi Lestari Karya Perkasa, Sumber: doc pribadi

Pengurusan SLF Bersama PT Eticon Rekayasa Teknik

Cerita keberhasilan PT Eticon Rekayasa Teknik dalam project penerbitan SLF untuk bangunan industri dari PT Bumi Lestari Karya Perkasa (BLKP) di Serang ini menjadi bukti akan dedikasi tim Eticon sebagai salah satu jasa konsultan SLF terpercaya di Indonesia yang bisa diandalkan.

Pun, menjadi bukti pula bahwa Eticon selalu totalitas dan 100% dalam membantu setiap klien perihal penerbitan SLF untuk bangunan gedung mereka. Keberhasilan tum Eticon dalam membantu menerbitkan SLF untuk setiap klien juga didukung oleh tim solid dan ahli dengan background keilmuan yang dibutuhkan dalam hal ini.

Jadi, tidak ada alasan dan tidak ada keraguan lagi untuk menggunakan jasa kami. Apabila bangunan telah berdiri dan belum memiliki SLF, Anda bisa menghubungi dan segera mengurus kepemilikan SLF bersama PT. Eticon Rekayasa Teknik. Mari, berikan perlindungan ekstra dengan kepemilikan SLF bangunan!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *