6+ Destinasi Agrowisata di Indonesia (Agritourism), Mana Saja?

Agrowisata Kebun Strawberry Ciwidey, Sumber: tempatwisatadibandung.info

Agrowisata di Indonesia – Agrowisata (Agritourism) adalah bentuk pariwisata yang aktivitas wisatanya berfokus pada lahan pertanian. Wisata ini juga melibatkan langsung wisatawan pada berbagai kegiatan yang ada di sekitar lahan pertanian, peternakan, maupun perkebunan. Itulah yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang berkunjung.

Banyak masyarakat perkotaan yang lebih memilih mengunjungi agrowisata untuk menghabiskan liburannya. Hal tersebut dikarenakan mereka bosan hanya melihat gedung-gedung tinggi dan padatnya kendaraan di daerah perkotaan. Jadi mereka lebih memilih untuk menghilangkan penat ke area pedesaan dan mengunjungi agrowisata.

Ada berbagai destinasi agrowisata di Indonesia yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Menurut pengembangannya, agrowisata ini diarahkan menjadi 2 bentuk yakni ruangan tertutup dan ruangan terbuka. Untuk agrowisata ruangan tertutup dapat berupa seperti museum yang di dalamnya menampilkan berbagai peralatan pertanian yang bernilai sejarah, serta memperlihatkan sejarah penggunaan lahan ataupun proses pengolahan hasil pertaniannya.

Destinasi agrowisata yang ada di Indonesia, Sumber: ensiklopediaindonesia.com
Destinasi agrowisata yang ada di Indonesia, Sumber: ensiklopediaindonesia.com

Sedangkan untuk agrowisata ruangan terbuka dapat berupa lahan pertanian dan di dalamnya terdapat komponen flora dan fauna yang dibudidayakan. Agrowisata ruangan terbuka ini dibagi lagi menjadi 2 macam, yakni agrowisata ruang terbuka alami dan agrowisata ruang terbuka buatan. Meskipun sama-sama agrowisata ruang terbuka, namun keduanya memiliki perbedaan.

Agrowisata ruang terbuka alami lebih menonjolkan aktivitas masyarakat setempat dalam bertani. Kegiatan tersebut dilakukan sesuai dengan keseharian dari masyarakat tersebut. Untuk menambah minat wisatawan supaya lebih tertarik, biasanya akan ditampilkan beberapa atraksi yang dilakukan oleh masyarakat setempat. Namun dengan tetap menjaga nilai-nilai estetika yang alami.

Lalu untuk agrowisata ruang terbuka buatan dikelola oleh suatu badan usaha, namun untuk atraksinya tetap di lakukakan oleh petani dari masyarakat setempat dengan menerapkan teknologi yang dimilikinya. Untuk tata ruang lahannya didesain sesuai dengan daya dukung dan komoditas pertanian yang memiliki nilai jual untuk para wisatawan.

Destinasi Agrowisata di Indonesia

Untuk menghilangkan penat selama berada di perkotaan, Anda bisa mengunjungi agrowisata sebagai tempat healing. Ada berbagai destinasi agrowisata Indonesia yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, teman, ataupun saudara. Berikut beberapa destinasi agrowisata yang bisa Anda pilih.

1. Bagus Agro Pelaga, Bali

Destinasi agrowisata di Indonesia yang pertama ialah Bagus Agro Pelaga yang merupakan salah satu agrowisata di Bali. Agrowisata ini terletak di desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung Utara. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan yang memukau dari pegunungan dan udara yang masih segar.

Baca juga: Mengintip Permasalahan Sampah di Tempat Wisata

Cocok sekali untuk Anda yang ingin menghilangkan penat. Di sini Anda juga dapat melihat proses pembibitan, penanaman, hingga cara perawatan tanaman yang ada di Bagus Agro Pelaga. Bahkan Anda bisa memetik langsung buah dari pohonnya saat musim panen.

Bagus Agro Pelaga, Sumber: thecrowdedplanet.com
Bagus Agro Pelaga, Sumber: thecrowdedplanet.com

2. Agrowisata Kopeng Gunungsari, Semarang

Agrowisata di Jawa Tengah ini terletak di lereng utara Gunung Merbabu. Jadi saat Anda berkunjung ke sini, Anda akan melihat langsung keindahan dari Gunung Merbabu. Anda akan dimanjakan dengan sejuknya udara gunung yang dilengkapi dengan taman bunga, gardung pandang, serta pemandangan memukau di sekitar lokasi.

Agrowisata Kopeng Gunungsari, Sumber: travel.kompas.com
Agrowisata Kopeng Gunungsari, Sumber: travel.kompas.com

3. Agrowisata Kebun Teh Rancabali, Bandung

Destinasi agrowisata di Indonesia selanjutnya datang dari Kota Bandung. Agrowisata ini tepatnya berlokasi di Kecamatan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Di sini Anda akan disuguhkan pemandangan indah dari hamparan kebun teh yang berwarna hijau, dan pastinya menyejukkan mata dan pikiran. Selain itu Anda juga bisa memetik sendiri teh yang ada di kebun teh ini.

Agrowisata Kebun Teh Rancabali, Sumber: inews.id
Agrowisata Kebun Teh Rancabali, Sumber: inews.id

4. Agrowisata Bhumi Merapi, Yogyakarta

Agrowisata ini terletak di daerah Kaliurang Yogyakarta sekitaran lereng Gunung Merapi. Lebih tepatnya berada di Jl. Kaliurang KM. 20, Sawangan, Hargobingangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Anda bisa menikmati panorama alam indah yang disuguhkan oleh agrowisata ini.

Di sini Anda bisa bermain di area outbond, berkemah, hingga berfoto ria. Untuk harga tiket Bhumi Merapi Jogja ini berada di sekitaran Rp 25.000,-/orang. Harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu ya, tergantung situasi dan kondisinya.

Agrowisata Bhumi Merapi, Sumber: raskita.com
Agrowisata Bhumi Merapi, Sumber: raskita.com

5. Agrowisata Taman Anggrek Indonesia Permai, Jakarta

Agrowisata Taman Anggrek Indonesia Permai ini berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jl. Taman Mini Indonesia Indah No.I, RT.4/RW.2, Pinang Ranti, Kec. Cipayung, Kota Jakarta Timur. Anda bisa melihat berbagai jenis tanaman anggrek dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Mengenal Pariwisata Berbasis Budaya (Cultural Tourism)

Di sini Anda juga bisa melihat langsung budidaya tanaman anggrek mulai dari penanaman, pengembangan, pembibitan, perawatan, hingga penjualan ke konsumen atau wisatawan yang berkunjung.

Agrowisata Taman Anggrek Indonesia Permai, Sumber: royhot.blogspot.com
Agrowisata Taman Anggrek Indonesia Permai, Sumber: royhot.blogspot.com

6. Kusuma Agrowisata Batu, Kota Batu

Agrowisata ini terletak di Kawasan Wisata Kusuma Agro, Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kecamatan Batu, Batu, Jawa Timur. Apabila Anda berkunjung ke sini, maka tidak perlu khawatir mengenai fasilitanya. Di sini terdapat fasilitas hotel yang bisa Anda gunakan untuk menginap selama berada di Batu. Anda akan disuguhkan dengan wisata petik buah dan sayuran di kebun apel, jeruk, jambu merah, buah naga, strawberry, serta sayur hidroponik bebas pestisida.

Kusuma Agrowisata Batu, Sumber: nahwatour.com
Kusuma Agrowisata Batu, Sumber: nahwatour.com

7. Agrowisata Kebun Strawberry Ciwidey, Bandung

Di Agrowisata Kebun Strawberry Ciwidey ini, Anda bisa memetik sendiri buah strawberry sepuasnya. Selain disuguhkan sensasi memetik strawberry sendiri, Anda juga bisa menikmati udara segar pegunungan yang bisa menghilangkan kepenatan yang Anda rasakan. Anda bisa datang pada saat musim kemarau, tujuannya untuk mendapatkan kualitas buah yang baik.

Agrowisata Kebun Strawberry Ciwidey, Sumber: tempatwisatadibandung.info
Agrowisata Kebun Strawberry Ciwidey, Sumber: tempatwisatadibandung.info

Itulah tadi informasi yang telah PT Eticon Rekayasa Teknik sampaikan mengenai destinasi agrowisata di Indonesia yang bisa Anda kunjungi untuk menghilangkan penat saat liburan tiba. Jangan ragu untuk mengonsultasikan berbagai masalah Anda mengenai pengembangan pariwisata bersama kami, kami akan senang hati membantu Anda. Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait pariwisata, Anda bisa mengakses laman website kami.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *