Beginilah Serba-serbi Instalasi Listrik Industrial yang Perlu Anda Pahami

Instalasi listrik industri untuk menunjang pengoperasian mesin produksi, Sumber: theoxfordelectricalcompany.co.uk

Instalasi listrik di dunia industrial akan sangat menjadi penting diperhatikan selama proses pembangunan. Karena instalasi listrik yang tepat menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan produksi. Sebaliknya, jika instalasi listrik yang dilakukan terganggu, maka proses produksi pada dunia industrial pun juga akan ikut terganggu bahkan bisa mandek.

Terganggunya instalasi listrik akan sangat berpengaruh terhadap besarnya kerusakan yang didapatkan oleh perusahaan maupun pabrik, meskipun hanya terputus beberapa jam saja. Sebut saja pada pabrik, jika instalasi terganggu maka target produksi juga akan berantakan dan tertunda. Dimana hal tersebut akan meningkatkan biaya produksi lainnya.

Apa Itu Instalasi Listrik Industrial?

Sesuai dengan namanya, instalasi listrik industrial adalah komponen dan sistem yang menyediakan tenaga listrik untuk mendukung fasilitas industri. Instalasi satu ini begitu penting dilakukan guna mendukung proses produksi, pengoperasian mesin dan peralatan industri (jika menggunakan). 

Untuk melakukan instalasi listrik sendiri dibutuhkan desain, instalasi, dan pemeliharaan sistem kelistrikan seperti panel listrik, berbagai jenis kabel listrik, trafo, hingga generator. Perlu diketahui bahwa instalasi listrik untuk industri tidak sesederhana penggunaan untuk rumah tangga. 

Karena beban daya yang dibutuhkan juga sudah sangat jelas berbeda, setidaknya daya listrik yang dibutuhkan pada industri sangat besar. Oleh karena itu, instalasi pada bangunan industri membutuhkan ketaatan terhadap kode kelistrikan serta perlu menjalankan peraturan keselamatan guna memastikan pengoperasian sistem yang andal dan aman. 

Jika instalasi rumah tangga dan publik umumnya memerlukan aliran listrik 1 fasa, maka untuk listrik industrial setidaknya membutuhkan hingga 3 fasa. Hal ini tentu saja karena beban listrik pada industri juga sangat tinggi. Tetapi, penggunaan fasa ditentukan dari beban aktivitas yang membutuhkan listrik yang digunakan setiap harinya selama proses produksi.

Instalasi listrik industrial yang perlu diketahui, Sumber: swallowedeasy.com
Instalasi listrik industrial yang perlu diketahui, Sumber: swallowedeasy.com

Dasar-Dasar Instalasi Listrik Industrial

Instalasi listrik industrial adalah komponen penting dari setiap fasilitas industri. Karena dengan keberadaannya mampu memenuhi pasokan daya untuk mendukung kinerja mesin dan peralatan yang diperlukan untuk proses produksi. Pada prosesnya, instalasi kelistrikan pada industrial memiliki beberapa dasar-dasar yang harus diketahui, diantaranya: 

  • Keamanan listrik. Dalam pekerjaan apapun, keamanan dan keselamatan adalah hal terpenting dan prioritas, termasuk juga pada instalasi listrik industrial. Berbagai langkah dan peraturan keselamatan yang tepat harus dipatuhi guna menjamin keselamatan personel, peralatan, dan juga properti yang ada.
  • Power supply. Power supply yang andal sangat dibutuhkan untuk kebutuhan instalasi listrik industrial. Hal ini bisa terwujud melalui penggunaan trafo, generator, atau sumber listrik utilitas.
  • Panel listrik. Panel listrik ini digunakan untuk mendistribusikan daya ke seluruh fasilitas yang ada. panel listrik harus dirancang dan dipasang oleh mereka yang profesional, berpengalaman, serta berkualifikasi. Pun, harus dipelihara dengan sebaik mungkin.
  • Pengkabelan listrik. Kabel listrik adalah komponen yang menghubungkan sumber listrik listrik ke mesin atau peralatan lain di dalam bangunan industri itu sendiri. Kabel listrik haruslah diukur secara tepat sesuai kebutuhan, diberikan peringkat mana yang lebih prioritas, juga wajib dipasang dengan tepat untuk mencegah panas berlebih dan terjadinya korsleting listrik.
  • Grounding. Grounding yang tepat pada sistem listrik bisa menunjang keselamatan dan kerusakan pada peralatan. Oleh karena itu, semua peralatan listrik harus dihubungkan ke titik ground yang sama.
  • Proteksi sirkuit. Perangkat seperti sekring, pemutus arus, juga pelindung lonjakan arus dimanfaatkan untuk melindungi sistem serta peralatan dari kerusakan. Kerusakan yang diakibatkan karena beban berlebih, korsleting, maupun lonjakan daya.
  • Pemeliharaan. Pemeliharaan pada sistem kelistrikan harus dilakukan secara rutin untuk memastikan fungsinya tetap dalam kondisi terbaik. Pemeliharaan sendiri mencakup pengujian, pemeriksaan, penggantian komponen yang rusak, dan memperbarui sistem agar memenuhi standar keselamatan. 
Dasar-dasar yang harus dilakukan pada proses instalasi listrik industri, Sumber: engtechnik.com
Dasar-dasar yang harus dilakukan pada proses instalasi listrik industri, Sumber: engtechnik.com

Fakta-Fakta Seputar Instalasi Listrik Industrial

Instalasi kelistrikan industri sendiri melibatkan perencanaan, pemasangan atau instalasi, serta pemeliharaan di lingkungan industri. Berbicara tentang itu, terdapat berbagai fakta seputar instalasi listrik industrial yang perlu diketahui. Diantaranya: 

1. Keselamatan adalah Prioritas

Apapun pekerjaan yang sedang dilakukan, keselamatan adalah hal terpenting dan menjadi prioritas, tak terkecuali pada instalasi listrik ini. Instalasi listrik dapat berpotensi menimbulkan bahaya apabila tidak dipasang dan dipelihara dengan tepat dan benar. 

Karena itu, tindakan keselamatan harus diambil guna menghindari serta mencegah dari sengatan listrik, kebakaran, ataupun kecelakan lain yang ditimbulkan akibat listrik. Semua yang terlibat dalam pemasangan juga pemeliharaan sistem listrik industrial wajib mengikuti prosedur keselamatan yang ketat.

2. Patuh Terhadap Peraturan

Kita tahu bahwa peraturan dibuat untuk ditaati bukan untuk dilanggar, begitupun dengan peraturan yang ada ketika melakukan pemasangan listrik industrial. Proses instalasi listrik harus dan wajib mematuhi peraturan dan pedoman yang ada. 

Karena hal tersebut guna membuat proses instalasi menjadi lancar tanpa hambatan apapun dan tanpa merugikan siapapun. Bahkan jika gagal untuk mematuhi peraturan yang sudah dibuat konsekuensi hukum dan denda telah menanti. 

3. Kompleksitas Sistem

Sistem listrik pada industri bisa menjadi sesuatu yang sangat rumit. Karena dibentuk dengan banyak komponen, seperti transformator, switchgear, genset untuk listrik industri, dan sistem kontrol. Untuk proses instalasi dan pemeliharaan sistem sendiri membutuhkan pengetahuan juga keterampilan khusus. 

Itulah mengapa instalasi listrik tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, namun harus dikerjakan oleh ahlinya yang terlatih dan berpengalaman. Guna menghindari hal-hal berbahaya yang tidak diinginkan.

Instalasi listrik industri untuk mendukung proses produksi yang dilakukan, Sumber: suncoastconnect.com.au
Instalasi listrik industri untuk mendukung proses produksi yang dilakukan, Sumber: suncoastconnect.com.au

4. Pertimbangan Biaya

Perihal biaya yang dikeluarkan, untuk instalasi listrik industrial bisa memakan biaya yang cukup tinggi, apalagi untuk fasilitas besar. Belum lagi biaya bahan, tenaga kerja, juga peralatan yang dibutuhkan bisa bertambah dengan cepat seiring kebutuhan. 

Karena alasan itulah, penting rasanya untuk menganggarkan dan merencanakan pengeluaran untuk instalasi listrik secara hati-hati dan cermat agar biaya tidak sangat membengkak.

5. Downtime

Perlu diketahui bahwa downtime atau waktu henti nyatanya dapat merugikan fasilitas industri, dan ini bisa terjadi karena kegagalan sistem listrik. Kegagalan sistem kelistrikan industri dapat menyebabkan downtime yang secara tidak langsung juga mengakibatkan berkurangnya atau hilangnya produktivitas dan pendapatan tentu saja. 

Namun dengan pengujian dan pemeliharaan listrik yang tepat memungkinkan dapat membantu mencegah downtime. Sehingga bisa meminimalisir juga kerugian yang mungkin didapatkan.

6. Perawatan yang Konsisten

Instalasi listrik tidak hanya berhenti pada proses pemasangan atau instalasi saja. Melainkan juga membutuhkan perawatan yang konsisten dan terus menerus. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa instalasi yang telah dilakukan tetap berfungsi dengan baik dan sebagaimana mestinya. 

Pengecekan, pengujian, serta perbaikan dan penggantian komponen yang aus atau rusak harus rutin dilakukan untuk menjaga sistem listrik tetap berfungsi secara optimal guna memenuhi standar keselamatan yang berlaku saat ini.

7. Perkembangan Teknologi yang Meningkat

Sama halnya dengan banyak industri yang ada, kemajuan teknologi mengubah “pandangan” instalasi listrik industrial. Teknologi baru, seperti jaringan listrik “pintar” dan sistem energi terbarukan menjadi semakin penting dan dibutuhkan dalam industri satu ini. 

Oleh karena itu, penting bagi setiap orang yang terlibat dalam proses instalasi ini untuk selalu mengetahui perkembangan dan teknologi baru yang kian hari kian meningkat pesat.

Instalasi listrik industri untuk menunjang pengoperasian mesin produksi, Sumber: theoxfordelectricalcompany.co.uk
Instalasi listrik industri untuk menunjang pengoperasian mesin produksi, Sumber: theoxfordelectricalcompany.co.uk

Kesimpulan

Mengingat begitu penting dan besarnya tanggung jawab kebutuhan akan listrik, maka tidak bisa dilakukan secara sembarangan. 

Dalam hal ini perlu melibatkan jasa desain dan perencanaan yang memiliki layanan untuk elektrikal dan mekanikal agar proses instalasi listrik industrial pun dapat berjalan dengan lancar dan aman. Semoga informasi seputar instalasi listrik industrial dapat memberikan gambaran dan manfaat.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *