Jenis Desain Interior yang Perlu Anda Ketahui (Informasi Penting)

Desain kontemporer, Sumber: decorilla.com

Memiliki rumah dengan desain yang cantik dan menawan merupakan salah satu hal yang diimpikan setiap orang. Berbeda dengan zaman dahulu, saat ini desain interior sudah mengalami perkembangan dan memiliki berbagai jenis yang berbeda-beda. Selain untuk rumah berbagai desain interior yang ada tersebut juga bisa diaplikasikan pada bangunan lain seperti hotel, cafe, homestay, atau berbagai bangunan lainnya.

Namun perlu Anda ketahui bahwa ilmu arsitektur itu memiliki 7 prinsip dasar dalam mendesain sebuah bangunan. Sebelum membangun sebuah rumah, Anda bisa terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja prinsip dasar dalam mendesain arsitektur bangunan. Tujuannya supaya Anda lebih memahami desain apa yang sebenarnya Anda inginkan. Berikut 7 prinsip dari desain arsitektur:

  • Keseimbangan (Balance)
  • Irama (Accentuation & Rhythm)
  • Point of Interest atau Focal Point
  • Skala (Scale)
  • Proporsi (Proportion)
  • Komposisi (Sequence)
  • Kesatuan (Unity)

Anda akan lebih mudah untuk menerapkan ketujuh prinsip tersebut dengan bantuan jasa desain arsitektur yang profesional dan ahli dalam bidang tersebut. Dengan begitu Anda akan lebih mudah untuk menentukan jenis desain interior yang tepat untuk bangunan yang Anda miliki. Karena tidak sembarang orang bisa mendesain sesuai dengan yang Anda harapkan.

Jenis Desain Interior

Ada berbagai macam gaya interior yang bisa Anda terapkan untuk rumah yang Anda miliki, sesuaikan saja dengan selera dan minat Anda. Jangan lupa untuk mempertimbangkan juga berbagai elemen dari prinsip desain arsitektur agar interior Anda semakin tampak indah dan menawan. Berikut di bawah ini berbagai macam desain interior yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

1. Desain Interior Kontemporer

Jenis interior rumah yang pertama ialah gaya kontemporer. Desain yang satu ini memadukan konsep masa kini dengan konsep masa depan. Perpaduan ini dapat menghasilkan nuansa yang lebih hangat dan dingin di waktu yang bersamaan. Dengan perpaduan tersebut membuat ruangan memberikan nuansa yang lebih indah dan elegan.

Saat ini mulai banyak orang yang menggunakan jenis desain interior yang satu ini karena dianggap memberikan kenyamanan. Kenyamanan tersebut datang dari tampilan ruangan yang lebih rapi dan bersih. Elemen warna yang digunakannya juga netral, sehingga lebih nyaman dipandang. Untuk desain yang satu ini, Anda tidak perlu menggunakan pernak-pernik yang rumit.

Desain kontemporer, Sumber: decorilla.com
Desain kontemporer, Sumber: decorilla.com

2. Desain Interior Skandinavia

Desain berikutnya ialah gaya skandinavia, pada desain yang satu ini biasanya lebih menonjolkan penggunaan warna putih. Selain itu desain yang satu ini juga menggabungkan berbagai unsur elemen alami di dalamnya, seperti penggunaan kayu, baja, plastik, dan yang lainnya.

Baca juga: Memanfaatkan Loteng Rumah, Bisa Jadi Apa Aja?

Penggunaan desain ini akan membuat ruangan lebih terkesan hangat dan sederhana, namun juga terlihat lebih elegan. Biasanya orang-orang yamg menggunakan desain yang satu ini karena ingin terlihat sederhana namun tidak kehilangan unsur keindahannya.

Desain skandinavia, Sumber: houzz.com
Desain skandinavia, Sumber: houzz.com

3. Desain Vintage

Meskipun terlihat jadul atau kuno, namun desain yang satu ini masih banyak digemari oleh masyarakat. Kesan jadul atau kuno tersebut terpancar dari beberapa furnitur yang catnya sengaja dibuat terkelupas. Biasanya furnitur-furnitur tersebut menggunakan material dari kayu.

Untuk penggunaan warnanya, desain vintage ini akan didominasi oleh warna-warna yang soft. Misalnya saja seperti, kuning muda, pink pastel, abu-abu muda, dan yang lainnya. Lalu untuk motifnya, vintage menggunakan sedikit sentuhan motif bunga seperti di bantal sofa atau yang lainnya.

Desain vintage, Sumber: vintageindustrialstyle.com
Desain vintage, Sumber: vintageindustrialstyle.com

4. Desain Minimalis

Jenis desain interior yang satu ini sangat populer dikalangan masyarakat saat ini. Desain minimalis ini menerapkan berbagai komponen yang sangat simple dan tidak rumit, sehingga membuat orang-orang lebih nyaman. Biasanya desain minimalis ini lebih disukai oleh masyarakat yang memiliki hunian yang tidak luas dan hanya memerlukan sedikit barang.

Baca juga: Tips Menata Ruang Keluarga (Simple dan Nyaman)

Desain minimalis didominasi oleh warna-warna netral seperti putih, hitam, hingga abu-abu. Hunian yang sempit akan lebih cocok apabila menggunakan desain yang satu ini, karena rumah tidak memerlukan banyak barang dan memberikan efek ruangan yang terasa lebih luas.

Desain minimalis, Sumber: mydomaine.com
Desain minimalis, Sumber: mydomaine.com

5. Desain Industrial

Untuk desain interior yang satu ini terinspirasi dari interior gudang industri. Sehingga material yang digunakan kebanyakan menggunakan besi. Pada bagian lantainya, desain ini menggunakan beton. Kemudian untuk bagian langit-langitnya menggunakan baja. Desain industrial didominasi oleh warna abu-abu dan hitam. Bahkan di luar negeri banyak yang merombak gedung untuk mendapatkan kesan industrial yang lebih kental.

Desain industrial, Sumber: Pinterest
Desain industrial, Sumber: Pinterest

6. Desain Shabby Chic

Desain shabby chic ini diadaptasi dari desain vintage. Di dalamnya Anda akan melihat berbagai furnitur yang terkesan lusuh. Untuk gaya yang satu ini lebih feminim dan lembut. Jenis desain yang satu ini didominasi oleh warna putih, pink pastel, biru pastel, krem, dan berbagai warna pastel yang lain.

Desain shabby chic, Sumber: Pinterest
Desain shabby chic, Sumber: Pinterest

7. Desain Bohemian

Jenis desain interior selanjutnya ialah gaya bohemian. Gaya yang satu ini sangat cocok dengan Anda yang memiliki jiwa bebas. Anda bisa mengekspresikannya melalui desain interior ini. Poin yang menonjol dan khas dari desain bohemian ialah penggunaan karpet dan kain-kain. Penggunaan warnanya juga lebih berani, misalnya saja perpaduan antara warna merah dan hijau.

Desain bohemian, Sumber: timesofindia.indiatimes.com
Desain bohemian, Sumber: timesofindia.indiatimes.com

8. Desain Victorian

Desain victorian ini akan lebih menonjolkan kesan mewah dan megah. Biasanya penggunaan desain ini lebih banyak ditemukan pada bangunan-bangunan bergaya Eropa. Pada desain ini juga dilengkapi dengan dekorasi-dekorasi seperti lukisan, lampung gantung yang mewah, dan yang lainnya.

Desain victorian, Sumber: en.natmus.dk
Desain victorian, Sumber: en.natmus.dk

9. Desain Rustic

Bagi Anda yang menyukai unsur-unsur yang berhubungan dengan alam akan lebih cocok menggunakan desain rustic. Sebagian besar material yang digunakan oleh desain yang satu ini berasal dari kayu. Penggunaan desain rustic ini akan memberikan kesan yang hangat.

Desain rustic, Sumber: countryliving.com
Desain rustic, Sumber: countryliving.com

Itulah tadi beberapa jenis desain interior yang bisa Anda jadikan referensi dalam pemilihan desain yang cocok Anda gunakan. Anda bisa menciptakan desain rumah impian yang aman, nyaman, dan estetik sesuai keinginan Anda. Percayakanlah kepada jasa desain rumah profesional untuk mewujudkan bangunan impian Anda tersebut. PT Eticon Rekayasa Teknik akan dengan senang hati membantu mewujudkan rumah yang Anda impikan selama ini.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.