Memanfaatkan Loteng Rumah, Bisa Jadi Apa Aja?

Ruang kerja, Sumber: treehouse.co

Memanfaatkan Loteng Rumah – Apa itu loteng rumah? Loteng rumah adalah ruangan yang ada di atas lantai langit-langit rumah, namun masih dibawah atap. Bisa juga dikatakan bahwa loteng ini merupakan ruang tambahan di bawah atap. Biasanya loteng hanya digunakan sebagai tempat penyimpanan barang (gudang) yang kurang terawat. Sehingga membuat ruangan tersebut menjadi kotor dan berdebu, bahkan tidak jarang menjadi sarang tikus.

Kebanyakan bentuk dari loteng rumah ini menyerupai segitiga, hal tersebut disebabkan oleh bentuk atap rumah yang meruncing ke atas. Jika Anda ingin memanfaatkan loteng rumah menjadi tambahan ruangan yang cantik, maka Anda perlu memastikan bahwa struktur plafon yang digunakan sebagai alas loteng sudah cukup kuat untuk diinjak. Karena nantinya Anda akan menggunakan loteng untuk berbagai aktivitas.

Untuk mendesain loteng agar bisa dimanfaatkan sebagai ruangan yang lebih fungsional, maka Anda memerlukan seorang ahli. Anda bisa meminta bantuan dari jasa desain rumah untuk merenovasi loteng menjadi ruangan yang cantik dan estetik. Dengan begitu Anda bisa mengubah ruangan yang tadinya kotor dan lembab menjadi ruangan yang cantik dan fungsional.

Memanfaatkan loteng yang ada di rumah, Sumber: homesaura.com
Memanfaatkan loteng yang ada di rumah, Sumber: homesaura.com

Inspirasi Ruangan dalam Memanfaatkan Loteng Rumah

Biasanya loteng hanya digunakan sebagai tempat penyimpanan barang-barang yang sudah tidak dipakai. Namun sebenarnya, loteng rumah bisa dimanfaatkan menjadi ruangan yang lebih fungsional lagi dari hal itu. Apalagi untuk Anda yang memiliki rumah yang sempit dan perlu ruangan tambahan, loteng rumah bisa jadi solusinya. Berikut beberapa ide yang bisa Anda jadikan referensi untuk mengubah loteng rumah Anda.

1. Kamar Tidur

Ruangan di bawah atap rumah ini bisa Anda manfaatkan menjadi kamar loteng minimalis yang cantik. Anda bisa mendesain loteng menjadi kamar tidur sesuai dengan keinginan Anda. Sama seperti kamar pada umumnya, Anda bisa menambahkan beberapa jendela di loteng tersebut agar cahaya dapat masuk ke ruangan.

Anda bisa menambahkan berbagai dekorasi menarik lainnya supaya kamar menjadi terlihat lebih nyaman. Meskipun dulunya bekas gudang dan tidak terawat, namun nyatanya loteng bisa di alih fungsikan menjadi tambahan ruangan yang cantik seperti kamar tidur.

Kamar tidur, Sumber: storables.com
Kamar tidur, Sumber: storables.com

2. Home Theater

Anda juga bisa memanfaatkan loteng rumah menjadi home theater. Jika Anda ingin menikmati nonton film bersama keluarga menjadi lebih berkesan, maka bisa membuat home theater sendiri di rumah. Supaya tidak mengganggu ketenangan tetangga sekitar, Anda bisa mendesain ulang loteng rumah menjadi home theater sesuai dengan keinginan Anda.

Home theater, Sumber: treehouse.co
Home theater, Sumber: treehouse.co

3. Ruang Keluarga

Untuk menghabiskan waktu bersama keluarga setelah seharian beraktivitas bisa Anda lakukan di ruang keluarga. Anda bisa menciptakan suasana hangat dan nyaman untuk mengobrol di ruang keluarga ini. Loteng bisa menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai ruang keluarga yang nyaman. Bersantai di ruang keluarga ini bisa Anda jadikan pilihan apabila ingin menghilangkan penat.

Anda bisa mendesain ruangan ini senyaman mungkin dan sesuai dengan keinginan Anda. Letakkan beberapa furniture penunjang seperti sofa, meja, dan dekorasi dinding yang lainnya. Anda dan keluarga bisa bersantai lebih leluasa di ruang keluarga ini tanpa takut terganggu aktivitas dari tetangga lainnya. Karena posisi loteng di atas, jadi bisa lebih terminimalisir dari suara bising yang mungkin masuk ke dalam rumah.

Ruang keluarga, Sumber: weprofile.it
Ruang keluarga, Sumber: weprofile.it

4. Ruang Kerja

Bagi Anda yang workaholic, tentu saja memiliki ruang kerja di rumah dapat mempermudah pekerjaan Anda. Anda bisa menjadi lebih fokus apabila mengerjakan segala sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan di ruang kerja ini. Anda bisa memanfaatkan loteng rumah sebagai solusi untuk menciptakan ruang kerja dengan suasana yang tenang dan mendukung.

Jika tidak memiliki ruang khusus untuk kerja, terkadang Anda merasa terganggu dengan aktivitas dari anggota keluarga yang lainnya. Jadi lebih baik memiliki ruanga kerja sendiri yang tempatnya jauh dari kerumunan. Maka loteng rumah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ruang kerja, Sumber: treehouse.co
Ruang kerja, Sumber: treehouse.co

5. Ruang Baca

Pada kenyataannya, loteng juga bisa dijadikan sebagi ruang baca yang nyaman. Anda bisa menciptakan perpustakaan mini di rumah dengan menggunakan loteng. Desain ruang baca tersebut senyaman mungkin, Anda bisa menambahkan kursi, meja, bahkan beberapa lampu. Bahkan Anda juga bisa mendesainnya seperti perpustakaan-perpustakaan besar.

Baca juga: Mengenal Konsep Rumah Gaya Arsitektur Tropis

Ketika Anda ingin membaca buku dan menikmati waktu bersantai, Anda bisa menggunakan ruang baca ini. Suasana yang jauh dari kebisingan akan membuat Anda lebih tenang dan nyaman membaca buku.

Ruang baca, Sumber: Pinterest
Ruang baca, Sumber: Pinterest

6. Ruang Bermain Anak

Supaya rumah tidak berantakan karena mainan anak yang bertebaran dimana-mana, ada baiknya Anda membuatkan ruangan khusus untuk anak Anda bermain. Anda bisa memanfaatkan loteng rumah sebagai ruang bermain anak yang menyenangkan. Karena letaknya di atas, maka pastikan Anda memberikan tambahan keamanan agar anak tetap aman saat bermain.

Desainlah ruangan ini sesuai dengan kesukaan si kecil. Anda bisa menambahkan beberapa rak untuk meletakkan berbagai mainan yang anak Anda miliki. Sediakan juga meja dan kursi mini untuk anak Anda belajar.

Ruang bermain anak, Sumber: Pinterest
Ruang bermain anak, Sumber: Pinterest

7. Walk in Closet

Loteng rumah juga bisa Anda manfaatkan sebagai walk in closet. Jadi Anda tidak perlu bingung-bingung lagi untuk menyimpan pakaian dan berbagai aksesoris yang Anda miliki. Desainlah walk in closet sesuai dengan yang Anda inginkan, buatlah desain yang simple namun tetap terlihat elegan. Meskipun di loteng, walk in closet ini bisa tetap terlihat memukau.

Walk in Closet, Sumber: smalldesignideas.com
Walk in Closet, Sumber: smalldesignideas.com

Itulah tadi beberapa inspirasi yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan loteng rumah. Anda bisa menciptakan desain rumah impian yang aman, nyaman, dan estetik sesuai keinginan Anda. Percayakanlah kepada jasa desain rumah profesional untuk mewujudkan bangunan impian Anda tersebut. PT Eticon Rekayasa Teknik akan dengan senang hati membantu mewujudkan rumah yang Anda impikan selama ini.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *