Jenis Lantai pada Rumah (Interior Makin Menarik)

Lantai marmer yang mewah, Sumber: 99.co

Lantai adalah sebuah permukaan paling bawah dari rumah yang diinjak oleh penghuninya. Selain itu, lantai juga merupakan salah satu material penting di dalam pembuatan rumah. Bukan hanya 1 jenis saja, namun ada berbagai jenis lantai pada rumah yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik interior ruangan sesuai dengan keinginan Anda.

Jadi pada saat akan membangun rumah selain memperhatikan struktur bangunan, Anda juga perlu memilih jenis lantai pada rumah yang sesuai. Sesuaikan jenis lantainya dengan yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan jasa desain bangunan yang profesional untuk membuatkan desain rumah idaman, sampaikan juga perihal jenis lantai yang Anda inginkan kepada jasa tersebut.

Perhatikan jenis lantai dengan desain interior yang Anda gunakan di rumah. Ketika lantai rumah dan desainnya sesuai maka akan menciptakan kolaborasi yang indah pada interior rumah. Jadi jangan ragu untuk berkonsultasi dengan jasa desain rumah mengenai berbagai hal yang menyangkut keindahan, kenyamanan, hingga keamanan bangunan rumah.

Mengenal jenis lantai pada rumah, Sumber: houzz.com
Mengenal jenis lantai pada rumah, Sumber: houzz.com

Berbagai Jenis Lantai pada Rumah

Ada berbagai jenis material lantai yang bisa Anda gunakan di rumah dan dapat disesuaikan juga dengan desain interior yang Anda miliki. Sehingga interior rumah menjadi semakin menarik apabila kolaborasi desain interior dan lantainya sesuai. Berikut beberapa jenis lantai yang bisa Anda terapkan di rumah.

1. Lantai Tegel atau Ubin

Lantai tegel atau ubin merupakan salah satu jenis lantai yang masih digunakan hingga sekarang, khususnya pada bangunan yang menggunakan konsep vintage. Biasanya lantai tegel ini masih ada pada bangunan-bangunan zaman dulu. Dulunya tegel ini terbuat dari campuran semen dan pasir dan hanya memiliki satu pilihan warna saja yakni abu-abu tua.

Setelah berkembangnya zaman, saat ini tegel sudah memiliki banyak ragam warna yang dapat dikombinasikan dengan lantai keramik supaya tidak terkesan monoton. Kesan vintage yang terpancar dari jenis lantai yang satu ini juga digemari oleh orang-orang yang ada di luar negeri. Tidak ada salahnya menggunakan lantai tegel untuk Anda yang memiliki rumah dengan desain vintage.

Lantai tegel atau ubin, Sumber: tegelpriyayi.com
Lantai tegel atau ubin, Sumber: tegelpriyayi.com

2. Lantai Keramik

Jenis lantai pada rumah yang satu ini paling mudah dijumpai karena banyak sekali yang menggunakannya. Keramik tidak hanya digunakan untuk rumah saja, namun berbagai bangunan lainnya juga pada umumnya menggunakan keramik sebagai lantainya. Ada berbagai jenis lantai keramik yang bisa Anda gunakan untuk memperindah hunian Anda.

Lantai keramik memiliki berbagai macam warna dan model yang beragam, itulah yang menjadi alasan mengapa banyak yang suka menggunakan keramik. Selain itu perawatan keramik juga termasuk cukup mudah, jadi banyak yang semakin menyukai jenis lantai yang satu ini.

Lantai keramik untuk mempercantik rumah, Sumber: rumahkuunik.com
Lantai keramik untuk mempercantik rumah, Sumber: rumahkuunik.com

3. Lantai Marmer

Lantai yang satu ini merupakan salah satu jenis lantai rumah mewah. Ketika diaplikasikan di dalam rumah, ruangan akan memancarkan kesan yang glamour dan elegan. Jadi tidak heran banyak yang suka dengan lantai rumah ini meskipun harganya terbilang mahal. Jenis lantai marmer ini merupakan batuan yang terbentuk selama kurun waktu ratusan tahun yang lalu dan termasuk jenis batuan yang tidak bisa diperbaharui.

Perlu Anda ketahui bahwa marmer ini tidak hanya digunakan pada bagian lantai saja, namun juga bisa digunakan untuk berbagai tempat. Misalnya saja diaplikasikan pada dinding hingga meja dapur. Sehingga tidak heran semakin banyak yang menginginkan lantai marmer sebagai penunjang keindahan di tempat tinggalnya.

Lantai marmer yang mewah, Sumber: 99.co
Lantai marmer yang mewah, Sumber: 99.co

4. Lantai Granit

Untuk jenis lantai pada rumah yang satu ini hampir sama dengan marmer. Granit juga memiliki harga yang terbilang cukup mahal. Hal ini disebabkan oleh bahan dari granit ini berasal dari batu alami yang terbuat dari magma yang sudah mendingin dan berada di bawah tekanan ekstrim selama ratusan tahun. Jadi tidak heran jika granit ini memiliki harga yang mahal dan juga memancarkan kemewahan di dalamnya.

Lantai granit yang mempesona, Sumber: Pinterest
Lantai granit yang mempesona, Sumber: Pinterest

5. Lantai Vinyl

Apabila Anda cenderung cepat bosan dengan sesuatu hal, jenis lantai yang satu ini cocok sekali digunakan pada rumah Anda. Pasalnya lantai vinyl ini cukup mudah dalam pengaplikasiannya. Hampir mirip dengan wall sticker yang dibagian bawahnya terdapat lem atau perekat untuk ditempelkan pada keramik rumah.

Jadi ketika Anda bosan dengan motifnya, Anda bisa melepas dan menggantinya dengan motif yang lainnya. Untuk perawatan dari lantai vinyl ini juga cukup mudah seperti lantai keramik. Selain itu jenis lantai ini juga tahan terhadap api dan air, sehingga bisa menjadi pilihan yang sesuai dengan Anda.

Lantai vinyl untuk rumah, Sumber: propertyguru.com
Lantai vinyl untuk rumah, Sumber: propertyguru.com

6. Lantai Kayu

Untuk Anda yang menginginkan suasana rumah yang lebih alami, maka bisa menggunakan lantai kayu sebagai lantainya. Lantai kayu juga sangat nyaman ketika diinjak, jadi Anda tidak perlu menggunakan sandal ketika di dalam rumah. Supaya lantai kayu semakin awet dan tahan lama, Anda bisa merawatnya dengan rutin melakukan pengecatan ulang (recoating).

Lantai kayu yang menciptakan kesan hangat, Sumber: interiofloors.com
Lantai kayu yang menciptakan kesan hangat, Sumber: interiofloors.com

Itulah tadi informasi mengenai berbagai jenis lantai yang bisa Anda gunakan pada rumah agar lebih cantik. Jadikan rumah Anda menjadi tempat ternyaman dan teraman, oleh karena itu pastikan Anda menggunakan jasa desain rumah yang profesional untuk mewujudkannya. Jangan lupa ikuti artikel menarik lainnya seperti tips mendekorasi ruang bermain dan sebagainya. Berbagai artikel tersebut bisa Anda akses di laman website Eticon.

Mau merubah desain rumah agar lebih menarik? Segera hubungi PT Eticon Rekayasa Teknik untuk merealisasikannya. Kami akan senang hati membantu Anda untuk mendapatkan desain rumah sesuai dengan apa yang Anda impikan selama ini.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.