Konsep Rumah Mezzanine, Solusi Tepat untuk Hunian dengan Lahan yang Sempit

Mezzanine bisa diaplikasikan pada berbagai jenis desain yang ada, Sumber: treehouse.co

Memiliki hunian di lahan terbatas, bukan menjadi penghalang bagi Anda untuk mempunyai banyak ruang yang multifungsi. Karena saat ini, permasalahan tersebut bisa dengan mudah diatasi dengan mengadopsi mezzanine. Konsep rumah mezzanine bisa diaplikasikan bagi Anda yang ingin memiliki banyak ruang di hunian namun terhalang lahan yang sempit.

Mengenal Sekilas Tentang Konsep Mezzanine

Bagi mereka yang menerapkan hunian dengan konsep modern tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah mezzanine. Karena mezzanine sendiri sudah banyak dikenal di kalangan masyarakat luas, termasuk di Indonesia. Sebelumnya, lantai mezzanine banyak diaplikasikan di gudang pabrik sebagai ruang penyimpanan. 

Tetapi seiring perkembangan zaman, banyak yang mengaplikasinya untuk kantor, rumah, bahkan terdapat pula tipe apartemen yang mengadopsi konsep mezzanine. Lantas, apa yang dimaksud dengan mezzanine? Mezzanine adalah istilah dari Bahasa Italia “mezzo” yang berarti “bagian tengah”. 

Mengacu pada arti kata tersebut, pengertian mezzanine sendiri adalah bagian atau ruangan tambahan di dalam hunian yang letakkan di antara lantai dasar dan plafon atap bangunan yang tidak begitu luas. Dengan kata lain, mezzanine bisa diartikan sebagai lantai tambahan hanya saja berada di dalam rumah. Atau katakanlah mezzanine adalah balkon di dalam hunian. 

Umumnya, mezzanine adalah ruang terbuka tetapi banyak juga yang memanfaatkan sebagai ruang pribadi. Jadi, konsep rumah mezzanine ini bisa menjadi salah satu tips menata ruangan sempit, karena dengan kehadirannya dapat memberikan tambahan ruangan. Sehingga, bisa dimanfaatkan sebagai area bermain anak, ruang baca, mezzanine ruang tamu, bahkan bisa juga dimanfaatkan sebagai kamar. 

Karena lantai tambahan ini bisa didesain dengan fleksibel sesuai kebutuhan. Mezzanine tidak hanya dapat dibangun di ruangan utama hunian (ruang tamu). Bahkan mezzanine bisa dibangun di area kamar hingga loteng rumah. 

Konsep rumah mezzanine sebagai solusi untuk hunian dengan lahan sempit, Sumber: thearchitectureclub.com
Konsep rumah mezzanine sebagai solusi untuk hunian dengan lahan sempit, Sumber: thearchitectureclub.com

Keuntungan Mengusung Konsep Rumah Mezzanine Minimalis

Sebagai lantai sekaligus ruang tambahan, kehadiran mezzanine tentunya memberikan berbagai manfaat. Mezzanine di hunian modern, tidak lagi memberikan manfaat hanya sebagai ruang tambahan. Tetapi, Anda pun juga akan mendapatkan keuntungan lain, sebagai berikut.

1. Memberikan Ruangan Tambahan

Mengusung konsep rumah mezzanine dapat menjadi salah satu alternatif solusi bagi Anda untuk memaksimalkan ruangan atau area yang ada di hunian. Karena mezzanine dapat memberikan hunian Anda ruangan tambahan, yang meskipun tidak terlalu besar namun cukup digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan. 

Area tambahan ini dapat dimanfaatkan untuk menyimpan dan menata banyaknya barang yang dimiliki. Atau bahkan bisa dimanfaatkan sebagai ruangan multifungsi. Opsi desainnya yang fleksibel, memungkinkan Anda untuk memanfaatkan mezzanine untuk berbagai kebutuhan.

2. Memberikan Kesan Unik dan Berbeda

Tidak terlepas dari pemanfaatan ruangan sesuai fungsi yang ditentukan sebelumnya, kehadiran area mezzanine juga dapat meningkatkan aspek unik dan estetik pada interior hunian Anda. Kesan estetik disini artinya, hunian menjadi lebih modern, kekinian, hingga memberikan kesan unik dan berbeda dari lainnya.

Bagaimana tidak, mezzanine memungkinkan Anda memiliki balkon di dalam rumah. Sehingga akan membuat penghuninya merasa lebih betah untuk tinggal maupun beraktivitas di dalamnya. Ini juga berlaku pada aspek kenyamanan ketika ada tamu yang berkunjung.

Lantai mezzanine mampu memberikan kesan unik pada sebuah hunian, Sumber: id.pinterest.com
Lantai mezzanine mampu memberikan kesan unik pada sebuah hunian, Sumber: id.pinterest.com

3. Lebih Menghemat Budget

Dibandingkan melakukan renovasi maupun menambah lantai baru, mengaplikasikan konsep rumah mezzanine tergolong lebih menghemat budget. Karena untuk membangunnya tidak membutuhkan material-material semen atau cor yang membutuhkan biaya tinggi.

Dalam pengaplikasiannya, mezzanine dibangun menggunakan material seperti kayu jati hingga baja ringan saja sesuai dengan custom furniture. Sehingga area satu ini bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin menambah lantai rumah namun dengan budget pas-pasan. 

4. Dapat Diaplikasikan ke Berbagai Desain

Keuntungan lain dari adanya mezzanine adalah bisa diaplikasikan di segala desain. Kita sepakat bahwa hunian memiliki berbagai desain dan tema sesuai kebutuhan dan selera penghuninya. 

Dengan fakta seperti ini, bukan menjadikan alasan untuk tidak mengadopsi mezzanine pada hunian. Karena mezzanine bisa diaplikasikan untuk segala desain hunian tanpa harus melakukan renovasi atau mengubahnya lagi dari nol. Mulai dari minimalis, rustik, hingga bohemian.

Apa yang Harus Diperhatikan Pada Mezzanine? 

Jika Anda tertarik mengaplikasikan konsep rumah mezzanine, terdapat beberapa hal yang sangat penting diperhatikan. Dengan begitu, pembangunannya akan tepat dan fungsinya dapat dirasakan secara maksimal. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan pada mezzanine?

1. Pencahayaan Ruangan

Dalam membangun mezzanine, hal utama yang harus diperhatikan adalah pencahayaan ruangan. Bukan hanya pencahayaan area mezzanine, melainkan juga ruangan utama di luar ruang mezzanine.

Pastikan dalam pembangunannya, posisi atau lokasi dibangunnya mezzanine tidak menghalangi akses cahaya masuk ke ruang utama. Agar ruangan utama tetap mendapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari.

Mezzanine sebagai tambahan ruang pada hunian, Sumber: izi-by-edf.fr
Mezzanine sebagai tambahan ruang pada hunian, Sumber: izi-by-edf.fr

2. Standar Luas dan Tinggi Mezzanine

Luas dan tinggi, dua elemen yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Karena hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan mezzanine ketika digunakan. Mezzanine yang terlalu sempit, akan membuatnya menjadi sumpek. Pun, jika terlalu luas akan membuat ruangan utama menjadi kurang lega.

Umumnya, mezzanine hanya memakan maksimal sepertiga dari luas ruangan utama. Itu sudah lebih dari cukup untuk digunakan sebagai sebuah ruangan. Sementara tinggi plafon rumah yang memungkinkan dibuat mezzanine minimal di kisaran 440 cm. Serta tinggi mezzanine dari lantai dasar rumah ke lantai dasar mezzanine adalah kurang lebih 2 meter. 

3. Area Bawah Mezzanine

Ketika memutuskan untuk membuat area satu ini, tentu ruang utama di bawah mezzanine akan memiliki langit-langit atau plafon yang lebih rendah dari biasanya. Karena itu, Anda perlu mempertimbangkan ruangan apa yang akan menjadi ruangan di bawah mezzanine.

Di samping itu, pastikan juga bahwa ruangan di bawah mezzanine memiliki pencahayaan yang maksimal dengan tambahan lampu.

4. Pemilihan Material Mezzanine

Meskipun hanya digunakan sebagai ruangan tambahan, namun pemilihan material untuk mezzanine tetap harus diperhatikan dan harus sesuai dengan standar. Pastikan bahwa lantai mezzanine terbuat dari material dengan durabilitas baik agar mezzanine tetap berdiri kuat dan kokoh.

Sehingga akan memberikan kenyamanan dan keselamatan ketika digunakan, juga tidak memberikan potensi berbahaya bagi yang menggunakannya.

Mezzanine bisa diaplikasikan pada berbagai jenis desain yang ada, Sumber: treehouse.co
Mezzanine bisa diaplikasikan pada berbagai jenis desain yang ada, Sumber: treehouse.co

Membangun Konsep Rumah Mezzanine Bersama Ahlinya

Bagaimana, tertarik mengaplikasikan konsep rumah mezzanine dengan berbagai keuntungan? Mewujudkan rumah dengan konsep mezzanine memang gampang-gampang susah. Karena perlu pertimbangan yang pas, agar bisa memberikan ruangan yang tepat pula. Karenanya, semua perlu direncanakan dan dipersiapkan secara matang.

Apabila Anda berniat mengaplikasikan mezzanine di dalam sebuah hunian, Anda bisa mengkonsultasikan kepada ahlinya terlebih dahulu. Dalam hal ini peran serta dari jasa desain dan perencanaan profesional begitu dibutuhkan. Karena bersama ahlinya, Anda bisa leluasa melakukan konsultasi perihal mezzanine yang ingin diaplikasikan, agar tidak salah langkah. 

Jika Anda mencari jasa desain dan perencanaan profesional dengan track record serta tenaga ahli, PT. Eticon Rekayasa Teknik adalah solusi terbaik. Karena kami memiliki tim ahli di bidangnya dan sudah membantu banyak mitra untuk mewujudkan bangunan impian. Jadi, segera hubungi kami dan mewujudkan rencana pembangunan mezzanine hunian bersama kami.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *