Tipe-tipe Apartemen di Kota Besar: Apa Saja?

Bangunan apartemen di Jakarta, Sumber : verde.co.id

Apartemen merupakan sebuah unit hunian mandiri yang menempati sebagian dari sebuah bangunan gedung. Secara umum hunian ini menempati satu lantai pada bangunan bertingkat yang megah dan mewah. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti kolam renang dan yang lainnya. Pada setiap unit, memiliki beberapa tipe-tipe apartemen yang berbeda. Pemilihan tipe tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pemilik unit di apartemen tersebut.

Ada banyak bangunan apartemen yang dikategorikan ke dalam high rise building, karena karakteristik bangunannya sesuai dengan bangunan tinggi atau high rise building. Karakteristik high rise building ini salah satunya ialah memiliki tinggi bangunan minimal 23 meter atau setara dengan bangunan yang memiliki 6 lantai ke atas. Selain itu juga memiliki luas lantai minimal 750 meter persegi hingga maksimal 1500 meter persegi.

Namun ada juga beberapa jenis bangunan tinggi yang tidak masuk ke dalam high rise building karena tidak memenuhi karakteristiknya. Kebanyakan apartemen memiliki bangunan yang sangat tinggi dan mewah, sehingga dalam proses pembangunannya diperlukan perhitungan yang matang agar bangunan kokoh dan kuat menahan beban.

Bangunan apartemen di Jakarta, Sumber : verde.co.id
Bangunan apartemen di Jakarta, Sumber : verde.co.id

Setiap bangunan gedung diperlukan pengawasan serta pemeriksaan secara rutin, supaya sebuah bangunan gedung tetap aman bagi penghuninya. Pengawasan dan pemeriksaan tersebut dilakukan oleh tim pengkaji teknis untuk mengetahui apakah bangunan tersebut laik fungsi atau tidak. Jika sebuah bangunan gedung dinyatakan laik fungsi, maka dapat dibuktikan dengan memiliki Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

Sesuai yang tertuang dalam Undang-undang RI Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, mengenai tolok ukur keandalan bangunan meliputi empat aspek yakni keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan. Apalagi apartemen memiliki bangunan yang tinggi, sehingga memungkin hal-hal yang tidak diinginkan terjadi jika tidak dilengkapi dengan standar dan ketentuan dalam pembangunannya.

Apa Saja Jenis-jenis Tipe Apartemen?

Untuk daerah kota-kota besar, maka tidak asing dengan bangunan tinggi yang difungsikan sebagai apartemen. Namun ternyata setiap unit apartemen memiliki beberapa jenis tipe yang berbeda. Apa saja tipe-tipe apartemen tersebut?

1. Apartemen Classic Six

Apartemen classic six merupakan unit apartemen yang dilengkapi dengan 6 ruangan. Ruangan-ruangan tersebut mencakup 3 kamar tidur, ruang makan, dapur, dan ruang tamu. Untuk bangunan dari apartemen ini biasanya memakai gedung yang usianya sudah tua, yang kemudian dialih fungsikan sebagai apartemen dengan beberapa renovasi. Setelah merombaknya, bangunan apartemen ini akan terlihat lebih elegan dan menawan.

Jenis apartemen ini masih jarang sekali ditemukan di Indonesia, namun untuk wilayah Amerika dan Eropa apartemen ini dapat dengan mudah dijumpai. Bahkan di sana apartemen ini merupakan unit yang populer dikalangan masyarakat sekitar.

Apartemen classic six, Sumber : brownstoner.com
Apartemen classic six, Sumber : brownstoner.com

2. Apartemen Studio

Apartemen studio ini merupakan unit apartemen yang paling banyak digemari oleh masyarakat. Di Indonesia sendiri mudah untuk menemukan tipe ini, karena banyak ditawarkan di pasaran. Hampir mirip seperti kamar kost, apartemen ini hanya memiliki 1 ruangan yang difungsikan untuk berbagai keperluan. Mulai dari kamar tidur, dapur, ruang tv, ruang tamu, ruang maka, hingga tambahan ruang untuk kamar mandi.

Baca juga : Panduan Mengurus SLF (Sertifikat Laik Fungsi) hingga Terbit

Jenis apartemen studio ini cocok digunakan oleh anak muda yang belum menikah, karena desain interior ruangan yang digunakan terlihat simple tapi tetap elegan. Biasanya dihuni oleh mahasiswa maupun karyawan sebagai tempat tinggal yang nyaman.

Apartemen studio, Sumber : agoda.com
Apartemen studio, Sumber : agoda.com

3. Apartemen Convertible

Jenis apartemen convertible ini hampir sama dengan apartemen studio, letak perbedaannya pada luas ruangannya. Untuk apartemen convertible ini memiliki ruangan yang lebih luas dari apartemen studio. Sehingga memungkinkan untuk menambahkan beberapa partisi sebagai sekat antar ruang. Dari segi harga tipe ini lebih ekonomis dibandingkan dengan apartemen 1 kamar.

Apartemen convertible, Sumber : aptamigo.com
Apartemen convertible, Sumber : aptamigo.com

4. Apartemen Alcove

Jenis apartemen selanjutnya adalah alcove, untuk jenis apartemen ini juga tidak berbeda jauh dengan apartemen studio. Ukuran dari apartemen alcove ini sedikit lebih besar ketimbang apartemen studio. Selain itu apartemen jenis ini juga memiliki bentuk letter L, sehingga kamar tidur dapat diletakkan pada belokan tersebut. Jadi ruangan kamar tidur akan terpisah dengan ruangan yang lainnya.

Apartemen alcove, Sumber : apartmenttherapy.com
Apartemen alcove, Sumber : apartmenttherapy.com

5. Apartemen Loft

Apartemen berikutnya ialah apartemen loft, jenis apartemen ini memang jarang ditemukan. Namun ada beberapa kota-kota besar yang memiliki unit apartemen loft ini. Ciri dari apartemen ini dapat dilihat dari tinggi plafon atau langit-langit ruangan yang tingggi, sehingga biasanya akan terdapat tambahan ruangan diantara lantai dengan plafon yang disebut mezzanine.

Mezzanine ini umumnya digunakan sebagai tempat tidur, bahkan untuk wardrobe maupun walk in closet. Kemudian pada bagian bawahnya difungsikan sebagai ruangan lain. Misalnya saja untuk ruang tamu, ruang belajar, dapur, ruang makan, dan yang lainnya.

Apartemen loft, Sumber : zumper.com
Apartemen loft, Sumber : zumper.com

6. Apartemen Garden

Apartemen garden merupakan sebuah apartemen yang memiliki taman atau ruang hijau terbuka. Biasanya taman tersebut bersifat privat dan hanya bisa diakses oleh pemilik unit apartemen tersebut. Pemakaian istilah apartemen garden ini juga bisa diterapkan pada gedung apartemen yang memiliki taman dengan halaman yang luas.

Apartemen garden, Sumber : traveloka.com
Apartemen garden, Sumber : traveloka.com

7. Apartemen 1,2,3 Kamar

Jenis apartemen ini biasanya digunakan oleh orang yang sudah berkeluarga. Karena di dalam unit ini terdapat beberapa kamar serta dilengkapi dengan berbagai ruangan lainnya. Jika dilihat secara kasat mata, apartemen jenis ini hampir sama dengan rumah-rumah pada umumnya. Memiliki berbagai ruangan yang dapat difungsikan dengan berbagai kebutuhan.

Apartemen 1,2,3 kamar, Sumber : liveonhillsborough.com
Apartemen 1,2,3 kamar, Sumber : liveonhillsborough.com

8. Apartemen Penthouse

Apartemen yang satu ini merupakan jenis apartemen yang memiliki ruangan yang paling luas dari jenis apartemen lainnya. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas canggih, salah satunya adalah terdapat lift pribadi di dalamnya. Hunian yang letaknya paling atas dari sebuah bangunan apartemen ini cukup populer di luar negeri. Keindahan pemandangan yang terlihat dari unit ini membuatnya nampak semakin eksklusif dan mewah.

Apartemen penthouse, Sumber : secretagent.com.au
Apartemen penthouse, Sumber : secretagent.com.au

Untuk memdirikan sebuah bangunan gedung diperlukan berbagai perhitungan yang matang, agar saat sudah dioperasikan bangunan tersebut dapat menjamin keamanan dan keselamatan penghuninya. Ada berbagai persyaratan struktur bangunan gedung yang perlu dipenuhi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *