Konsultan Jasa SLF Berpengalaman di Samarinda

Konsultan jasa SLF, Sumber : PT Eticon Rekayasa Teknik

Konsultan SLF Samarinda – Kota Samarinda merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki jumlah penduduk terbesar di pulau Kalimantan. Luas wilayah Samarinda hanya 0,56% dari luas Provinsi Kalimantan Timur, sehingga menjadikannya menduduki peringkat ketiga daerah terkecil setelah Bontang dan Balikpapan. Walaupun termasuk wilayah terkecil, Samarinda termasuk ke dalam wilayah yang padat penduduk.

Fasilitas kesehatan yang dimiliki Samarinda juga cukup lengkap di Provinsi Kaliman Timur. Hal itu dikarenakan banyaknya masyarakat yang tinggal di kota tersebut, sehingga Pemerintah Kota Samarinda menyediakan saranan dan prasana yang memadai bagi masyarakat. Selain fasilitas kesehatan, di Samarinda juga terdapat perguruan tinggi yang mendukung kesehatan, seperti Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman.

Selain fasilitas kesehatan dari Pemkot Samarinda yakni Rumah Sakit Umum Daerah I.A Moeis, ada pula fasilitas kesehatan yang dibangun oleh swasta. Misalnya saja seperti Rumah Sakit Dirgahayu, Rumah Sakit Islam, Rumah Sakit Samarinda Medica Citra, Rumah Sakit H.Darjad, dan masih banyak bangunan fasilitas kesehatan lainnya.

Proses pembangunan sebuah gedung, Sumber : stellamariscollege.org
Proses pembangunan sebuah gedung, Sumber : stellamariscollege.org

Jika dilihat dari perkembangannya, Kota Samarinda terus mengalami peningkatan penduduk. Oleh sebab itu, diperkirakan akan ada pertambahan bangunan yang difungsikan untuk kepentingan umum, bisnis, maupun perseorangan. Untuk menjaga kualitas bangunan gedung, maka diperlukan pemantauan serta pengawasan mengenai kelayakan sebuah gedung.

Menurut amanat dari Undang-undang RI Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, mengenai tolok ukur keandalan bangunan melalui empat aspek yakni keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan. Hal tersebut dapat dilihat dari kepemilikan Sertifikat Laik Fungsi atau biasa dikenal dengan SLF. SLF diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat, yang dalam kasus ini berarti Pemerintah Kota Samarinda.

Mengenal Sertifikat Laik Fungsi atau SLF

Sertifikat Laik Fungsi atau SLF merupakan seritifikat yang diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat untuk bangunan gedung yang sudah selesai dibangun sesuai dengan Izin Mendirikan Bangunan atau IMB. SLF akan diberikan ketika bangunan gedung dibangun sesuai dengan IMB dan sudah memenuhi persyaratan dari fungsi bangunan, yang berdasarkan hasil pemeriksaan dari instansi atau jasa SLF yang terkait.

Apabila anda berada di Kota Samarinda dan memerlukan SLF sebagai kewajiban dalam pembangunan gedung, maka ketentuan terkait SLF sudah diatur dan ditetapkan oleh Walikota Samarinda. Ketentuan tersebut sudah tertuang dalam Peraturan Walikota Samarinda Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung.

Hal tersebut dimaksudkan agar bangunan gedung yang telah selesai dibangun ataupun yang sudah difungsikan untuk berbagai kepentingan tetap aman digunakan. Sehingga bangunan gedung tidak akan membahayakan penghuni yang menggunakan gedung tersebut untuk kepentingan umum, bisnis, maupun perseorangan.

Sertifikat Laik Fungsi tentu saja memiliki masa berlaku yang telah ditentukan. Masa berlaku Sertifikat Laik Fungsi (SLF) untuk rumah tinggal tunggal ataupun rumah tinggal deret berlaku selama 20 tahun. Sedangkan masa berlaku SLF untuk bangunan gedung yang lainnya berlaku selama 5 tahun.

Ilustrasi uji kelaikan bangunan gedung, Sumber : PT Eticon Rekayasa Teknik
Ilustrasi uji kelaikan bangunan gedung, Sumber : PT Eticon Rekayasa Teknik

Mengapa Perlu SLF?

Kepemilikan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) pada sebuah bangunan gedung dibuat bukan dengan tanpa tujuan. Ada beberapa fungsi serta tujuan dibuatnya Sertifikat Laik Fungsi pada sebuah bangunan gedung.

1. Kepastiaan Hukum

Selain memastikan bahwa sebuah bangunan gedung sudah laik untuk difungsikan, SLF juga bertujuan untuk memberikan kepastiaan hukum. Sehingga apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan selama penggunaan gedung, misalnya terjadi kecelakaan kerja dapat di urus secara legal. Walaupun melalui proses hukum yang berlaku, karena sudah memiliki SLF.

2. Memberikan Rasa Percaya Terhadap Penghuni Gedung

Jika bangunan gedung difungsikan untuk kepentingan publik seperti pelayanan kesehatan, penginapan atau hotel maka dapat memberikan rasa percaya terhadap penghuninya. Secara tidak langsung, penghuni di gedung tersebut merasa nyaman dan aman karena bangunan sudah laik fungsi. Sehingga pihak pengelola juga tidak akan merasa cemas mengenai bangunan tersebut.

3. Kualitas Bangunan Terjamin

Dengan adanya pemantauan serta pengawasan mengenai kelayakan bangunan, maka kualitas dari bangunan tersebut sudah terjamin. Sertifikat Laik Fungsi memperhitungkan seluruh aspek yang ada dalam pembangunan sebuah gedung. Mulai dari instalasi listrik, pembuangan limbah, dan lain sebagainya. Sehingga bangunan gedung benar-benar terjamin kualitasnya.

Persyaratan Pembuatan SLF di Samarinda

Jika melihat pada Peraturan Walikota Samarinda Nomor 6 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Bangunan Gedung, maka terdapat beberapa persyaratan administratif dan persyaratan teknis mengenai penerbitan SLF yang perlu anda persiapkan.

1. Persyaratan Administrasi

  • Memiliki surat bukti hak atas tanah
  • Memiliki surat bukti kepemilikan pada bangunan gedung
  • Memiliki dokumen IMB

2. Persyaratan Teknis

  • Persyaratan tata bangunan yang meliputi peruntukan bangunan gedung, intensitas bangunan gedung, arsitektur bangunan gedung, dan pengendalian dampak lingkungan.
  • Persyaratan keandalan bangunan gedung yang meliputi aspek keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan pada bangunan gedung yang dimaksud.

Supaya memudahkan dalam hal menerbitkan Sertifikat Laik Fungsi, maka pemilik gedung dapat bekerja sama dengan perusahaan pengkaji teknis atau konsultan penyedia jasa SLF Samarinda. Maksud dari pengkaji teknis tersebut adalah badan usaha atau perorangan yang memiliki status badan hukum atau memiliki sertifikat badan usaha untuk melakukakan pengkajian teknis atas kelaikan fungsi sebuah bangunan gedung.

Perlu diketahui bahwa penyedia jasa SLF yang bersifat perorangan hanya bisa melakukan pengkajian teknis pada bangunan yang memiliki risiko kecil dan berbiaya kecil. Sedangkan untuk menerbitkan Sertifikat Laik Fungsi bagi bangunan gedung, maka diperlukan konsultan penyedia jasa SLF Samarinda yang memiliki status badan hukum. Selain itu juga harus memiliki rekomendasi dari instansi yang terkait pengkajian teknis.

Konsultan jasa SLF, Sumber : PT Eticon Rekayasa Teknik
Konsultan jasa SLF, Sumber : PT Eticon Rekayasa Teknik

PT Eticon Rekayasa Teknik

Perusahaan kami, PT Eticon Rekayasa Teknik merupakan konsultan atau penyedia jasa SLF profesional yang ada di Kota Samarinda. Kami dibekali pengalaman dalam uji kelaikan fungsi sebuah bangunan gedung. Selain itu kami juga memiliki tenaga yang ahli dan profesional dengan berbagai latar belakang keilmuan, seperti teknik sipil dan arsitektur.

Tidak hanya itu saja, tenaga ahli kami juga meliputi bidang utilitas bangunan, desain lanskap, MEP (Mechanical, Electrical, and Plumbing), desain interior, manajemen HSE (health, safety, environment), serta bidang keilmuan lain. Selain itu perusahaan kami juga merupakan bagian dari keanggotaan Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Untuk mendapatkan layanan dari jasa SLF di Samarinda atau uji kelaikan bangunan gedung, maka anda dapat menghubungi perusahaan kami melalui kontak yang tertera pada laman website PT Eticon Rekayasa Teknik.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *