Manfaat dari Hutan Mangrove Selain Untuk Wisata Apa Saja?

Manfaat hutan bakau, Sumber: geografi.org

Hutan mangrove dikenal juga dengan sebutan hutan bakau. Hutan mangrove merupakan hutan yang berada di daerah air payau dan lekat dengan pasang surut air laut. Di Indonesia sendiri memiliki hutan mangrove dengan luas sekitar 2,5 hingga 4,5 juta hektar. Bahkan luas hutan mangrove yang ada di Indonesia masuk ke dalam hutan mangrove terluas di dunia. Lalu sebenarnya apa saja manfaat dari hutan mangrove ini?

Selain sebagai tempat untuk pengembangan wisata, ada berbagai manfaat dari hutan mangrove ini. Salah satu manfaatnya datang dari segi lingkungan. Sudah seharusnya sebagai makhluk yang tinggal di bumi untuk menjaga kelestarian alam sekitar agar tidak terjadi kerusakan. Sebagian kerusakan di muka bumi ini terjadi akibat ulah manusia yang tidak mempedulikan kesehatan lingkungan.

Ekosistem mangrove yang ada di Indonesia cukup besar, dilansir dari Wikipedia bahwa luas hutan mangrove yang ada di Indonesia mencapai 25% dari keseluruhan mangrove yang ada di dunia. Tapi sayangnya, sebagian dari hutan magrove di Indonesia mengalami kondisi yang memprihatinkan. Oleh sebab itu sampai saat ini, pemerintah terus berupaya untuk merehabilitasi hutan mangrove.

Menurut Peraturan Menteri Kehutanan No.03/MENHUT-V/2004, pengertian dari rehabilitasi hutan mangrove adalah upaya mengembalikan fungsi hutan mangrove yang mengalami degradasi, kepada kondisi yang dianggap baik dan mampu mengemban fungsi ekologis dan ekonomis. Hal ini akan terus diupayakan untuk mencegah semakin berkurangnya ekosistem hutan mangrove yang ada di Indonesia.

Pentingnya hutan mangrove bagi kehidupan, Sumber: mangrovemagz.com
Pentingnya hutan mangrove bagi kehidupan, Sumber: mangrovemagz.com

Manfaat dari Hutan Mangrove

Ada berbagai manfaat hutan mangrove yang penting dan perlu Anda ketahui. Karena manfaat tanaman bakau ini berhubungan langsung dengan lingkungan dan kehidupan makhluk hidup. Berikut di bawah ini manfaat hutan mangrove bagi masyarakat maupun lingkungan sekitar.

1. Pengembangan Pariwisata

Hal pertama dari manfaat hutan bakau adalah untuk pengembangan pariwisata. Secara tidak langsung, dengan dibukanya hutan mangrove sebagai destinasi wisata dapat menambah perekonomian negara. Ada beberapa hutan mangrove di Indonesia yang dijadikan sebagai destinasi wisata. Meskipun dibuka untuk wisata, namun perlu diperhatikan mengenai perawatannya agar hutan mangrove tidak rusak dan tetap terjaga.

2. Mencegah Terjadinya Erosi

Salah satu fungsi utama dari hutan mangrove adalah mencegah terjadinya erosi di daerah pantai. Erosi pantai yang terjadi dapat mengancam keselamatan makhluk hidup, oleh sebab itu dibutuhkan hutan mangrove untuk mencegahnya. Jika dibiarkan saja akan berdampak serius dan bisa terjadi bencana alam yang besar.

3. Penyedia Kayu Bakar

Manfaat hutan bakau selanjutnya adalah sebagai penyedia kayu bakar. Masyarakat yang tinggal di sekitar hutan mangrove memanfaatkan batang pohon mangrove yang sudah kering sebagai kayu bakar. Adanya pemanfaatan batang pohon baku ini membantu mengurangi penggunaan gas, sehingga akan lebih hemat. Selain itu kayu tersebut juga bisa digunakan sebagai material untuk pembuatan bangunan.

Manfaat hutan bakau, Sumber: geografi.org
Manfaat hutan bakau, Sumber: geografi.org

4. Sebagai Habitat Makhluk Laut

Fungsi hutan bakau berikutnya ialah sebagai habitat untuk beberapa makhluk laut. Ada berbagai jenis ikan kecil yang hidup di hutan mangrove ini. Hutan mangrove juga digunakan untuk hewan-hewan ini mencari makanan. Selain makhluk laut ada beberapa hewan darat yang memukimi hutan mangrove, diantaranya ada monyet, burung, kura-kura, dan berbagai hewan lainnya.

5. Membantu Mengurangi Dampak Global Warming

Pemanasan global atau biasa disebut dengan global warming memiliki dampak negatif yang mengancam keselematan makhluk bumi. Mengurangi dampak dari global warming ini merupakan salah satu manfaat dari hutan mangrove. Lingkungan yang sehat dan kawasan hutan mangrove yang terjaga akan membantu mencegah dampak buruk pemanasan global yang lebih parah di masa yang akan datang.

Baca juga: Penjelasan Efek Rumah Kaca: Apa Itu?

6. Membantu Menjaga Iklim

Kerusakan alam dapat menyebabkan terjadinya perubahan iklim yang tidak teratur. Adanya hutan mangrove ini membantu untuk menstabilkan iklim yang terjadi. Jika tidak ada hutan mangrove maka tidak ada yang menjaga keseimbangan ekosistem perairan antara laut, pantai, dan daratan. Sehingga manfaat bakau ini sangatlah penting bagi lingkungan dan manusia.

Destinasi wisata hutan mangrove, Sumber: travel.tempo.co
Destinasi wisata hutan mangrove, Sumber: travel.tempo.co

Cara Melestarikan Hutan Mangrove

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari hutan mangrove, maka saatnya Anda mengetahui bagaimana cara melestarikannya. Dengan menjaga hutan mangrove ini kita telah berupaya untuk menjaga keberlangsungan hidup di saat ini maupun di masa yang akan datang. Berikut beberapa cara untuk melestarikan hutan mangrove.

Melakukan Perbaikan Lingkungan di Sekitar Hutan Mangrove

Fungsi hutan mangrove sangat penting untuk kehidupan, maka dari itu dibutuhkan upaya untuk melestarikannya. Cara pelestarian hutan mangrove yang pertama adalah dengan melakukan perbaikan lingkungan di area sekitar hutan mangrove. Kerusakan yang terjadi pada hutan mangrove salah satunya diakibatkan oleh pencemaran air ataupun tanah. Pencemaran tersebut sebagian besar disebabkan oleh perilaku manusia.

Pencemaran air bisa disebabkan karena banyak yang membuang sampah di laut. Permasalah sampah tersebut hingga saat ini masih menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dan diatasi. Kesadaran dan pemahaman masyarakat akan dampak negatif dari sampah plastik masih kurang. Oleh karena itu perlu melakukan perbaikan terlebih dahulu di sekitar hutan mangrove.

Melakukan Pembibitan Mangrove

Eksploitas yang dilakukan manusia terhadap hutan mangrove dengan mendirikan pemukiman di sekitar pantai, membuat ekosistem hutan mangrove semakin berkurang seiring berjalannya waktu. Hal tersebutlah yang membuat perlu dilakukan pembibitan tanaman mangrove untuk menggantikan mangrove yang hilang akibat ulah manusia.

Pembibitan tersebut bertujuan untuk mempercepat proses regenerasi dari tanaman mangrove. Bibit mangrove ini didapat dari hasil budidaya tanaman mangrove. Dengan melakukan kegiatan ini diharapkan dapat membantu untuk melestarikan hutan magrove.

Pelestarian hutan mangrove, Sumber: klikkalimantan.com
Pelestarian hutan mangrove, Sumber: klikkalimantan.com

Itu tadi informasi mengenai manfaat dari hutan mangrove beserta cara melestarikannya yang telah PT Eticon Rekayasa Teknik sampaikan. Sebagai upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan demi keberlangsungan hidup yang baik di masa yang akan datang, mari kita bersama-sama bersatu untuk mewujudkannya. Untuk mendapatkan informasi lainnya terkait pariwisata, Anda bisa mengakses laman website kami.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *