Manfaat Membersihkan Sungai (Cintai Lingkungan)

Manfaat membersihkan sungai, Sumber: habib-geo.blogspot.com

Manfaat Membersihkan Sungai – Salah satu bentuk cinta terhadap lingkungan ialah dengan membersihkan sungai yang tercemar. Masih banyak sungai-sungai di Indonesia yang tercemar akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab. Sebenarnya jika kita lebih peka terhadap lingkungan, pencemaran tidak akan terjadi. Perlu dilakukan sesuatu sebagai solusi untuk hal tersebut, salah satunya dengan bersatu membersihkan kekacauan ini.

Karena sudah terlanjur terjadi pencemaran, maka salah satu hal yang bisa kita lakukan ialah dengan membersihkannya. Ada berbagai faktor yang menyebabkan pencemaran sungai, misalnya saja pembuangan limbah rumah tangga yang sembarangan. Sampah rumah tangga ini tidak hanya berasal dari rumah warga saja, namun juga dari aktivitas lainnya.

Misalnya saja aktivitas perkantoran, rumah makan, tempat rekreasi, hingga pasar. Limbah tersebut dapat berupa makanan sisa, plastik, air bekas cucian, dan lain sebagainya yang dibuang sembarangan di sungai. Alhasil jika sampah-sampah menumpuk lalu terjadi pencemaran, berbagai bencana seperti banjirpun dapat dengan mudah terjadi.

Manfaat membersihkan sungai, Sumber: habib-geo.blogspot.com
Manfaat membersihkan sungai, Sumber: habib-geo.blogspot.com

Manfaat Membersihkan Sungai

Sungai memiliki banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia, salah satunya sebagai sarana sanitasi. Jadi sudah sewajarnya kita peduli terhadap kebersihan dari sungai dan menjaganya agar tidak tercemar. Saat ini sudah banyak komunitas yang peduli terhadap lingkungan dan bergerak untuk membersihkan sampah-sampah di sungai. Berikut beberapa manfaat membersihkan sampah di sungai yang telah kami rangkum untuk Anda.

Meminimalisir Terjadinya Banjir

Banjir dapat terjadi akibat luapan sungai yang tersumbat oleh tumpukan sampah yang dibuang sembarangan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan membersihkan sungai dengan bergotong royong dapat membantu mengurangi risiko terjadinya banjir. Kesadaran terhadap buang sampah pada tempatnya masih perlu diupayakan lagi, supaya masyarakat lebih peduli dengan lingkungan sekitar.

Untuk mengurangi penggunaan sampah plastik, Anda juga bisa menggunakan tas belanja pengganti plastik. Karena sampah plastik merupakan sampah yang sulit terurai, jadi Anda bisa mengurangi penggunaan sampah plastik tersebut.

Menjaga Ekosistem Sungai

Membersihkan sungai juga membawa manfaat untuk ekosistem sungai. Banyak hewan-hewan yang tinggal di sekitar sungai yang perlu dijaga dan dilindungi. Jika sampah-sampah yang ada di sungai termakan oleh hewan tersebut, maka dapat menyebabkan keracunan. Dampak membersihkan sungai juga dapat dirasakan oleh warga sekitar yang perekonomiannya tergantung dengan sungai, misalnya saja mencari ikan untuk dijual atau dimakan sendiri.

Sebagai Tempat Wisata

Jika sungai sudah bersih dari sampah-sampah yang mencemari, maka sungai bisa dijadikan sebagai tempat wisata. Pengunjung dapat menikmati liburan dengan menghabiskan waktu disungai. Misalnya saja dengan memancing, menaiki perahu, melihat pemandangan di pinggir sungai, bahkan yang lainnya.

Hal tersebut bisa menjadi penambah pendapatan bagi warga sekitar. Namun tetap dengan menjaga kebersihan di sekitar sungai. Warga bisa menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang seperti tempat sampah untuk membuang sampah. Jadi warga bisa menjaga sungai dengan membuang sampah pada tempatnya.

Upaya warga untuk membersihkan sungai, Sumber: goodnewsfromindonesia.id
Upaya warga untuk membersihkan sungai, Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Meminimalisir Gangguan Kesehatan Warga Sekitar

Sungai yang kotor dan kumuh, dapat mengundang berbagai penyakit bagi warganya. Hal itu bisa dikarenakan hewan-hewan seperti lalat yang hinggap di sampah lalu hinggap ke makanan yang dikonsumsi warga. Lalat yang hinggap di makanan akan membawa penyakit seperti diare. Dengan membersihkan sungai, maka kita bisa membantu menjaga kesehatan masyarakat.

Tercukupi Air Bersih

Manfaat dari membersihkan sungai selanjutnya ialah membantu warga sekitar untuk mencukupi ketersediaan air bersih. Sungai yang bersih tentu saja akan menciptakan aliran air yang lebih bersih. Selain warga sekitar yang terbantu, tumbuhan yang ada di sekitar sungai juga ikut terbantu. Karena kualitas air yang baik dapat mempengaruhi kualitas tanah, sehingga membuat tanaman menjadi subur.

Baca juga: Mengintip Permasalahan Sampah di Tempat Wisata

Dampak Tidak Membersihkan Sungai

Setelah Anda mengetahui apa saja manfaat dari membersihkan sungai, sekarang waktunya Anda mengetahui apa saja dampak tidak membersihkan sungai. Apabila dibiarkan terus menerus, sungai akan semakin tercemar dan membawa dampak negatif bagi penduduk sekitar. Berikut beberapa dampak negatif dari pencemaran sungai:

  • Sampah plastik yang tidak teruarai akan menyebabkan racun bagi hewan-hewan kecil yang hidup di sungai. Partikel plastik ini bisa dikonsumsi oleh zooplankton hingga hewan yang ada disekitar sungai, alhasil hewan-hewan tersebut dapat keracunan. Kondisi tersebut dapat membahayakan hewan-hewan yang ada di sungai.
  • Sampah-sampah yang menumpuk akan menarik hewan-hewan seperti lalat yang biasanya membawa penyakit. Penyakit yang ditimbulkan akibat tumpukan sampah tersebut diantaranya ialah kolera, demam berdarah, diare, jamur, hingga tifus.
  • Jika limbah pabrik masuk ke sungai, maka air sungai tidak bisa dimanfaatkan lagi oleh warga sekitar. Selain itu, ikan-ikan yang ada di sungai juga akan mati karena limbah pabrik tersebut.
  • Apabila limbah pabrik yang masuk ke sungai terminum manusia, maka dapat menyebabkan berbagai penyakit dan mengganggu organ manusia. Misalnya saja gangguan pada organ seperti ginjal, hati, dan yang lainnya.
  • Ketersediaan air bersih juga akan berkurang, alhasil warga sekitar sungai akan merasakan krisis air bersih.
  • Keindahan sungai juga menjadi terganggu akibat tumpukan sampah yang membuat kumuh.
  • Dampak yang terasa saat musim penghujan tiba ialah terjadinya banjir. Hampir setiap tahun warga sekitar yang tinggal di sekitaran sungai akan mengalami banjir akibat dari sungai yang terlalu banyak menampung sampah.
Tumpukan sampah yang mencemari sungai, Sumber: nasional.republika.co.id
Tumpukan sampah yang mencemari sungai, Sumber: nasional.republika.co.id

Mari cintai lingkungan dengan membuang sampah ke tempatnya, jangan membuangnya ke sembarang tempat apalagi membuangnya ke sungai. Hal tersebut akan memberikan dampak negatif bagi lingkungan yang pada akhirnya akan terjadi pencemaran yang merugikan semua pihak termasuk kita sendiri. Kita bisa membangun masa depan yang lebih cerah dengan bumi yang sehat dan lingkungan yang bebas dari pencemaran.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *