Atap Rumah Bocor? Atasi dengan Cara Berikut Ini!

Cara atasi atap rumah bocor, Sumber: megapolitan.kompas.com

Ketika musim hujan datang risiko atap mengalami kebocoran semakin meningkat. Untuk atap rumah yang terindikasi bocor, maka perlu di atasi sesegera mungkin supaya tidak menimbulkan dampak yang merugikan. Begitu pula saat pindah rumah atau membangun rumah, Anda perlu memeriksa dan memastikan bahwa bagian atap rumah sudah aman dari kebocoran.

Salah satu dari fungsi rumah ialah untuk tempat berlindung, misalnya saja dari hujan ataupun terik matahari. Lalu jika rumah mengalami kebocoran, Anda tidak bisa menggunakan rumah sebagaimana mestinya. Oleh karena itu pada saat Anda mengetahui bahwa atap rumah terindikasi bocor, ANda harus segera bertindak sebagai upaya untuk atasi permasalahan tersebut.

Sebenarnya Anda bisa mengantisipasi kebocoran ini pada saat sebelum pindah ke rumah tersebut. Anda bisa menggunakan jasa desain rumah yang sudah ahli dan profesional untuk mewujudkan rumah yang anti bocor. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir rumah akan bocor, karena rumah Anda telah ditangani oleh jasa yang sudah ahli dibidang tersebut.

Apabila kebocoran tersebut didiamkan terlalu lama dapat mengakibatkan titik bocor menjadi menyebar, sehingga Anda perlu mengeluarkan biaya perbaikan atap bocor yang tidak sedikit. Anda tidak mau bukan selama musim penghujan rumah menjadi bocor? Maka dari itu jangan menundanya lagi, segera ambil tindakan untuk mengatasinya.

Cara atasi atap rumah bocor, Sumber: megapolitan.kompas.com
Cara atasi atap rumah bocor, Sumber: megapolitan.kompas.com

Cara Atasi Atap Rumah Bocor

Sebelum kebocoran rumah semakin parah, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk menghindarinya. Jangan tunggu hingga atap yang bocor terlalu parah baru Anda atasi, lakukanlah sesegera mungkin untuk menghindari risiko-risiko buruk yang mungkin terjadi. Berikut di bawah ini cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi atap rumah bocor.

1. Bersihkan Sampah yang Ada di Atap

Biasanya jika rumah dikeliling oleh pohon-pohon, maka merupakan hal yang wajar jika terdapat banyak sampah daun di bagian atap ini. Sampah dedaun tersebut jika tidak dibersihkan nantinya akan menyumbat saluran air yang seharusnya dapat turun ke bawah. Jika saluran tertutup daun, maka air tidak dapat turun dengan lancar dan menggenang di atap.

Apabila air tersebut terus-menerus menggenang di atap, maka bisa berisiko terjadi kebocoran. Jadi ketika musim hujan sudah mulai tiba, pastikan bahwa tidak ada sampah di bagian atap ini. Anda bisa atasi masalah atap rumah yang bocor dengan membersihkan sampah sesegera mungkin. Supaya pada saat hujan air dapat mengalir dengan lancar tanpa terjadi sumbatan di salurannya.

Ilustrasi sampah daun, Sumber: mesin.madanitec.com
Ilustrasi sampah daun, Sumber: mesin.madanitec.com

2. Pastikan Rumah Tidak Berdekatan dengan Pohon Tinggi

Meskipun terlihat sepele, namun jika ada pohon tinggi di dekat rumah dapat menyebabkan kebocoran loh. Ranting yang menjulur dapat mengenai atap rumah, apalagi jika tertiup angin. Selain itu pada bagian atap pasti akan ada sampah daun kering yang berjatuhan, seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa sampah daun tersebut dapat menyumbat saluran air yang turun ke bawah.

Baca juga: Ingin Menggunakan Rangka Atap Baja Ringan? Perhatikan Beberapa Poin Ini!

Di khawatirkan juga ranting-ranting yang tertiup angin kencang patah, sehingga mengenai atap rumah. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa memotong ranting-ranting yang sekiranya berada terlalu dekat dengan rumah. Dengan begitu, atap rumah menjadi aman dari ranting-ranting yang bisa patah sewaktu-waktu apabila tertiup angin.

Pohon di dekat rumah, Sumber: jogja.tribunnews.com
Pohon di dekat rumah, Sumber: jogja.tribunnews.com

3. Mengecek Kondisi Ventilasi

Cara mengatasi rumah bocor selanjutnya ialah mengecek kondisi ventilasi. Mengapa demikian? Dengan adanya ventilasi, maka dapat membuat sirkulasi udara menjadi baik. Begitu pula dengan atap, manfaat ventilasi ini juga menghindari atap lembab sehingga tidak mudah keropos. Jika atap rumah keropos maka besar kemungkinan terjadi kebocoran.

Jadi Anda bisa melakukan pengecekan terhadap ventilasi, apakah ventilasi rumah bekerja dengan baik. Sehingga risiko atap rumah bocor dapat Anda atasi dengan sesegera mungkin. Anda juga bisa menambah ventilasi di bagian atap, supaya udara dapat berganti dengan baik dan meminimalisir terjadinya kelembaban di bagian atap.

Ventilasi rumah, Sumber: sunrise-steel.com
Ventilasi rumah, Sumber: sunrise-steel.com

4. Melihat Kemiringan Atap

Salah satu penyebab dari kebocoran ialah atap rumah terlalu landai. Oleh sebab itu, pastikan bahwa kemiringan atap rumah sudah pas dan sesuai. Aturlah kemiringan atap tersebut sesuai dengan standar dan aturan yang tepat. Sebab jika posisi atap terlalu landai, air tidak bisa langsung turun ke bawah dan mengendap di atas. Itulah yang menyebabkan kebocoran pada atap rumah bisa terjadi.

Kemiringan atap, Sumber: blogmaterialbangunan.com
Kemiringan atap, Sumber: blogmaterialbangunan.com

5. Mengganti Atap yang Rapuh

Jika atap rumah sudah ada yang rapuh, maka harus segera di atasi agar rumah tidak bocor. Jika atap rumah rapuh, air hujan akan dapat dengan mudah masuk dan mengakibatkan kebocoran. Apabila air hujan sudah masuk dan merembes ke dalam atap yang rapuh tersebut, secara otomatis bagian dalam rumah Anda juga akan kemasukan air tersebut.

Baca juga: Bikin Rumah Kayu, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Untuk mengantisipasinya, lakukan pengecekan pada kondisi atap. Tidak jarang rumah yang barupun juga ada beberapa atap yang rapuh, sehingga perlu segera diganti dengan yang baru. Anda bisa melakukan pengecekan pada saat musim hujan belum tiba, supaya Anda bisa mengganti atap terlebih dahulu sebelum hujan tiba.

Mengganti atap yang rapuh, Sumber: blog.spacestock.com
Mengganti atap yang rapuh, Sumber: blog.spacestock.com

6. Gunakan Atap Waterproof

Untuk mengantisipasi kebocoran pada atap, Anda juga bisa menggunakan atap waterproof. Atap waterproof ini dapat melindungi rumah Anda dari air, karena sifatnya yang tahan air. Selain menggunakan atap waterproof, Anda juga bisa melindungi rumah dari kebocoran dengan menggunakan pelapis anti bocor.

Menggunakan atap waterproof, Sumber: orami.co.id
Menggunakan atap waterproof, Sumber: orami.co.id

Itulah tadi beberapa cara untuk atasi atap rumah yang bocor. Anda bisa menciptakan suasana rumah impian yang aman, nyaman, dan terhindar dari kebocoran dimanapun lokasi rumah berada. Percayakanlah kepada jasa desain rumah profesional untuk mewujudkan bangunan impian Anda tersebut. PT Eticon Rekayasa Teknik akan dengan senang hati membantu mewujudkan rumah yang Anda impikan selama ini.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *