Bikin Rumah Kayu, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Rumah kayu minimalis, Sumber: orami.co.id

Sebagian orang berpikir bahwa rumah dari kayu itu ketinggalan zaman. Kenyataannya banyak orang yang bikin rumah kayu dengan tampilan yang estetik dan menawan. Sangat jauh dari kesan jadul yang ketinggalan zaman. Meskipun saat ini jarang orang yang memiliki rumah berbahan kayu, namun bukan berarti Anda tidak bisa membuatnya.

Desain rumah kayu modern maupun rumah kayu klasik, akan sama-sama menimbulkan kesan yang asri seperti dipedesaan. Bahkan tidak perlu pindah ke desa untuk menikmati suasana asri khas pedesaan. Anda bisa membuat rumah kayu di lokasi Anda dengan menambahkan halaman yang ditumbuh berbagai tanaman hijau. Hal tersebut sudah menimbulkan nuansa pedesaan yang sejuk dan asri.

Untuk bikin rumah dari kayu tersebut, Anda juga perlu memastikan kembali bahwa tanah yang akan Anda bangun telah mempunyai IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Hal tersebut untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang mungkin terjadi setelah proses pembangunan. Jika Anda belum punya IMB sebaiknya segera mengurusnya ya, sehingga tidak menghambat pembangunan rumah kayu Anda.

Rumah kayu minimalis, Sumber: orami.co.id
Rumah kayu minimalis, Sumber: orami.co.id

Anda bisa merealisasikan bikin rumah kayu ini menggunakan jasa desain rumah yang profesional dan berpengalaman. Penggunaan jasa tersebut akan lebih membantu Anda, karena jasa desain rumah lebih paham mengenai bagaimana cara membuat rumah dari kayu. Anda tentu saja tidak ingin terjadi masalah dikemudian hari bukan? Maka dari itu akan lebih aman jika mempercayakan pembuatan rumah tersebut pada ahlinya.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk membangun rumah kayu diperlukan lokasi yang tepat. Anda tidak bisa membangun rumah kayu ini di daerah tepi pantai, mengapa demikian? Karena air laut memiliki kandungan yang dapat merusak struktur kayu. Jika hal tersebut terus dibiarkan, lama-kelamaan struktur bangunan rumah akan dengan mudah rusak. Oleh sebab itu, memilih lokasi yang tepat untuk rumah kayu merupakan hal yang penting.

Kelebihan Bikin Rumah Kayu

Sebelum mewujudkan rumah kayu yang telah Anda impikan selama ini, Anda perlu mengetahui apa saja kelebihannya. Apa saja kelebihan rumah kayu? Simak penjelasan di bawah ini.

Menambah Keindahan Rumah

Kesan hangat yang ditimbulkan kayu dapat menambah keestetikan sebuah rumah. Selain sebagai tempat tinggal, rumah juga perlu memancarkan keindahan agar penghuni nyaman menempati hunian tersebut. Semakin terlihat memukau sebuah rumah, akan menambah nilai jual di masa yang akan datang. Sehingga Anda memiliki investasi jangka panjang yang menjanjikan.

Seperti yang Anda ketahui bahwa harga kayu yang berkualitas memiliki harga yang tinggi. Ditambah lagi sentuhan arsitektur yang mengesankan dari seorang seniman, rumah Anda akan terlihat memiliki nilai artistik yang tinggi.

Anda juga bisa menambahkan kanopi di rumah kayu idaman Anda. Ada banyak manfaat kanopi untuk rumah seperti untuk pelindung meja kursi dari matahari hingga menguatkan nilai estetik rumah kayu.

Salah satu desain rumah kayu, Sumber: traveloka.com
Salah satu desain rumah kayu, Sumber: traveloka.com

Membantu Menghemat Energi

Rumah kayu menimbulkan nuansa yang sejuk dan asri, sehingga akan membantu menghemat energi. Selain menghemat energi, rumah kayu juga lebih ramah lingkungan karena berasal dari alam. Pembangunan rumah kayu ini juga mendukung konsep arsitektur hijau yang menggunakan material ramah lingkungan. Penggunaan konsep ini akan membantu alam agar tetap sehat dan tidak menimbulkan berbagai pencemaran di masa depan.

Proses Pembangunan Cepat

Proses pembuatan rumah kayu juga dinilai lebih cepat daripada menggunakan material yang lainnya. Sehingga Anda dapat dengan segera menempati rumah impian Anda ini. Warna kayu yang alami dan menawan tidak perlu lagi membutuhkan pengecatan. Kesan yang timbul dari warna natural kayu itu dapat menambah kesan yang menawan pada bangunan rumah.

Bangunan Kuat dan Kokoh

Kelebihan rumah kayu selanjutnya ialah memiliki sifat yang kuat dan kokoh. Apalagi jika memutuskan untuk menggunakan jenis kayu yang berkualitas baik, seperti kayu jati. Meskipun harganya relatif lebih mahal dari jenis kayu yang lainnya, namun kayu jati masih menjadi primadona di masyarakat karena daya tahannya lebih kokoh dan kuat.

Jika dilakukan perawatan yang benar, rumah dari kayu jati akan lebih awet dan dapat bertahan selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun. Sehingga Anda tidak perlu khawatir pada saat memilih menggunakan bahan dari kayu jati ini.

Dapat Menyerap Suara

Jika Anda tidak terlalu menyukai suara bising dan ingin lebih tenang agar rileks, maka rumah kayu ini cocok dengan Anda. Kayu memiliki sifat penyerap suara yang baik. Anda bisa bikin rumah kayu yang dijadikan sebagai studio musik atau yang lainnya.

Kekurangan Rumah Kayu

Jika ada kelebihannya, maka ada pula letak kekurangannya. Meskipun kelebihannya banyak, namun ada beberapa kekurangan dari rumah kayu yang perlu Anda pertimbangkan lagi. Sehingga Anda tidak akan terkejut jika nantinya rumah Anda telah selesai dibuat. Berikut beberapa kekurangan dari rumah kayu.

Rawan Rayap

Permasalahan yang satu ini memang tidak bisa terelakkan dari risiko bikin rumah kayu. Jika tidak dirawat dengan benar, struktur bangunan kayu Anda akan terserang rayap. Rayap dapat menyerang habis kayu-kayu yang ada di dalam rumah. Jika kayu-kayu tersebut habis dimakan rayap, maka Anda harus siap untuk merenovasi rumah dengan mengganti kayu-kayu yang lapuk.

Baca juga: Mengenal Konsep Rumah Gaya Arsitektur Tropis

Harga Kayu Mahal

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa harga kayu yang memiliki kualitas baik misalnya saja kayu jati memiliki harga yang mahal. Oleh sebab itu untuk membuat rumah kayu yang kokoh dan kuat diperlukan budget yang tidak sedikit. Jika Anda asal-asalan dalam memilih kualitas kayu, nantinya akan mempengaruhi daya tahan rumah ke depannya.

Desain rumah kayu klasik, Sumber: agoda.com
Desain rumah kayu klasik, Sumber: agoda.com

Risiko Tinggi Terjadi Kebakaran

Jika tidak hati-hati menggunakan api, maka rumah Anda bisa terbakar dengan mudah. Kayu memiliki sifat yang mudah terbakar, jadi penggunaannya untuk rumah jika tidak berhati-hati dapat memunculkan risiko kebakaran. Pada bagian rumah yang sering menggunakan api seperti dapur, maka perlu jenis kayu yang lebih tahan akan api. Selain itu di dalam rumah juga perlu menyiapkan alat pemadam api ringan.

Sebelum memutuskan untuk membuat rumah dari kayu, perlu Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan seperti informasi di atas. Setelah Anda yakin dan ingin lanjut untuk bikin rumah kayu, maka Anda bisa segera menghubungi jasa desain rumah profesional untuk membantu pengerjaannya.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *