5 Sistem Keamanan Gedung yang Wajib Ada untuk Menghindari Bahaya

Informasi terkait sistem keamanan gedung yang wajib ada, Sumber: medcom.id

Keamanan menjadi sebuah hal yang harus diperhatikan. Tidak hanya di bangunan pribadi seperti rumah atau apartemen, bangunan milik bersama seperti gedung-gedung bertingkat juga wajib diberi sistem keamanan yang canggih. Setidaknya ada 5 sistem keamanan gedung yang wajib ada agar gedung aman terhindar dari berbagai bahaya. Apa saja itu? Simak informasinya disini.

5 Sistem Keamanan Gedung yang Harus Ada

Gedung yang aman pastinya membuat penghuninya merasa nyaman dan tenang. Keamanan menjadi sebuah hal yang dipertimbangkan oleh seseorang dalam memilih bangunan setelah kenyamanan. Itulah mengapa keamanan menjadi prioritas utama bagi setiap pemilik gedung. 

Semewah apapun sebuah gedung namun memiliki sistem keamanan yang buruk maka gedung tersebut tidak ada nilainya. Lantas apa saja sistem keamanan yang harus ada dalam sebuah gedung? Setidaknya ada 5 sistem keamanan dasar yang harus dimiliki setiap gedung agar terhindar dari mara bahaya.

1. Pos Keamanan 24/7

Pertama yang harus ada dalam setiap gedung adalah sistem keamanan berupa pos keamanan yang berjaga 24 jam non stop. Ini adalah standar keamanan gedung yang paling dasar, dimana ada beberapa petugas keamanan yang dipekerjakan untuk berjaga dalam pos selama 24 jam, dengan shift biasanya 1 x 12 jam. Sehingga akan ada 2 shift dalam sehari.

Dengan adanya petugas keamanan yang berjaga, sebuah gedung akan selalu dalam pengawasan. Disisi jikalau terjadi sebuah kondisi gawat darurat maka akan lebih cepat dan mudah menanganinya, karena ada petugas yang berjaga 24 jam. Tentunya hal demikian memunculkan rasa tenang dari para penghuni sebuah gedung.

Terdapat pos keamanan di setiap gedung, Sumber: indraga.com
Terdapat pos keamanan di setiap gedung, Sumber: indraga.com

2. Device Kamera CCTV

Sistem keamanan yang harus ada berikutnya yakni kamera CCTV. Meski sudah ada pos keamanan di depan pintu masuk gedung, namun tetap perlu ada kamera CCTV di luar maupun di dalam gedung. Mengapa? Karena pos keamanan hanya memantau bagian luar dan pintu masuk gedung, sedangkan CCTV meliputi seluruh ruang dan bangunan yang ada pada gedung.

Fungsi CCTV tidak bisa dianggap remeh. CCTV boleh dibilang inti dari sebuah sistem keamanan, karena segala kegiatan di dalam sebuah gedung akan terekam dan dapat diketahui oleh pemilik gedung. Sehingga berbagai aksi kriminal dan kejahatan cenderung bisa dicegah oleh CCTV. Tidak heran CCTV menjadi item wajib bagi sebuah bangunan.

Adanya kamera pengawas atau cctv disetiap sudut gedung, Sumber: blogmashendra.com
Adanya kamera pengawas atau cctv disetiap sudut gedung, Sumber: blogmashendra.com

3. Alarm Kebakaran

Sebuah gedung yang baik pastinya memiliki alarm kebakaran. Alarm kebakaran merupakan sebuah teknologi yang akan memberitahukan orang-orang di sekitar gedung bahwa telah terjadi kebakaran. Alat ini dirancang sangat peka terhadap sensor panas, sehingga secara otomatis saat kebakaran akan berbunyi dan mengeluarkan air tuk padamkan api.

Sistem keamanan satu ini harus didesain dengan sangat baik tanpa ada cacat sedikitpun. Karena ini menyangkut masalah nyawa manusia. Tidak ada yang tahu kapan bencana kebakaran datang, pun juga tidak ada yang tahu kapan kematian itu datang. Sehingga mempersiapkan dengan matang adalah sebaik-baik pilihan.

Jika Anda kulik lebih dalam, sistem keamanan gedung dari kebakaran tidak hanya alarm kebakaran, namun juga alat pemadam kebakaran seperti APAR atau Alat Pemadam Api Ringan.

Adanya sistem alarm kebakaran di dalam gedung, Sumber: totalproteksi.com
Adanya sistem alarm kebakaran di dalam gedung, Sumber: totalproteksi.com

4. Emergency Tools

Berbagai alat-alat emergency juga harus menjadi sebuah hal yang harus tersedia setiap saat untuk menjadikan gedung aman dari bahaya. Ada banyak peralatan-peralatan darurat yang wajib ada dalam setiap daerah diantaranya P3K, alat pemadam kebakaran, alat pengeras suara atau TOA dan juga telepon umum bebas pakai.

Meski alat-alat tersebut sangat sederhana dan terlihat sepele namun alat-alat tersebut menjadi amat berharga dan sangat dibutuhkan ketika kondisi bahaya dan urgent seperti saat bencana alam, aksi kejahatan maupun kesalahan teknis seperti terjebak di lift. sebagai penghuni gedung, Anda juga perlu kiranya berlatih menggunakan alat emergency secara berkala.

Ilustrasi emergency tools, Sumber: doitcenterprovo.com
Ilustrasi emergency tools, Sumber: doitcenterprovo.com

5. Pemeriksaan di Pintu Masuk

Sistem keamanan yang harus ada pula pada sebuah gedung adalah sistem pemeriksaan sebelum memasuki gedung. Setiap orang baik tamu maupun pengunjung yang hendak memasuki sebuah gedung maka ia wajib diperiksa terlebih dahulu oleh petugas keamanan gedung. Pemeriksaan ini meliputi berbagai barang bawaan dan kartu identitas.

Walaupun terlihat ribet dan cukup menyita banyak waktu hal ini tetap dilakukan. Mengapa? Karena tidak ada yang tahu setiap keperluan orang-orang memasuki gedung, siapa dirinya, apa yang ia bawa, sehingga pemeriksaan di pintu masuk perlu kiranya dilakukan untuk meyakinkan dan menjaga keamanan agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Area pemeriksaan di pintu masuk gedung, Sumber: news.detik.com
Area pemeriksaan di pintu masuk gedung, Sumber: news.detik.com

Cara Ampuh Tingkatkan Sistem Keamanan

Rasa aman sudah menjadi kebutuhan pokok setiap insan. Tidak heran jika setiap orang berlomba-lomba melakukan berbagai inovasi guna menciptakan suatu sistem keamanan yang ideal dan membuat tenang banyak orang. Secara umum sistem keamanan gedung-gedung saat ini sudah cukup baik meski tetap ada beberapa gedung yang perlu diupgrade menjadi lebih baik lagi.

Kejadian dan tragedi seperti perampokan, pencurian, pelecehan seksual, kebakaran gedung bahkan sampai kecelakaan teknis semisal terjebak di lift sudahlah menjadi sebuah pembelajaran yang tak perlu terulang. Agar hal demikian tidak terjadi perlu kiranya pengelola gedung memikirkan dengan serius cara-cara guna meminimalisir risiko yang ditimbulkan.

Berikut telah kami rangkum 2 cara ampuh yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem keamanan sebuah gedung. Silakan mencoba.

1. Desain Ulang Sistem Keamanan

Barangkali gedung yang Anda tempati saat ini telah direnovasi dan dilakukan perbaikan beberapa kali. Bahkan mungkin desain gedung dan tata letak ruangan juga sudah mengalami berbagai perubahan. Namun apakah pernah sistem keamanan sekali saja diupgrade dan diperbaharui? Mungkin walaupun pernah itu hanya satu dua kali dalam puluhan tahun.

Padahal jika Anda perlu tahu, harusnya yang wajib diperbaharui dalam sebuah gedung adalah sistem keamanannya. Sebagus apapun bangunan gedung diperbaiki, semenarik apapun interior dan tata letak dalam gedung diperbarui, tidak ada gunanya kalau tidak diimbangi dengan sistem keamanan yang canggih menggunakan teknologi terkini.

Perlu juga dipastikan bahwa segala sistem keamanan canggih tersebut sudah berada di tempat yang tepat. Alat Pemadam Api Ringan atau APAR misalnya, perlu Anda pastikan sudah berada di tempat rawan kebakaran, di titik strategis dan mudah terjangkau. Juga alarm darurat perlu ditempatkan di tempat yang mudah didengar oleh setiap orang dalam gedung.

2. Sumber Daya Manusia Terstandarisasi

Sistem keamanan yang telah ditingkatkan tetap tidak dapat optimal manakala para petugas yang mengoperasikan tidak memiliki kecakapan yang juga mumpuni. Kemampuan mengoperasikan berbagai perangkat, kecepatan merespon tanda-tanda adanya kecelakaan perlu untuk dimiliki setiap petugas keamanan dalam suatu gedung.

Maka dari itu pengelola gedung perlu menstandarisasi setiap petugas keamanan gedung agar sistem keamanan yang canggih itu dapat berjalan dengan optimal. Tidak jarang berbagai kasus semisal kebakaran gedung akibat dari kelalaian petugas gedung sendiri.

Akhirnya, gedung yang baik perlu di desain sistem keamanan yang canggih agar dapat menangani berbagai masalah dan dapat terhindar dari mara bahaya. Untuk menjaga keselamatan, kenyamanan, serta kemudahan dalam pemakaian, perlu juga mengurus sertifikasi SLF gedung Anda. 

Jika Anda bingung dan merasa kesulitan mengurus sertifikasi SLF gedung, jangan malu untuk berkonsultasi dengan PT Eticon. Eticon merupakan perusahaan konsultan SLF terpercaya yang telah berpengalaman dengan berbagai Sertifikat Laik Fungsi (SLF) bangunan. Yuk, segera urus sertifikasi SLF untuk gedung Anda bersama Eticon!

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *