Mengenal Panel Surya: Penghemat Listrik

Gambaran dari panel surya, Sumber : mozo.com.au

Mengenal Panel Surya – Kebutuhan listrik harian semakin lama semakin naik, hal ini terjadi seiring dengan meningkatnya pertumbuhan populasi manusia. Masalah listrik menjadi ancaman baru bagi Indonesia, karena keterbatasan sumber daya alam untuk memproduksi listrik. Namun untuk menekan angka kebutuhan listrik dari tenaga listrik konvensional, diperlukan alternatif lain yang lebih ramah lingkungan.

Di Indonesia sendiri dapat memanfaatkan letak geografisnya yang berada di garis khatulistiwa untuk memanfaatkan bantuan suplai daya listrik dari sinar matahari. Untuk itu penggunaan panel surya dapat dijadikan solusi sebagai cara untuk menghemat penggunaan listrik dari PLN. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu panel surya, mari mengenal lebih dalam lagi.

Singkatnya, panel surya merupakan alat yang digunakan untuk merubah cahaya matahari menjadi tenaga listrik. Panel surya bergantung dengan efek photovoltaic, yang berguna untuk menyerap energi dari matahari. Kemudian yang selanjutnya akan menyebabkan arus mengalir di antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan. Setelah itu barulah dimanfaatkan untuk mengoperasikan berbagai kebutuhan listrik.

Gambaran dari panel surya, Sumber : mozo.com.au
Gambaran dari panel surya, Sumber : mozo.com.au

Penggunaan panel surya ini juga termasuk bagian dari konsep arsitektur hijau. Salah satu tujuan dari konsep arsitektur hijau atau green architecture ialah untuk meminimalkan penggunaan dari energi serta sumberdaya yang ada, khususnya bagi sumberdaya yang tidak bisa diperbarui, contohnya seperti batu bara yang menghasilkan bahan bakar.

Untuk cara kerja dari panel surya ini berkaitan dengan efek photovoltaic. Panel surya akan menyerap sinar matahari yang kemudian akan menampung energi tersebut. Energi yang dihasilkan akan ditampung ke dalam sebuah baterai. Oleh sebab itu, sistem dapat tetap berjalan walaupun tidak di siang hari, bahkan tetap berjalan saat hujan maupun malam hari.

Mengenal Jenis-jenis Panel Surya

Terdapat beberapa jenis panel surya yang dapat Anda ketahui apa saja macamnya. Berikut di bawah ini merupakan jenis-jenis dari panel surya yang dapat Anda simak apa saja diantaranya.

1. Polycrystalline Silicon

Jenis panel surya yang pertama adalah polycrystalline silicon, solar panel ini cukup umum digunakan. Teknologi dari panel surya ini terbuat dari batang silikon yang telah dicairkan. Jenis ini memiliki kelebihan dari segi susunannya, memiliki susunan yang lebih rapat dan rapi. Karakteristik dari solar panel ini ialah memiliki tampilan yang cukup unik. Apabila dilihat akan terdapat seperti retakan-retakan pada bagian dalam dari sel surya yang dimilikinya.

Baca juga : Persyaratan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kawasan Industri

Selain memiliki kelebihan, solar panel jenis ini juga memiliki kekurangan. Polycrystalline silicon memiliki kekurangan pada saat digunakan di area atau wilayah yang memiliki curah hujan tinggi serta sering mendung. Pada saat digunakan untuk daerah dengan kondisi yang seperti itu, dapat menyebabkan efisiensi dari solar panel jenis ini mengalami penurunan.

2. Monocrystalline Silicon

Untuk jenis panel surya berikutnya adalah monocrystalline silicon. Selain polycrystalline silicon, jenis solar panel ini juga yang paling banyak digunakan untuk umum. Alasan banyak yang menggunakan monocrystalline silicon ini berkaitan dengan keunggulan yang dimilikinya. Monocrystalline silicon ini dibuat dari silikon yang diiris tipis-tipis dengan menggunakan bantuan mesin.

Dengan menggunakan bantuan dari mesin potong tersebut, hasil irisan dapat menjadi lebih tipis dan menjadikan karakterisitiknya lebih menonjol. Kelebihan dari monocrystalline silicon ini terletak pada penampangnya. Jenis panel surya ini diyakini sebagai sel surya efisien untuk digunakan. Penampang pada monocrystalline silicon bisa menyerap cahaya matahari dengan optimal ketimbang jenis sel surya lainnya.

Meskipun memiliki keunggulan tersebut, bukan berarti panel surya ini tidak memiliki kekurangan. Kekurangan dari monocrystalline silicon terletak pada kebutuhan cahaya yang memiliki kadar terang tinggi pada saat beroperasi. Jika kondisi lingkungan sedang berawan dan mendung, maka monocrystalline silicon ini akan mengalami penurunan efisiensinya. Untuk kekurangannya hampir mirip dengan jenis panel surya polycrystalline silicon.

Penggunaan panel surya untuk rumah, Sumber : dtenergy.org
Penggunaan panel surya untuk rumah, Sumber : dtenergy.org

3. Thin Film Solar Cell

Jenis solar panel berikutnya ialah thin film solar cell. Panel surya yang satu ini memiliki kelebihan yang dapat terlihat dari bentuk fisiknya. Jenis panel surya ini memiliki ukuran yang begitu tipis, sehingga dapat dapat dibilang bahwa penamaannya sesuai dengan kondisinya. Ukuran tipis tersebut membuat bobot dari solar panel lebih ringan serta lebih fleksibel.

Apabila ada kelebihan, maka disitu juga terdapat kekurangannya. Dari segi efisiensi panel surya jenis ini tergolong cukup rendah. Untuk penampang yang digunakan dari jenis panel surya ini sama luasnya dengan monocrystalline silicon, namun Anda hanya akan memperoleh 8,5% saja penangkapannya. Oleh sebab itu biasanya penggunaan dari thin film solar cell ini, lebih sesuai dipakai untuk kebutuhan yang komersial.

Manfaat Penggunaan Panel Surya

Secara umum, penggunaan panel surya sebagai alternatif dari daya listrik ini meliputi beberapa hal. Dengan melihat berbagai manfaat yang dihasilkan dari penggunaan panel surya ini bisa saja akan menarik Anda untuk memasang solar panel di rumah atau bangunan Anda lainnya.

1. Penggunaan Panel Surya Lebih Ramah Lingkungan

Seperti yang telah kita ketahui sumber daya alam yang digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik di Indonesia sudah semakin terancam. Oleh sebab itu, dengan memanfaatkan cahaya matahari atau penggunaan panel surya ini dapat membantu menekan penggunaan sumber daya alam yang berlebihan.

Di karenakan populasi terus meningkat dan semakin hari kebutuhan listrik di Indonesia semakin tinggi, maka dibutuhkan solusi untuk melakukan penghematan penggunaan tenaga listrik dari bahan bakar yang menggunakan sumber daya alam tersebut.

Penggunaan panel surya lebih ramah lingkungan, Sumber : nbcnews.com
Penggunaan panel surya lebih ramah lingkungan, Sumber : nbcnews.com

2. Dapat Menekan Tagihan Listrik

Semakin tinggi kebutuhan listrik, maka akan berdampak pula dengan naiknya tarif listrik. Jika tidak segera diatasi bisa saja Anda akan semakin tidak berdaya karena pengeluaran listrik yang membengkak. Sehingga diperlukan solusi untuk menekan tagihan listrik, salah satunya dengan menggunakan panel surya ini.

Meteran listrik, Sumber : jawapos.com
Meteran listrik, Sumber : jawapos.com

3. Cocok Diaplikasikan di Indonesia

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, bahwa Indonesia di lewati oleh garis khatulistiwa yang membuat wilayah Indonesia dapat di sinari cahaya matahari sepanjang tahun. Oleh sebab itu, penggunaan panel surya ini diyakini cocok bila diaplikasikan di Indonesia.

Ilustrasi pemasangan panel surya, Sumber : balkangreenenergynews.com
Ilustrasi pemasangan panel surya, Sumber : balkangreenenergynews.com

Itu tadi artikel yang telah PT Eticon Rekayasa Teknik sampaikan mengenai penjelasan tentang panel surya mulai dari pengertian, jenis, hingga manfaatnya. Dengan penggunaan panel surya, berarti kita sudah mendukung mengenai konsep pembangunan berkelanjutan.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *