7 Daftar Taman Nasional di Indonesia (Cantik dan Eksotis)

Daftar taman nasional di Indonesia, Sumber: travelspromo.com

Daftar Taman Nasional Indonesia – Menurut Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Kawasan taman nasional ini dilindungi langsung oleh pemerintah pusat. Dilansir dari laman Wikipedia jumlah taman nasional di Indonesia hingga saat ini terdapat 55 taman nasional yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia. Berbeda dengan cagar alam, taman nasional ini memperbolehkan dikunjungi untuk wisata. Anda bisa mengunjungi taman nasional ini untuk menikmati keindahannya yang cantik dan eksotis.

Di taman nasional, Anda bisa menjumpai berbagai flora dan fauna yang dilindungi. Di kawasan konservasi ini Anda bisa berwisata sekaligus mengenal berbagai flora dan fauna yang ada di Indonesia. Anda bisa memilih sendiri dari daftar taman nasional di Indonesia yang ada dan ingin Anda kunjungi ketika liburan tiba bersama keluarga.

Daftar taman nasional di Indonesia, Sumber: travelspromo.com
Daftar taman nasional di Indonesia, Sumber: travelspromo.com

Selain taman nasional ada lagi kawasan yang terlindungi lainnya seperti suaka margasatwa dan cagar alam. Tidak jarang, orang awam bingung membedakan 3 hal tersebut. Meskipun memiliki fungsi yang sama yakni sebagai kawasan yang dilindungi pemerintah, namun ketiga tempat tersebut memiliki perbedaan. Lalu apa perbedaannya?

  • Taman nasional dapat diakses untuk umum dan dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Di dalamnya terdapat berbagai macam flora, fauna, dan ekosistem tertentu yang bisa Anda jumpai.
  • Cagar alam hampir sama dengan taman nasional yang melindungi berbagai flora, fauna, dan ekosistem tertentu. Namun tentu saja ada perbedaannya yakni di kawasan ini tidak diperbolehkan diakses secara umum untuk wisata maupun kegiatan komersial lainnya. Penjagaan di kawasan cagar alam sangat ketat, sehingga ketika mengunjungi kawasan ini dibutuhkan surat izin khusus dari instansi terkait.
  • Suaka margasatwa termasuk ke dalam kawasan yang melindungi berbagai hewan yang keberadaannya sudah semakin berkurang atau bisa dikatakan hampir punah. Kawasan ini khusus digunakan untuk merawat, melindungi, serta mengembang-biakkan berbagai satwa yang terancam punah tersebut.

7 Daftar Taman Nasional di Indonesia

Adanya kawasan lindung ini juga termasuk sebagai upaya untuk melestarikan alam agar tidak rusak. Tanpa adanya usaha untuk melestarikannya, tentu saja berbagai tumbuhan, hewan, hingga ekosistem khusus lainnya akan punah dan mengganggu kestabilan bumi. Berikut ini beberapa daftar taman nasional di Indonesia yang dikelola oleh pemerintah, namun bisa Anda kunjungi.

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Kawasan taman nasional ini merupakan salah satu Situs Warisan Dunia yang dilindungi langsung oleh UNESCO. Di Taman Nasional Ujung Kulon ini terdapat jenis badak yang populasinya terncam punah yakni badak bercula satu. Selain itu masih ada berbagai satwa liar lainnya yang dilindungi di kawasan taman nasional ini, diantaranya yakni kera ekor panjang, babi hutan, merak, dan yang lainnya.

Selain itu ada beberapa tipe hutan yang termasuk ke dalam kawasan taman nasional ini, yakni hutan pantai, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, hutan hujan tropika dataran rendah, dan padang rumput. Jika kawasan ini termasuk daftar taman nasional di Indonesia yang ingin Anda kunjungi, maka Anda tidak perlu khawatir, karena di sini telah dilengkapi dengan fasilitas penginapannya juga.

2. Taman Nasional Komodo

Taman nasional berikutnya datang dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan juga termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Di Taman Nasional Komodo ini merupakan tempat tinggal komodo dan berbagai spesies lainnya. Di kawasan ini Anda bisa berjumpa dengan rusa timor, kuda liar, hingga hewan laut (penyu, paus, hiu, dan yang lainnya).

Mengintip keindahan alam di taman nasional, Sumber: kompas.com
Mengintip keindahan alam di taman nasional, Sumber: kompas.com

3. Taman Nasional Way Kambas

Daftar taman nasional di Indonesia selanjutnya ialah Way Kambas yang terletak di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Indonesia. Taman Nasional Way Kambas ini dijadikan sebagi pusah pelatihan bagi gajah. Di kawasan ini tidak hanya gajah saja yang dilindungi namun berbagai satwa langka lainnya seperti badak sumatera hingga harimau sumatera juga ada di taman nasional ini.

4. Taman Nasional Wakatobi

Layaknya berada di taman bermain, di Taman Nasional Wakatobi ini Anda juga bisa menikmati serunya bermain air ditemani dengan pemandangan alamnya yang menawan. Di sini Anda akan menjumpai berbagai ikan, terumbu karang, hingga satwa lainnya. Satwa lainnya tersebut misalnya saja seperti penyu sisik, penyu lekang, penyu tempayan, hingga beberapa jenis burung laut bisa Anda temui di sini.

5. Taman Nasional Bunaken

Untuk daftar taman nasional di Indonesia selanjutnya ini, Anda bisa menjumpai ekosistem laut yang beragam seperti 390 spesies terumbu karang. Selain itu Anda juga bisa bertemu dengan berbagai spesies ikan, mamalia laut, reptil, burung, moluska, hingga mangrove. Anda bisa menikmati keindahan bawah laut dengan mengunjungi Taman Nasional Bunaken yang terletak di Sulawesi Utara ini saat libur telah tiba.

Baca juga: Pariwisata Berkelanjutan: Apa yang Bisa Dilakukan?

6. Taman Nasional Tanjung Puting

Di taman nasional ini Anda bisa berjumpa langsung dengan bekantan dan berbagai jenis monyet lainnya. Taman Nasional Tanjung Puting ini berlokasi di semenanjung barat daya provinsi Kalimantan Tengah. Kawasan ini merupakan tempat tinggal 38 spesies mamalia termasuk beberapa primata yang dilindungi, berbagai jenis reptil, selain itu juga terdapat lebih dari 200 spesies burung, hingga berbagai jenis tumbuhan.

7. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser ini terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Pemandangan yang indah nan eksotis menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjungi taman nasional ini. Selain itu di kawasan pelestarian alam ini, Anda bisa menjumpai hutan hujan tropis yang di dalamnya terdapat hewan dilindungi seperti orangutan Sumatera dan yang lainnya.

Wisata di taman nasional, Sumber: batiqa.com
Wisata di taman nasional, Sumber: batiqa.com

Itulah informasi seputar 7 daftar dari taman nasional di Indonesia yang telah PT Eticon Rekayasa Teknik sampaikan. Selain list di atas, masih ada banyak lagi taman nasional di Indonesia yang bisa Anda kunjungi.

Adanya taman nasional ini juga termasuk sebagai upaya menjaga kelestarian lingkungan hidup yang baik di masa kini hingga di masa yang akan datang. Sehingga berbagai flora, fauna, maupun ekosistem tertentu lainnya dapat terlindungi dan terhindar dari kepunahan. Untuk mendapatkan informasi terkait pariwisata lainnya, Anda bisa mengakses laman website kami.

Recommended Posts

No comment yet, add your voice below!


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *