Persyaratan Permohonan SLF di Kabupaten Karawang

Konsultan SLF Karawang

Karawang saat ini menjadi kota industri terbesar di Indonesia. Bahkan tak sedikit perusahaan asing yang didirikan di kabupaten ini. Salah satu industri strategis milik negara pun ditempatkan di salah satu kawasan industri Karawang, yaitu Perusahaan Umum Percetakan Uang RI (PERURI). Wajar saja jika banyak yang mengadu nasib di Karawang untuk bekerja.

Dari data yang dihimpun Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, hingga tahun 2018 setidaknya terdapat 13 ribu hektare luas lahan yang difungsikan sebagai kawasan industri. Adapun beberapa titik kawasan industri Karawang menurut tata ruangnya tersebar di Kecamatan Telukjambe Timur, Cikampek, Klasi, Purwasari, Pangkalan, dan Rengasdengklok.

Masih merujuk pada sumber data yang sama, terdapat setidaknya 1.762 pabrik yang beroperasi hingga 2018. Adapun jumlah pabrik tersebut meliputi beberapa kawasan industri, antara lain Karawang International Industry City, Kawasan Surya Cipta, Kawasan Industri Kujang, Kawasan Bukit Indah City di jalur Cikampek.

Mengingat banyaknya bangunan gedung yang difungsikan untuk kegiatan bisnis di Karawang, maka perlu dilakukan penilaian/uji keandalan setiap bangunan gedung di kawasan industri Karawang. Hal ini dimaksudkan untuk menjamin bangunan gedung yang digunakan telah sesuai dengan fungsi pemanfaatannya, baik secara tata ruang maupun keandalannya.

Sesuai amanat Undang-Undang RI Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, tolak ukur keandalan bangunan dilihat dari adanya Sertifikat Laik Fungsi (SLF) yang diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat.

Lantas, mengapa SLF dijadikan sebagai salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh bangunan gedung? Dan bagaimana menemukan penyedia jasa/konsultan SLF Karawang yang tepat?

Pentingnya SLF untuk bangunan gedung

Sertifikat Laik Fungsi atau SLF merupakan sertifikat yang diterbitkan oleh pemerintah daerah terhadap bangunan gedung yang telah selesai dibangun sesuai IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan telah memenuhi persyaratan teknis sesuai fungsi bangunan gedung berdasar hasil pemeriksaan dari instansi maupun konsultan SLF Karawang.

Dari penjelasan di atas sudah terlihat bahwa memiliki Sertifikat Laik Fungsi bangunan gedung sangatlah penting. Selain sebagai dokumen pelengkap dalam menggunakan bangunan gedung, SLF menjadi jaminan bahwa bangunan yang Anda gunakan telah layak digunakan, baik secara administratif maupun uji teknis.

Syarat SLF Karawang
Mengingat banyaknya bangunan gedung yang difungsikan untuk kegiatan bisnis di Karawang, maka perlu dilakukan penilaian/ uji keandalan setiap bangunan gedung di kawasan industri Karawang.

Syarat SLF di Kabupaten Karawang

Secara khusus, artikel ini akan membahas persyaratan administrasi yang harus disiapkan dalam mengurus penerbitan Sertifikat Laik Fungsi pada bangunan gedung untuk kepentingan umum di kawasan industri Karawang.

Jika merujuk Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung, yang dimaksud dengan bangunan gedung untuk kepentingan umum adalah bangunan gedung yang fungsinya untuk kepentingan publik, baik berupa fungsi kegiatan keagamaan, fungsi usaha, maupun fungsi sosial dan usaha.

Apa saja syarat administrasi pengurusan SLF Karawang yang harus Anda siapkan? Berikut penjelasannya!

  1. Formulir permohonan
  2. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk) pemilik bangunan gedung
  3. Salinan identitas pemohon berupa akta pendirian dan perubahan untuk badan dan KTP penanggungjawab
  4. Salinan IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
  5. Salinan bukti penguasaan dan pemilikan tanah
  6. Foto bangunan gedung yang akan diajukan penerbitan SLF-nya
  7. Surat pernyataan dari pengkaji teknis bahwa hasil pemeriksaan kelaikan fungsi telah sesuai/laik fungsi

Dalam persyaratan di atas disebutkan bahwa hasil pemeriksaan kelaikan fungsi harus diterbitkan oleh pengkaji teknis. Adapun yang dimaksud pengkaji teknis adalah orang perorangan atau badan hukum yang memiliki sertifikat keahlian untuk melaksanakan pengkajian teknis atas kelaikan fungsi bangunan gedung sesuai peraturan perundang-undangan.

Selain persyaratan administrasi, terdapat persyaratan teknis yang akan dikaji dalam proses penerbitan SLF Kabupaten Karawang.

Adapun persyaratan teknis SLF Kabupaten Karawang adalah sebagai berikut:

  1. As-Built Drawing (gambar rekaman akhir) dari pekerjaan arsitektur, struktur, dan utilitas
  2. Pedoman pengoperasian dan pemeliharaan/perawatan bangunan gedung
  3. Peralatan serta perlengkapan mekanikal dan elektrikal
  4. Perjanjian antara pemilik dan pelaksana pembangunan bangunan gedung
  5. Rekomendasi dari SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang membidangi lingkungan hidup, perhubungan, pemadam kebakaran, maupun keselamatan dan kesehatan kerja

Lebih lanjut lagi, adapun ketentuan dari As-Built Drawing yang menjadi syarat dalam pengajuan penerbitan SLF di Kabupaten Karawang adalah sebagai berikut.

  1. Rencana tapak/site plan
  2. Denah
  3. Tampak muka
  4. Tampak samping
  5. Perhitungan struktur atas dan bawah
  6. Spesifikasi teknis bangunan gedung
  7. Jenis konstruksi pondasi, struktur, dan atap
  8. Jaringan air bersih dan air kotor
  9. Gambar detail tulangan, dan
  10. Mekanikal elektrikal

Itu dia poin persyaratan SLF Karawang yang harus Anda lengkapi. Perlu diketahui juga, bahwa persyaratan permohonan SLF di setiap daerah akan berbeda tergantung kebijakannya. Untuk itu, hubungi dinas terkait untuk mendapatkan persyaratan permohonan SLF lengkapnya.

Baca juga : Siapa yang Berhak Melakukan Kajian Teknis Untuk SLF?

Proses dan lama penerbitan SLF di Kabupaten Karawang

Jika persyaratan di atas telah lengkap, selanjutnya pemilik/pengguna bangunan gedung dapat mengajukan permohonan SLF kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Karawang dengan menyertakan formulir dan lampiran persyaratan yang telah ditentukan.

Selanjutnya, dinas terkait akan melakukan verifikasi/pemeriksaan atas kelengkapan berkas yang Anda ajukan, baik itu persyaratan administrasi maupun persyaratan teknis. Jika verifikasi dinyatakan lengkap, permohonan SLF bangunan gedung akan diberikan tanda bukti penerimaan. Namun jika belum lengkap, dinas dapat mengembalikan permohonan pengajuan SLF bangunan gedung Anda.

Setelah berkas permohonan diterima, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang akan melakukan peninjauan lokasi yang dituangkan dalam berita acara pemeriksaan lapangan untuk selanjutnya dilakukan penerbitan SLF yang dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari kerja sejak dokumen permohonan SLF diterima lengkap.

Gunakanlah jasa konsultan SLF Karawang yang berkompeten

Jika Anda merasa kesulitan dalam mengurus penerbitan SLF di Kabupaten Karawang, menggunakan jasa konsultan SLF Karawang PT Eticon Rekayasa Teknik adalah pilihan yang tepat. Perusahaan kami memiliki pengalaman panjang dalam membantu penerbitan SLF bagi perusahaan-perusahaan besar di Karawang, Bekasi, Serang, Yogyakarta, Sidoarjo, Surabaya, Semarang, Batam, maupun kota industri lainnya.

Sebagai perusahaan yang bergerak pada bidang jasa konsultan SLF, perusahaan kami memiliki tenaga profesional dari berbagai latar belakang keilmuan yang dibutuhkan dalam uji teknis keandalan bangunan gedung, di antaranya arsitektur, teknis sipil, teknik elektro, utilitas bangunan, desain lanskap, desain interior, manajemen HSE (health, safety, environment), maupun keilmuan lainnya.

Demikianlah ulasan tentang syarat SLF di Kabupaten Karawang. Untuk mendapatkan layanan konsultasi SLF, Anda dapat langsung menghubungi PT Eticon Rekayasa Teknik sebagai salah satu konsultan SLF Karawang yang berpengalaman.

Referensi :

  • Peraturan Daerah Kabupaten Karawang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Bangunan Gedung
  • Peraturan Bupati Karawang Nomor 55 Tahun 2018 tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung
  • Peraturan Menteri PUPR No.27/PRT/M/2018 tentang Sertifikat Laik Fungsi Bangunan Gedung
  • Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung

Recommended Posts

2 Comments

  1. Utk proses penerbitan SLF: Berapa kira2 biaya utk penyedia jasa Pengkajian Teknis utk menerbitkan “Surat Pernyataan” bahwa hasil pemeriksaan kelaikan fungsi sesuai dgn kondisi bangunan.
    Pegudangan dan Pabrik dgn bangunan utama 3unit x 23m x 120m

    • Baik Pak Ramdhani terima kasih untuk pertanyaannya. Sudah kami tampung dan akan segera kami hubungi untuk follow up pertanyaan bapak.


Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.